Untuk Pendidik yang melakukan aktivasi Akun belajar.id, Anda dapat memilih dua metode pengiriman detail akun, melalui email atau nomor handphone. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat pemilihan cara mengirim detail akun Anda.
Mengirim Detail Akun Melalui Email
1. Pada saat memilih metode pengiriman, pastikan Anda memilih ‘Kirim ke email pribadi saya’.
2. Kolom email akan secara otomatis terisi dengan email pribadi yang terdata di Dapodik. Apabila ingin mengganti email, silakan hubungi Operator Sekolah Anda. Cek kembali email Anda dan klik tombol ‘Kirim Detail Akun’.
Apabila Anda masih belum menerima email berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), ikuti langkah berikut:
- Silakan menunggu paling lambat 3 hari sejak pengajuan dan pastikan juga sudah mengecek folder spam, junk, dan promosi.
- Klik tombol “Butuh Bantuan” di laman Pusat Informasi Akun belajar.id untuk penanganan lebih lanjut.
Mengirim Detail Akun Melalui Nomor Handphone
1. Pada saat memilih metode pengiriman, pastikan Anda memilih ‘Kirim ke nomor pribadi saya’.
2. Cek kembali nomor handphone yang tertera pada kolom. Jika sudah sesuai, klik tombol ‘Kirim detail akun’.
Nomor HP yang tertera akan terisi secara otomatis sesuai dengan yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Jika ingin mengubah nomor handphone, silakan klik tombol “Butuh Bantuan” di Pusat Informasi Akun belajar.id.
Apabila Anda masih belum menerima SMS berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), ikuti langkah berikut:
- Silakan menunggu paling lambat 3 hari sejak pengajuan.
- Pastikan nomor handphone yang Anda gunakan saat ini sama dengan nomor yang terdaftar di Dapodik dan dalam kondisi aktif serta dapat menerima SMS.
Jika masih belum menerima SMS detail akun, silakan mengajukan pengiriman melalui email dengan memilih ‘Kirim ke email pribadi saya’.
Komentar
2 komentar
Terimakasih🙏🙏
Harap masuk untuk memberikan komentar.