Terdapat 2 cara untuk Anda dapat melakukan Aktivasi Akun belajar.id, melalui login dan melalui pengecekan status akun.

 

Aktivasi melalui Login

Apabila Anda sudah mendapatkan detail Akun belajar.id berupa nama akun (User ID) dan kata sandi (password), maka Anda perlu melakukan aktivasi untuk dapat mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Silakan ikuti panduan berikut untuk aktivasi Akun belajar.id Anda:

  1. Buka halaman https://mail.google.com/
  2. Masuk atau log in menggunakan nama akun (User ID) dan kata sandi (password) Anda (informasi bisa didapatkan oleh Admin Sekolah melalui Portal Admin)
  3. Setujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun belajar.id
  4. Lakukan penggantian kata sandi (password) Akun belajar.id
Aktivasi_Akun.gif

Perlu diketahui, Akun belajar.id hanya dapat diaktivasi secara mandiri oleh pemilik akun. Apabila Anda merasa tidak pernah mengaktifkan akun namun status akun telah aktif, silakan menghubungi Admin Sekolah di sekolah Anda atau mengubah password secara mandiri.

 

Aktivasi melalui Pengecekan Status Akun

Anda dapat melakukan pengecekan status Akun belajar.id Anda sesuai dengan peran Anda saat ini:

  1. Peserta Didik
  2. Pendidik
  3. Admin Sekolah

Anda dapat mengaktifkan Akun belajar.id melalui laman ini HANYA jika status Anda tertera ‘Belum Aktif’. Untuk mengaktifkannya:

1. Klik tombol ‘Aktifkan Akun’.

Screenshot

 

2. Pilih metode pengiriman detail Akun belajar.id Anda, melalui email pribadi atau nomor handphone. Penting diingat, data email dan nomor pribadi ini akan terisi secara otomatis sesuai data yang terdapat di Dapodik.

Screenshot

 

3. Jika sudah menerima detail akun, silakan login menggunakan Akun belajar.id dan kata sandi yang telah dikirimkan.

 

Pertanyaan Terkait Aktivasi Akun 

Bagaimana jika muncul keterangan "email tidak terdaftar" saat masuk akun (log in) padahal saya sudah memiliki akun?

Pastikan nama akun (User ID) dan kata sandi (password) yang Anda masukkan sudah benar. Apabila keterangan tersebut masih muncul, silakan menghubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ di laman Pusat Informasi Akun belajar.id.

Bagaimana jika saya lupa kata sandi (password) Akun belajar.id saya?

Anda dapat melakukan reset password secara mandiri dengan fitur ‘Reset Password’. Silakan untuk mengikuti langkah-langkahnya sesuai panduan ini.

Perlu diketahui, Anda hanya dapat melakukan reset password dengan dua kondisi berikut: 

  • Sesaat setelah aktivasi
  • Setelah Anda menjadi pengguna aktif atau apabila Anda lupa kata sandi (password)
Apa yang harus dilakukan jika email atau nomor handphone yang tertera tidak sesuai atau ingin diubah?

Anda dapat memperbarui data terlebih dahulu di Dapodik dan pastikan Anda terhubung dengan jaringan internet saat melakukan sinkronisasi untuk memastikan perubahan data dapat dilakukan. Perubahan data di Dapodik akan memakan proses selama beberapa hari, harap cek secara berkala.

Sebelumnya
Selanjutnya
4432983322137

Komentar

5 komentar

  • berthus641

    Susah masuk bantu

    0
  • Harum

    Selamat pagi Bpk./Ibu berthus641. Terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • ERGA DHANU PANGESTU

    makasih

    0
  • Hidayatsyaiful546

    Kak. Saya mahasiswa ppg calon guru tahun 2024. Saya mendapatkan akses email dan password melalui SIMPKB. Akan tetapi saya sudah mencoba untuk masuk untuk melakukan reset password tidak bisa kak. Keterangannya password sudah di ubah 12 hari lalu. Padahal saya belum melakukan reset password. Bagaimana kak solusinya apakah akun saya bisa kembali? Terimaksih

    1
  • kuni

    Yth. Bpk. Hidayatsyaiful546. Laporan kendala Anda sudah kami terima dan saat ini masih dalam pengecekan tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya menunggu informasi lebih lanjut melalui email yang Anda gunakan untuk mengirimkan laporan. Terima kasih.

    0

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk