Akun belajar.id yang terdiri dari nama akun (User ID) dan kata sandi (password) dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Cara mendapatkan Akun belajar.id dapat dilakukan secara mandiri melalui laman belajar.id atau melalui Admin Sekolah di tempat Anda. Berikut adalah tahapan selengkapnya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan Akun belajar.id:


1. Buka laman https://belajar.id kemudian pada kotak ‘Cari tahu status Akun belajar.id Anda’ pilih tipe pengguna sesuai dengan peran Anda, yaitu ‘Pendidik dan Tenaga Kependidikan’.

Untitledd.png

 

2. Setelah memilih peran, klik tombol ‘Cari Akun belajar.id’.

Screenshot_86.png

 

3. Masukkan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) Anda, kemudian klik ‘Selanjutnya’.

Screenshot_560.png

 

4. Jika Anda lupa NPSN, klik ‘Lupa NPSN’ yang bertanda ikon (simbol_arah_bawah.png), kemudian masukkan nama sekolah kemudian klik tombol ‘Cari NPSN Sekolah’. Apabila data Anda tidak ditemukan, silakan mencoba untuk memasukkan nama sekolah disertakan dengan kota atau kabupaten.


Anda juga bisa mencari NPSN melalui ‘Referensi NPSN’.

Screenshot_557.pngScreenshot_558.png
Screenshot_559.png

Catatan:

Jika NPSN Anda tidak ditemukan, segera hubungi Operator Sekolah untuk pengecekan NPSN Anda ke Dapodik.

 

5. Masukkan ‘Nama Lengkap’ dan  ‘Tanggal Lahir’ Anda sesuai data di Dapodik. Klik ‘Selanjutnya’.

Screenshot_698.png

 

6. Setelah mengisi informasi pribadi sesuai Dapodik, status Akun Anda akan muncul (aktif atau tidak aktif). Jika ingin mengetahui perbedaan status aktif atau tidak aktif, klik ‘Cari Tahu Tanda Status Akun Anda’.

Screenshot_697a.png

Apabila Akun belajar.id Anda berstatus aktif namun Anda lupa kata sandi (password) akun tersebut, silakan melakukan reset password secara mandiri melalui fitur Reset Password pada laman https://belajar.id.

 

Sedangkan apabila status akun Anda 'Belum Aktif', Anda akan menemukan tampilan seperti berikut.

Screenshot_685.png

Anda dapat melakukan aktivasi Akun belajar.id yang ditemukan namun berstatus ‘Belum Aktif’ secara mandiri. Silakan lakukan aktivasi sesuai panduan di artikel ini.

Penting!

Jika akun Anda berstatus ‘Belum Aktif’ namun sebelumnya Anda sudah pernah login/aktif menggunakan Akun belajar.id, akun Anda telah terhitung sebagai akun yang sudah berhasil diaktivasi. Untuk pembaharuan status, silakan cek laman belajar.id secara berkala.

 

Bagaimana jika akun saya tidak tersedia?

Ada beberapa kondisi yang membuat status Akun belajar.id Anda belum tersedia:

Screenshot_692.png

Jika saat pengecekan status Akun belajar.id Anda mendapatkan pesan sebagai berikut, artinya Anda belum memiliki Akun belajar.id sehingga Anda harus melakukan pengajuan pembuatan secara mandiri. Simak selengkapnya pada panduan ini.

Screenshot_690.png

Apabila Akun belajar.id Anda belum ditemukan, jangan khawatir. Cek kembali data yang Anda masukkan sudah sesuai dan benar. Jika masih tidak ditemukan, silakan hubungi Admin/Operator Sekolah Anda untuk pengecekan lebih lanjut. Hubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ jika Admin/Operator Sekolah belum dapat memproses pengecekan atau pembuatan Akun.

Sebelumnya
Selanjutnya
9617460105625

Komentar

0 komentar

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk