Anda dapat mengajukan pembuatan Akun belajar.id secara mandiri apabila:

  • Anda belum memiliki Akun belajar.id, atau
  • Akun tidak tersedia atau tidak ditemukan.

Sebelum melakukan pembuatan Akun belajar.id harap untuk melakukan cek ketersediaan akun terlebih dahulu sesuai dengan panduan artikel ini.

 

Harap diperhatikan terlebih dulu beberapa hal yang menyebabkan akun Anda tidak ditemukan yaitu:

  1. Kesalahan penulisan data. Cek kembali data yang Anda masukkan di awal dan pastikan data Anda sudah tepat sesuai Dapodik dan tidak ada kesalahan dalam penulisan atau ejaan. 
  2. Data Anda tidak terdaftar di Dapodik. Silakan menghubungi Admin atau Operator Sekolah Anda untuk dapat dilakukan pengecekan apakah data sudah masuk pada sistem dan tersinkronisasi di Dapodik.

Apabila telah melakukan pengecekan namun Akun masih tidak tersedia, silakan lakukan langkah berikut sesuai dengan hasil pengecekan yang Anda dapatkan:

 

Belum Memiliki Akun belajar.id

Screenshot_692.png

Respon pengecekan seperti yang terlihat pada gambar akan muncul jika Anda belum memiliki Akun belajar.id. Anda dapat melakukan pengajuan pembuatan akun secara mandiri sesuai dengan panduan berikut:


1. Pastikan data pribadi yang Anda masukkan, seperti: Tipe Pengguna, NPSN, Nama Lengkap, dan Tanggal Lahir Anda sudah benar kemudian klik tombol ‘Request Akun Sekarang’.

Screenshot_702.png

 

2. Anda dapat memilih metode pengiriman detail Akun belajar.id Anda:

  • Melalui email pribadi, atau
  • Melalui nomor handphone pribadi
Screenshot_686.png

Catatan:

Pengiriman detail akun melalui nomor handphone hanya bisa dipilih apabila Anda telah memiliki nomor yang terdaftar di Dapodik. Hubungi Admin Sekolah untuk mendaftarkan nomor Anda.

 

3. Jika Anda memilih untuk ‘Kirim ke alamat email pribadi’, kolom email akan secara otomatis terisi dengan email pribadi yang terdata di Dapodik. Apabila ingin mengganti email, silakan hubungi Operator Sekolah Anda. Klik tombol ‘Kirim detail akun’ jika email sudah sesuai.

Screenshot_773.png

 

4. Apabila Anda memilih untuk ‘Kirim ke nomor handphone pribadi’, harap untuk cek kembali nomor yang tertera. Untuk perubahan nomor handphone, harap menghubungi Admin Sekolah untuk mengganti nomor. Jika nomor yang tertera sudah sesuai, klik tombol ‘Kirim detail akun’ untuk melanjutkan.

Screenshot_689.png

 

5. Akun belajar.id Anda akan diproses dan sistem akan mengirimkan detailnya melalui metode pengiriman yang sebelumnya telah Anda pilih. Pastikan agar selalu memeriksa email/SMS Anda secara berkala.

Screenshot_707.png

 

Akun belajar.id Tidak Ditemukan

Screenshot_690.png

Jika respon yang ditampilkan setelah Anda melakukan pengecekan ketersediaan akun adalah seperti gambar di atas, artinya Akun belajar.id Anda tidak ditemukan.  Mohon cek kembali jika data yang Anda masukkan sudah sesuai. Apabila sudah sesuai namun respon yang ditampilkan masih sama, silakan mengajukan pembuatan melalui tim Helpdesk dengan:

 

1. Klik tombol “Butuh Bantuan” pada laman Pusat Informasi Akun belajar.id.

Screenshot_538.png

 

2. Isi data dengan sesuai dan pastikan memilih 'Kendala Pembuatan Akun Baru PTK' pada 'Kategori Masalah'. Silakan mengisi email, perihal laporan dan pilih subkategori dengan sesuai. Kemudian pilih tipe pengguna sesuai dengan peran Anda yaitu 'Pendidik'.

Screenshot_545.png

 

3. Isi data lainnya yang diminta yaitu:

  • Nama (sesuai yang terdaftar di dapodik)
  • Email pribadi yang aktif
  • Jenjang
  • Nama sekolah
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • NIK
  • Provinsi dan Kota/Kabupaten
  • Deskripsi

Catatan: Untuk kolom Email Akun belajar.id, dan lampiran tidak wajib diisi.

Screenshot_540.png Screenshot_541.png Screenshot_542.png

 

4. Cek kembali data yang sudah diisi. Jika sudah benar klik tombol 'Kirim'.

Screenshot_543.png

 

5. Harap untuk cek email secara berkala terkait detail Akun belajar.id.

Sebelumnya
Selanjutnya
9614141960729

Komentar

10 komentar

  • hilal muwahid

    Tolong langsung di jawaban email, tautkan, begitu klik langsung ke Belajar.id

    0
  • Harum

    Selamat pagi Bpk. hilal muwahid. Terkait keluhan Anda, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • YASIMANI LAIA

    Terimakasih🙏🙏

    0
  • Lailatussifa Nasution

    diakun admin sekolah user dan pass tidak ada kemudian sdh diruqest akum,, email dan no hp tidak valid,,padahal sdh sesuai data yang dimasukan didapodik.. tolong admin bantuannya....

    0
  • kuni

    Yth. Bpk./Ibu Lailatussifa Nasution. Terkait kendala Anda saat ini sedang dalam proses tindak lanjut oleh tim terkait. Mohon kesediaannya untuk menunggu proses ini berlangsung. Terima kasih.

    0
  • Lailatussifa Nasution

    admin bagaimana dengan kendala yang saya alami. mohon bantuanya admin....

    0
  • kuni

    Yth. Bpk./Ibu Lailatussifa Nasution. Seperti yang kami infokan sebelumnya, saat ini kendala Anda sedang dalam proses tindak lanjut oleh tim terkait. Mohon kesediaannya untuk menunggu proses ini berlangsung. Terima kasih.

    0
  • Lailatussifa Nasution

    terima kasih admin,, mohon bantuanya admin. 

    0
  • Lailatussifa Nasution

    admin bagaiman sdh ada kah perkembangan terkait masalah pembuatan akun belajar.id saya.. mohon bantuanya admin...

    0
  • Lailatussifa Nasution

    Maaf admin.. Bagaimana dengan masalaahan saya.. Status belum tersedia di admin sekolah.. Mohon bantuannya admin.. Tuk mendapatkan akun belajar id.. Terima kasih..

    0

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk