Sebagai akun yang digunakan untuk menunjang aktivitas belajar mengajar sehari-hari, ada baiknya Anda mengenali perbedaan antara akun dengan status aktif atau tidak aktif. Sehingga, Anda dapat mengantisipasi jika terjadi kendala kedepannya. Anda pun akan lebih paham dan nyaman dalam menggunakan Akun belajar.id.

 

Akun berstatus ‘Aktif’, ditandai apabila Anda sudah bisa:

  1. Mengakses berbagai aplikasi Google Workspace (Classroom, Meet, Drive, Docs, Sheets, Slides, dan Form)

  2. Mengakses berbagai platform Kemendikbudristek (Merdeka Mengajar, SIMPKB, Forum TanyaBOS)

  3. Mengakses Chromebook

Info penting! Jika Anda sudah pernah login/aktif menggunakan akun belajar.id, artinya akun Anda sudah berhasil diaktivasi. Tidak perlu khawatir, karena akun Anda telah terhitung sebagai akun yang sudah berhasil diaktivasi. Sedangkan, informasi di laman belajar.id akan terus diperbaharui secara berkala.

 

Akun berstatus ‘Tidak Aktif’, beberapa penyebab hal ini dapat terjadi, di antaranya:

  1. Status Anda sebagai pengguna tidak lagi terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

  2. Akun Anda ditemukan melakukan pelanggaran aturan Akun belajar.id

  3. Perpindahan jenjang yang mengharuskan akun lama Anda menjadi tidak aktif

  4. Akun Anda sudah tersedia namun belum melakukan aktivasi.

Untuk mengaktifkan Akun belajar.id Anda, silakan ikuti panduan pada artikel Panduan Aktivasi Akun belajar.id. Jika Anda menemukan kendala lain atas penyebab penonaktifan akun, Anda dengan menghubungi helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'.

 

Tanya-Jawab

Bagaimana jika Anda ingin membuat Akun belajar.id yang baru?

Jawab: Silakan mengajukan pembuatan akun melalui laman https://www.belajar.id atau melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Cek panduannya pada artikel berikut:

Sebelumnya
Selanjutnya
4433049044889

Komentar

5 komentar

  • SUN HADI

    Assalamualaikum...... Bagaimana jika status saya di Dasbor Simpkb pada integrasi layanan akun belajar.id saya (sunhadi33@guru.sd.belajar.id) terdapat notifikasi TERTEGANG dan bukan TERTAUT? Apa artinya TERTEGANG? Apa ada yang keliru dalam akun belajar.id saya? Apa yang bisa saya lakukan jika akun belajar.id saya tidak bisa tertaut di SIMPKB? Terimakaih sebelumnya

    0
  • kuni

    Yth. Bpk. SUN HADI. Terkait keluhan Anda sebelumnya sudah kami bantu buatkan laporan ke tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait bantuan lebih lanjut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Fendy

    Saya setuju dan dengan ada nya kegiatan di sekolah

    0
  • Fendy

    Saya setuju dan dengan ada nya kegiatan di sekolah

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Lita)

    Selamat pagi Bapak SUN HADI terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #2364352. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    0

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk