Saat dilakukan proses pemutakhiran data Akun belajar.id, ada kalanya Akun belajar.id Anda akan mengalami perubahan tipe pengguna atau role, mengikuti dengan peran terbaru yang tercatat pada sistem di Dapodik. Artikel ini mencakup perubahan peran atau jabatan tanpa mutasi ataupun yang dimutasi di jenjang yang sama.
Jika Akun belajar.id Anda mengalami perubahan tipe pengguna, maka:
- Akun belajar.id Anda dengan domain yang lama akan berubah, sehingga Anda akan secara otomatis ter-logout dari beberapa platform yang sebelumnya telah login dengan Akun belajar.id yang lama, misal Platform Merdeka Mengajar, SIMPKB, Portal Admin, dan lainnya.
- Untuk dapat menggunakan Akun belajar,id, Anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan akun terlebih dahulu sesuai dengan panduan pada artikel berikut.
- Setelah itu, Anda diharuskan login menggunakan Akun belajar.id yang baru dengan kata sandi (password) yang sama dengan akun lama Anda.
- Apabila Anda lupa kata sandi pada Akun belajar.id lama Anda, silakan lakukan reset password secara mandiri sesuai panduan ini.
Bagaimana cara saya mendapatkan Akun belajar.id dengan domain yang baru sesuai perubahan peran atau tipe pengguna?
Anda dapat menghubungi Operator Sekolah untuk melakukan update pada data Dapodik dengan detail berikut:
- Silakan melakukan update status Anda sesuai perubahan peran terbaru, kemudian
- Pastikan untuk melakukan sinkronisasi data Dapodik dengan sambungan internet, supaya data yang di-update tercermin pada sumber data sistem Pemutakhiran Akun belajar.id
Bagaimana cara saya dapat mengetahui bahwa Akun belajar.id saya akan mengalami perubahan peran atau tipe pengguna?
Beberapa hal yang dapat Anda ketahui untuk mengetahui terjadinya perubahan pada Akun belajar.id Anda antara lain: Melakukan pengecekan email Akun belajar.id atau email pribadi Anda terkait notifikasi perubahan tipe pengguna. Pada email notifikasi tersebut Anda akan mendapat informasi kapan perubahan akun terjadi dan tipe penggunanya.
A. Email notifikasi terkait perubahan tipe pengguna dari Pendidik menjadi Admin
Email notifikasi pertama
Email notifikasi kedua
Kenapa saya menerima email notifikasi di atas?
Anda menerima email tersebut karena tipe pengguna atau role Anda berubah dari Pendidik menjadi Admin, misalnya: Anda diangkat menjadi Kepala Sekolah. Jangan khawatir, email tersebut adalah pemberitahuan bahwa ke depannya Anda harus menggunakan username atau user ID baru saat login menggunakan Akun belajar.id.
B. Email notifikasi terkait perubahan tipe pengguna dari Admin menjadi Pendidik
Email notifikasi pertama
Email notifikasi kedua
Kenapa saya menerima email notifikasi di atas?
Anda menerima email tersebut karena tipe pengguna atau role Anda berubah dari Admin (Kepala Sekolah atau Tenaga Kependidikan) menjadi Pendidik. Jangan khawatir, email tersebut adalah pemberitahuan bahwa kedepannya Anda harus menggunakan username atau user ID baru dengan domain @guru.jenjang.belajar.id atau @pendidik.jenjang.belajar.id saat login menggunakan Akun belajar.id dan akses ke Portal Admin maupun Konsol Admin akan dihilangkan.
Apa yang harus dilakukan apabila mendapatkan salah satu dari kedua email tersebut?
3 hari setelah Anda menerima email notifikasi, Akun belajar.id lama Anda tidak dapat digunakan lagi sehingga untuk aktivitas selanjutnya Anda akan menggunakan Akun belajar.id yang baru. Kata sandi (password) Akun belajar.id Anda tidak akan berubah, silakan login dengan menggunakan kata sandi (password) yang saat ini Anda gunakan.
Beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan email baru adalah:
- Jika Akun belajar.id Anda telah terintegrasi dengan Canva untuk Pendidikan, harap untuk terlebih dahulu menyimpan seluruh tautan (link) dari karya visual yang telah Anda buat, agar dapat digunakan kembali saat menggunakan Canva untuk Pendidikan dengan email yang baru. Simak panduannya pada artikel berikut.
- Bagi Anda yang memiliki akun atau sudah menautkan Akun belajar.id di SIMPKB, silakan hapus tautan akun lama Anda dan tautkan kembali dengan akun baru Anda sesuai panduan berikut.
Penting untuk diketahui, data pada Gmail, Google Drive, maupun Google Workspace lain pada Akun belajar.id lama Anda tidak akan hilang.
Catatan:
- Anda akan menerima email notifikasi lanjutan apabila Akun belajar.id Anda yang baru sudah siap untuk digunakan. Informasi ini akan dikirimkan ke email pribadi Anda yang terdaftar di Dapodik dan email Akun belajar.id Anda yang lama.
- Apabila setelah 7 hari dari email notifikasi pertama dikirimkan Akun belajar.id Anda yang baru masih belum tersedia, Anda dapat melaporkan hal tersebut melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ untuk pengecekan lebih lanjut.
FAQ
Silakan perbarui data Anda di Dapodik terlebih dahulu dan pastikan sudah melakukan pengiriman data atau sinkronisasi ke server Dapodik Pusat dengan jaringan internet. Jika pembaharuan data telah diproses, Anda akan mendapatkan email notifikasi terkait perubahan Akun Anda. Setelah itu, Anda dapat mengecek ketersediaan akun Anda secara berkala dengan:
- Bagi PTK yang berubah peran/role di jenjang yang sama, maka akses/akun Anda tidak berubah. Data Anda yang tersimpan pada Chromebook pun masih tetap aman dan tidak hilang.
- Bagi PTK yang berpindah jenjang baik dengan role yang sama maupun role yang berbeda, maka akses ke Chromebook Anda harus menggunakan Akun belajar.id baru dan akun lama Anda akan dinonaktifkan. Data Anda juga harus dipindahkan secara manual agar tidak terhapus ketika akun lama tidak aktif.
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.