Dalam menggunakan Akun belajar.id terkadang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan menyebabkan akun ditangguhkan (ter-suspend) atau diblokir baik secara sengaja maupun tidak. Apa saja yang membuat Akun belajar.id Anda ditangguhkan?
- Login mencurigakan ke Akun belajar.id Anda (termasuk tidak menjawab/melakukan pertanyaan challenge yang diberikan oleh Google saat login)
- Aktivitas spam
- Aktivitas mencurigakan dari Akun belajar.id
- Password yang terungkap
- Phishing
- Diduga mengirimkan pesan mencurigakan
Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi menjaga keamanan Akun belajar.id Anda.
1. Lakukan Security Check-Up (Pemeriksaan Keamanan)
Anda dapat melakukan pemeriksaan keamanan dengan mengunjungi laman https://myaccount.google.com/security-checkup dan mengecek:
- Perangkat yang terhubung dengan Akun belajar.id Anda.
- Aktivitas keamanan terakhir dari Akun belajar.id Anda.
- Apakah verifikasi 2 langkah sudah atau belum terpasang pada Akun belajar.id Anda.
- Aplikasi pihak ketiga mana saja yang terhubung dengan Akun belajar.id Anda.
Dengan melakukan pengecekan ini, Anda bisa langsung menemukan perangkat maupun aplikasi mencurigakan yang terhubung dengan Akun belajar.id Anda. Silakan hapus perangkat yang mencurigakan atau bukan milik Anda dengan klik tombol ‘Remove’ atau ‘Remove access’.
2. Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah
Dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah, Anda dapat menambahkan lapisan keamanan sebelum login ke Akun belajar.id dan Anda bisa memilih untuk login menggunakan kata sandi maupun hp Anda. Cek panduan selengkapnya pada artikel ini.
3. Memilih Kata Sandi (Password) yang Kuat
Menggunakan kata sandi yang kuat dapat membantu menjaga keamanan Akun belajar.id Anda sehingga menyulitkan pihak lain untuk meretas akun Anda. Beberapa saran yang bisa Anda terapkan untuk pembuatan kata sandi Anda yaitu:
- Unik, artinya jangan sama dengan kata sandi akun Anda yang lainnya.
- Pastikan kata sandi Anda merupakan kombinasi antara huruf (kapital dan kecil), angka, juga simbol.
- Lebih panjang namun tetap mudah diingat oleh Anda.
- Anda bisa menggunakan aplikasi pengelola password untuk memudahkan menyimpan atau mengingat password Anda.
- Jangan gunakan info pribadi seperti nama, alamat, atau ulang tahun.
Dengan Akun belajar.id, Anda dapat mengatur kata sandi Anda secara mandiri dengan fitur ‘Reset Password’.
4. Memeriksa Setelan Gmail Akun belajar.id Anda
Salah satu alasan Akun belajar.id Anda dapat terblokir adalah adanya aktivitas spam pada akun, termasuk terlalu sering meneruskan (forward) pesan. Untuk itu, pastikan Anda hanya mengirimkan pesan secara wajar. Untuk bantuan meneruskan pesan, silakan cek pada artikel berikut.
5. Memeriksa Update yang Tersedia dan Melihat versi Browser yang Digunakan
Untuk mengecek versi browser yang Anda gunakan (terutama Chrome), silakan masukkan chrome://settings/help pada kotak Address Bar. Secara otomatis browser Chrome akan melakukan pengecekan jika browser Anda sudah ter-update atau belum. Jika belum, pastikan Anda sudah menggunakan versi browser terbaru.
6. Melaporkan Scam, Spam, dan Phishing
Apabila Anda menemukan email atau aktivitas dari pengguna Akun belajar.id yang diduga merupakan scam, spam, ataupun phishing, beberapa hal yang Anda bisa lakukan yaitu:
- Hindari untuk melakukan klik pada link atau tautan apapun pada email yang mencurigakan
- Memblokir email tersebut, panduan pada artikel ini.
- Melaporkan hal tersebut sesuai pada artikel ini.
7. Menjaga Kerahasiaan Informasi Akun belajar.id
Akun belajar.id Anda adalah akun personal maka dari itu harap untuk tidak membagikan informasi Akun belajar.id Anda seperti username dan kata sandi kepada siapapun.
8. Hanya Menyimpan Data sesuai Ketentuan Akun belajar.id
Sesuai dengan pembaruan kebijakan pemanfaatan Akun belajar.id demi pencegahan penyalahgunaan akses dan optimalisasi perkembangan kebutuhan keamanan, telah dilakukan konfigurasi pengaturan terhadap Akun belajar.id pada fitur berbagi file dan penerapan fitur konten moderasi untuk file yang terindikasi memiliki konten pornografi dan/atau unsur negatif lainnya sehingga Anda hanya diperbolehkan untuk menyimpan data di Akun belajar.id sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Apabila Akun belajar.id Anda terdeteksi memiliki data yang melanggar konten moderasi, Anda akan menerima pesan notifikasi berikut.
Apabila Anda mendapatkan notifikasi ini, Anda tidak dapat:
- Melakukan berbagi file dengan Akun belajar.id Anda baik melalui email, tautan, maupun fitur sharing.
- Mengundang pihak lain untuk berkolaborasi pada file Anda.
Untuk itu, harap pastikan agar Akun belajar.id Anda hanya menyimpan data-data yang sesuai ketentuan. Apabila Anda menemukan kesalahan pada hasil deteksi fitur, silakan melaporkan hal tersebut melalui tombol ‘Butuh Bantuan’.
Komentar
3 komentar
Selamat pagi Bpk./Ibu Laporan. Data Akun belajar.id Anda yang digunakan untuk reset password tersinkronisasi dengan dengan data di Dapodik. Jika ada perbedaan atau kesalahan data atau data sudah tidak aktif, harap untuk melakukan perbaikan data terlebih dahulu di Dapodik agar dapat melakukan proses reset kata sandi sesuai dengan panduan ini. Apabila kendala masih terjadi, untuk cek kembali email yang Anda gunakan untuk mengirimkan laporan terkait respon bantuan lebih lanjut dari tim Helpdesk Akun belajar.id. Terima kasih.
persoalan yang saya dapati bukan reset sandi akun. sandi dapat direset namun ketika memasukkan sandi membutuhkan kode verifikasi 2 langkah berupa sms dari nomor hp yang lama. nomor hp tdk sesuai dapodik. sudah update data di dapodik.
Selamat pagi Bpk./Ibu Laporan. Harap untuk cek kembali inbox email yang Anda gunakan untuk mengirimkan laporan kendala untuk informasi yang dibutuhkan oleh tim Helpdesk agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut. Terima kasih.
Harap masuk untuk memberikan komentar.