Bagi Anda pemilik Akun belajar.id non satuan pendidikan, Anda tidak bisa menggunakan fitur Reset Password untuk mengganti (reset) password Akun belajar.id Anda. Akun belajar.id non satuan pendidikan adalah Akun belajar.id dengan domain:

  • @dinas.belajar.id
  • @dikbud.belajar.id
  • @yayasan.belajar.id
  • @konsultan.belajar.id
  • @mitra.belajar.id
  • @penggerak.belajar.id
  • @instruktur.belajar.id
  • @program.belajar.id

 

Apabila Anda memiliki Akun belajar.id dengan salah satu domain di atas dan ingin melakukan reset password, berikut panduannya:


1. Saat akan login, masukkan nama akun (User ID) Akun belajar.id Anda, lalu tekan tombol 'Berikutnya’ atau ‘Next'.

Screenshot 2024-06-21 100339.png

 

2. Sebelum memasukkan kata sandi, klik ‘Lupa sandi?’.

Screenshot 2024-06-21 100405.png

 

3. Pilih cara pemulihan akun terlebih dahulu.

  • Untuk Akun belajar.id, Anda bisa memilih mendapatkan kode verifikasi melalui nomor handphone yang didaftarkan saat membuat Akun belajar.id.
  • Untuk Akun belajar.id Dinas Non Individu, silakan memilih untuk pengiriman kode verifikasi melalui email yang sebelumnya sudah ditambahkan/didaftarkan sebagai email pemulihan.
Screenshot 2024-06-21 095551.png 

Pemilihan metode pemulihan akun ini berfungsi untuk pengiriman kode verifikasi dan memastikan bahwa benar-benar Anda yang mencoba untuk login ke Akun belajar.id.


4. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke kolom yang tersedia kemudian klik tombol ‘Selanjutnya’.

Screenshot 2024-06-21 095914.png
Tampilan input kode verifikasi dari SMS melalui nomor handphone

Screenshot 2024-06-21 095604.png
Tampilan input kode verifikasi yang dikirimkan ke email

Penting!

  • Pastikan bahwa nomor handphone ataupun email yang tertera sebagai penerima kode verifikasi dalam keadaan aktif dan memiliki koneksi stabil.
  • Apabila kode verifikasi belum masuk ke ponsel ataupun email, silakan tunggu secara berkala atau klik tombol ‘Coba cara lain’ untuk percobaan verifikasi dengan metode lainnya.
  • Pastikan ponsel dengan nomor handphone untuk verifikasi berada di dekat Anda, atau pastikan Anda bisa mengakses email pemulihan. Jika Anda sedang tidak memegang ponsel ataupun tidak bisa mengakses email pemulihan, Anda tidak bisa melakukan proses login dan perlu menghubungi Helpdesk Akun belajar.id melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ untuk mendapatkan bantuan.

 

5. Apabila proses verifikasi berhasil, Anda dapat melanjutkan proses reset password dengan klik tombol ‘Perbarui sandi’.

Screenshot 2024-06-21 095647.png

 

6. Masukkan kata sandi yang diinginkan. Demi keamanan, disarankan agar kata sandi memiliki:

  • Minimal 8 karakter
  • Menggunakan kombinasi antara huruf kapital dan huruf kecil
  • Mengandung angka
  • Memiliki karakter khusus (contoh: @, *, (, %, dan sebagainya).

Jika sudah, klik tombol ‘Simpan sandi’.

Screenshot 2024-06-21 095751.png

 

7. Jika Akun belajar.id Anda terhubung dengan perangkat, maka pesan notifikasi berikut akan muncul. Klik ‘Ubah sandi’ untuk melanjutkan proses reset password.

Screenshot 2024-06-21 095832.png

 

8. Setelah proses reset password berhasil, Anda akan diarahkan ke laman email Akun belajar.id.

Sebelumnya
Selanjutnya
5932347421209

Komentar

0 komentar

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk