Selain bisa menemukan berbagai informasi terkait Akun belajar.id pada Pusat Informasi Akun belajar.id, tersedia juga tombol ‘Butuh Bantuan’ yang memfasilitasi Anda dalam pengajuan laporan atas kendala terkait akun kepada tim Helpdesk belajar.id. Berikut panduan melaporkan kendala melalui tombol ‘Butuh Bantuan’.

 

1. Kunjungi Pusat Informasi Akun belajar.id di https://pusatinformasi.belajar.id/ kemudian:

  • Jika Anda mengakses laman melalui desktop/PC, klik tombol ‘Butuh Bantuan’ pada pojok kanan bawah laman, ATAU
  • Jika Anda mengakses laman melalui mobile/hp, klik ikon Untitledi.png di pojok kanan bawah laman.
Tampilan pada desktop/PC

Tampilan pada mobile/hp

Screenshot_793.png

Screenshot_794.png

 

Untitledh.png

Untitledi.png

Penting diingat, tim Helpdesk Akun belajar.id akan merespon laporan Anda selama jam operasional, yaitu Senin-Jumat (kecuali hari libur nasional), pukul 09.00-18.00 WIB.

 

2. Masukkan ‘Email Anda’ dengan email pribadi Anda yang aktif (bukan email @belajar.id) dan isi kolom ‘Perihal' yang sesuai dengan kendala yang Anda alami.

Screenshot

Penting!

Jawaban dari tim helpdesk akan dikirimkan ke email yang Anda cantumkan. Jadi pastikan email tersebut aktif dan rutin Anda buka.

 

3. Pilih ‘Kategori Masalah’ dan ‘Subkategori’ (jika ada) untuk memudahkan tim Helpdesk mengidentifikasi kendala yang Anda alami. Untuk panduan memilih ‘Kategori Masalah yang sesuai dengan kendala Anda, cek pada artikel Pemilihan Kategori Masalah untuk Laporan Kendala Melalui Tombol ‘Butuh Bantuan’.

 

Kemudian juga pilih ‘Tipe Pengguna’ sesuai peran Anda dan masukkan ‘Nama’ Anda yang sesuai dan terdaftar di Dapodik.

Screenshot

Catatan: Bagi Pengguna Akun belajar.id Non Satuan Pendidikan (Non Jenjang) namun bukan Dinas Pendidikan atau Staf Kemdikbudristek (dengan domain @yayasan.belajar.id, @konsultan.belajar.id, @mitra.belajar.id, @penggerak.belajar.id, @instruktur.belajar.id, @program.belajar.id) silakan memilih tipe pengguna ‘Non Satuan Pendidikan’.

 

4. Masukkan ‘Email Pribadi’ Anda yang aktif. Alamat email yang Anda cantumkan di sini harus sama dengan email yang Anda masukkan pada kolom email di awal formulir laporan. Kemudian masukkan ‘Email Akun belajar.id’ Anda dan ‘Jenjang’ sekolah Anda bernaung saat ini.

Screenshot

Catatan:

Pastikan dalam penulisan tanda huruf sudah benar dan sesuai.

 

5. Tulis ‘Nama Sekolah’ Anda saat ini serta masukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Anda dapat melakukan pengecekan melalui https://referensi.data.kemdikbud.go.id/. Apabila Anda melaporkan kendala mewakili Peserta Didik, harap masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Peserta Didik. Lalu, masukkan juga ‘NIK’ Anda.

Screenshot 2024-03-28 142800.png

Catatan:

Pastikan untuk menuliskan angka atau nomor dengan benar.

 

6. Anda diwajibkan untuk mengisi data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) apabila sudah memilikinya. Anda juga dapat memasukkan nomor handphone sesuai Dapodik serta jabatan Anda saat ini.

Screenshot 2024-03-28 143150.png

 

7. Masukkan ‘Provinsi dan Kota/Kabupaten’ dari sekolah Anda berada kemudian tulis secara detail atas pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke tim helpdesk pada bagian ‘Detail Pertanyaan’.

Screenshot

 

8. Pada bagian ‘Lampirkan’, silakan unggah dokumen pendukung, seperti:

  • Surat Penunjukan sebagai Admin/Dinas
  • Surat Pembuatan Akun (jika ada)
  • Bukti akun terdaftar di Dapodik, dan sebagainya.

Anda dapat melampirkan data maksimal 5 berkas. Cek kembali semua data yang telah Anda isi telah sesuai dan benar, lalu tekan tombol ‘Kirim’.

Screenshot

 

Selanjutnya, tim helpdesk akan melakukan pengecekan atas kendala yang telah Anda laporkan melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ dan akan mengirimkan feedback atau jawaban melalui email pribadi Anda dalam kurun waktu 1 hari kerja. 

 

Melengkapi Data dan Informasi untuk Pengecekan Kendala

Untuk kendala-kendala tertentu, tim Helpdesk akan membutuhkan informasi lebih lanjut dari Anda. Jika hal ini terjadi:

  1. Tim Helpdesk akan mengirimkan email berisikan data-data yang harus Anda lengkapi agar proses pengecekan kendala dapat dilanjutkan.
  2. Jika Anda belum merespon, tim Helpdesk akan mengirimkan pengingat sebanyak 2 kali.
  3. Apabila setelah 48 jam Anda masih belum membalas email berisikan informasi yang dibutuhkan, kendala dianggap sudah terselesaikan sehingga Anda harus membuat laporan kendala yang baru.

Maka dari itu, harap untuk merespon email tim Helpdesk terkait data yang dibutuhkan dengan sesuai sebelum batas waktu berakhir agar penanganan kendala dapat diproses lebih lanjut.

 

Proses Pengecekan Kendala

Beberapa kendala membutuhkan pengecekan lebih lanjut oleh tim-tim terkait sehingga membutuhkan waktu lebih untuk penanganannya. Jika hal ini terjadi, Anda akan mendapatkan email notifikasi terkait status pengecekan kendala Anda sehingga Anda tidak perlu menanyakan status secara mandiri. Silakan untuk mengajukan pengecekan status kendala 5x24 jam sejak pengiriman konfirmasi dari tim Helpdesk.

Sebelumnya
Selanjutnya
5524023126553

Komentar

2 komentar

  • Melsius Bawasal

    Mohon petunjuk cara ganti email dan nomor HP pribadi 

    0
  • Harum

    Selamat pagi Bpk./Ibu Melsius Bawasal. Data Akun belajar.id Anda tersinkronisasi dengan dengan data di Dapodik. Jika ada perbedaan atau kesalahan data, harap untuk melakukan perbaikan data terlebih dahulu di Dapodik dan pastikan Anda terhubung dengan jaringan internet saat melakukan sinkronisasi untuk memastikan perubahan data dapat dilakukan. Terima kasih.

    0

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk