Saat dilakukan proses pemutakhiran data Akun belajar.id, ada kalanya Akun belajar.id Anda akan mengalami perubahan tipe pengguna atau role, mengikuti dengan peran terbaru yang tercatat pada sistem di Dapodik.

Jika Akun belajar.id Anda mengalami perubahan tipe pengguna, maka:

  1. Akun belajar.id Anda dengan domain yang lama akan berubah, sehingga Anda akan secara otomatis ter-logout dari beberapa platform yang sebelumnya telah login dengan Akun belajar.id yang lama, misal Platform Merdeka Mengajar, SIMPKB, Portal Admin, dan lainnya.
  2. Untuk dapat menggunakan Akun belajar,id, Anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan akun terlebih dahulu sesuai dengan panduan pada artikel berikut.
  3. Setelah itu, Anda diharuskan login menggunakan Akun belajar.id baru juga dengan password yang baru.

 

Bagaimana cara saya mendapatkan Akun belajar.id dengan domain yang baru sesuai perubahan peran atau tipe pengguna?

Anda dapat menghubungi Operator Sekolah untuk melakukan update pada data Dapodik berikut dengan detail berikut:

  1. Silakan melakukan update status Anda sesuai perubahan peran terbaru, kemudian
  2. Pastikan untuk melakukan sinkronisasi data Dapodik dengan sambungan internet, supaya data yang di-update tercermin pada sumber data sistem Pemutakhiran Akun belajar.id

Harap juga untuk memastikan:

  1. Anda memenuhi kriteria pengguna yang berhak mendapatkan Akun belajar.id sesuai dengan Persesjen
  2. Anda merupakan Pendidik yang aktif mengajar di semester berjalan.

 

Bagaimana cara saya dapat mengetahui bahwa Akun belajar.id saya akan mengalami perubahan peran atau tipe pengguna?

Dikarenakan sistem data Dapodik mencatat bahwa Anda dimutasi ke sekolah baru dengan peran baru pada jenjang yang berbeda, Anda akan menerima email notifikasi yang dikirimkan ke email Akun belajar.id lama Anda sebelum perubahan akun terjadi. Pada email notifikasi tersebut Anda akan mendapat informasi kapan perubahan akun dilakukan serta informasi Akun belajar.id Anda yang baru. Contoh email yang diterima adalah seperti berikut:

PTK

 

Apa yang harus dilakukan apabila mendapatkan notifikasi tersebut?

Email tersebut adalah pemberitahuan bahwa kedepannya akun lama Anda akan dihapus dan Anda akan mendapatkan akun baru sesuai jenjang Anda saat ini. Jangan khawatir, Anda akan diberikan waktu selama 30 hari untuk melakukan pemindahan data dari akun lama ke akun baru Anda menggunakan Google Takeout Transfer. Namun, apabila melebihi batas waktu 30 hari, maka Anda tidak dapat mengakses akun lama Anda lagi. Penting untuk diketahui, dalam periode waktu 30 hari ini, Anda dapat menggunakan dua Akun belajar.id tersebut secara bersamaan.

Hal lain yang harus Anda lakukan antara lain:

  1. Jika Akun belajar.id Anda telah terintegrasi dengan Canva untuk Pendidikan, harap untuk terlebih dahulu menyimpan seluruh tautan (link) dari karya visual yang telah Anda buat, agar dapat digunakan kembali saat menggunakan Canva untuk Pendidikan dengan email yang baru. Simak panduannya pada artikel berikut.
  2. Bagi Anda yang memiliki akun atau sudah menautkan Akun belajar.id di SIMPKB, silakan hapus tautan akun lama Anda dan tautkan kembali dengan akun baru Anda sesuai panduan berikut.

Apabila Anda perlu bantuan lebih lanjut ketika mendapatkan salah satu email notifikasi di atas, Anda dapat menghubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman Pusat Informasi Akun belajar.id.

 

Tanya Jawab

Apa yang harus saya lakukan jika ingin mengajukan penghapusan akun admin dikarenakan saya sudah menjadi Pendidik?

Silakan perbarui data Anda di Dapodik terlebih dahulu dan pastikan sudah melakukan pengiriman data atau sinkronisasi ke server Dapodik Pusat dengan jaringan internet. Jika pembaharuan data telah diproses, Anda akan mendapatkan email notifikasi terkait perubahan Akun Anda. Setelah itu, Anda dapat mengecek ketersediaan akun Anda secara berkala dengan:

  • Memeriksa ketersediaan akun secara mandiri untuk Pendidik atau Admin, atau
  • Hubungi Operator Sekolah untuk melakukan pengecekan melalui Portal Admin.

 

Saya pengguna Chromebook, apakah akses saya juga tidak dapat digunakan apabila terkena dampak pemutakhiran data?

  • Bagi PTK yang berubah peran/role di jenjang yang sama, maka akses/akun Anda tidak berubah. Data Anda yang tersimpan pada Chromebook pun masih tetap aman dan tidak hilang
  • Bagi PTK yang berpindah jenjang baik dengan role yang sama maupun role yang berbeda, maka akses ke Chromebook Anda harus menggunakan Akun belajar.id baru dan akun lama Anda akan dinonaktifkan. Data Anda juga harus dipindahkan secara manual agar tidak terhapus ketika akun lama tidak aktif
Sebelumnya
Selanjutnya
19325887652249

Komentar

0 komentar

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk