Akun belajar.id yang terdiri dari nama akun (User ID) dan kata sandi (password) dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Cara mendapatkan Akun belajar.id dapat dilakukan secara mandiri melalui laman belajar.id atau melalui Admin Sekolah di tempat Anda. Berikut adalah tahapan selengkapnya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan Akun belajar.id:
1. Buka laman https://belajar.id kemudian pada kotak ‘Cari tahu status Akun belajar.id Anda’ pilih tipe pengguna sesuai dengan peran Anda, yaitu ‘Pendidik dan Tenaga Kependidikan’.
2. Setelah memilih peran, klik tombol ‘Cari Akun belajar.id’.
3. Masukkan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) Anda, kemudian klik ‘Selanjutnya’.
4. Jika Anda lupa NPSN, klik ‘Lupa NPSN’ yang bertanda ikon (), kemudian masukkan nama sekolah kemudian klik tombol 'Cari NPSN Sekolah'. Apabila data Anda tidak ditemukan, silakan mencoba untuk memasukkan nama sekolah disertakan dengan kota atau kabupaten.
Anda juga bisa mencari NPSN melalui 'Referensi NPSN'.
Catatan:
Jika NPSN Anda tidak ditemukan, segera hubungi Operator Sekolah untuk pengecekan NPSN Anda ke Dapodik.
5. Masukkan ‘Nama Lengkap’ dan ‘Tanggal Lahir’ Anda sesuai data di Dapodik. Klik ‘Selanjutnya’.
6. Setelah mengisi informasi pribadi sesuai Dapodik, status Akun Anda akan muncul (aktif atau tidak aktif). Jika ingin mengetahui perbedaan status aktif atau tidak aktif, klik ‘Cari Tahu Tanda Status Akun Anda’.
Apabila Akun belajar.id Anda berstatus aktif namun Anda lupa kata sandi (password) akun tersebut, silakan melakukan reset password secara mandiri melalui fitur Reset Password pada laman https://belajar.id.
Sedangkan apabila status akun Anda 'Belum Aktif', Anda akan menemukan tampilan seperti berikut.
Anda dapat melakukan aktivasi Akun belajar.id yang ditemukan namun berstatus ‘Belum Aktif’ secara mandiri. Silakan lakukan aktivasi sesuai panduan di artikel ini.
Penting!
Jika akun Anda berstatus ‘Belum Aktif’ namun sebelumnya Anda sudah pernah login/aktif menggunakan Akun belajar.id, akun Anda telah terhitung sebagai akun yang sudah berhasil diaktivasi. Untuk pembaharuan status, silakan cek laman belajar.id secara berkala.
Bagaimana jika akun saya tidak tersedia?
Ada beberapa kondisi yang membuat status Akun belajar.id Anda belum tersedia:
Jika saat pengecekan status Akun belajar.id Anda mendapatkan pesan sebagai berikut, artinya Anda belum memiliki Akun belajar.id sehingga Anda harus melakukan pengajuan pembuatan secara mandiri. Simak selengkapnya pada panduan ini.
Apabila Akun belajar.id Anda belum ditemukan, jangan khawatir. Cek kembali data yang Anda masukkan sudah sesuai dan benar. Jika masih tidak ditemukan, silakan hubungi Admin/Operator Sekolah Anda untuk pengecekan lebih lanjut. Hubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ jika Admin/Operator Sekolah belum dapat memproses pengecekan atau pembuatan Akun.
Komentar
4 komentar
Min izin tanya, kenapa ketika mengajukan akun, email di dapodik tidak valid ya keterangannya? Padahal sudah sama dengan yang di dapodik. Dan ini tidak hanya terjadi disaya, tapi teman-teman saya kebanyakan juga begitu
Yth. Ibu Crysdianawidyawati. Untuk laporan Anda saat ini sedang dalam pengecekan tim Helpdesk Akun belajar.id. Informasi selanjutnya akan dikirimkan melalui email yang Anda gunakan untuk mengirimkan laporan kendala. Terima kasih.
saya adalah operator LKP Terra Computer System Kediri NPSN K5663463 , terkait akun belajar id apakah hanya milik pendidikan formal aja ya. apakah non formal tidak bisa punya akun belajar.id, tapi saya pernah dapat email "
Hai,
Akun sudah ada untuk Akun belajar.id menggunakan alamat email ini. Untuk mengaksesnya, Anda bisa masuk atau Setel ulang kata sandi Anda.
Jika Anda tidak mencoba mendaftar untuk akun baru, Anda dapat mengabaikan email ini dengan aman." apakah saya juga punya ya. namun saat di cek di "Cari tahu status Akun belajar.id Anda di bawah" npsn yang kami masukkan tidak terdeteksi. mohon kiranya kami yang aktif di nonformal juga mendapatkan fitur ini karena sangat membantu dalam proses belajar mengajar
Yth. Bpk./Ibu Inginhaji85. Terkait ketentuan mendapatkan dan daftar pengguna Akun belajar.id tertuang pada PERSESJEN No. 14 Tahun 2024 dan Anda juga dapat mengakses daftarnya pada artikel berikut. Apabila peran ataupun satuan pendidikan Anda tidak memenuhi kriteria untuk bisa memiliki Akun belajar.id, maka akun tersebut tidak tersedia. Terima kasih.
Harap masuk untuk memberikan komentar.