Saat dilakukan proses pemutakhiran data Akun belajar.id, ada kalanya Akun belajar.id Anda akan mengalami perubahan dikarenakan terjadinya mutasi, mengikuti dengan data sekolah terbaru yang tercatat pada sistem di Dapodik. Jika Akun belajar.id Anda mengalami perubahan karena mutasi, maka:

  1. Akun belajar.id Anda dengan domain yang lama akan berubah, sehingga Anda akan secara otomatis ter-logout dari beberapa platform yang sebelumnya telah login dengan Akun belajar.id yang lama, misal Platform Merdeka Mengajar, SIMPKB, Portal Admin, dan lainnya.
  2. Untuk dapat menggunakan Akun belajar.id di jenjang yang baru, Anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan akun terlebih dahulu sesuai dengan panduan pada artikel berikut.
  3. Setelah itu, Anda diharuskan login menggunakan Akun belajar.id baru juga dengan password yang baru.

Perubahan Akun belajar.id karena mutasi berbeda jenjang dapat dialami oleh Peserta Didik, Pendidik, maupun Tenaga Kependidikan.

 

Bagaimana cara saya mendapatkan Akun belajar.id dengan domain yang baru sesuai perubahan jenjang?

Anda dapat menghubungi Operator Sekolah untuk melakukan update pada data Dapodik dengan detail berikut:

  1. Silakan melakukan update status Anda sesuai perubahan peran terbaru, kemudian
  2. Pastikan untuk melakukan sinkronisasi data Dapodik dengan sambungan internet, supaya data yang di-update tercermin pada sumber data sistem Pemutakhiran Akun belajar.id

 

Bagaimana cara saya dapat mengetahui bahwa Akun belajar.id saya akan mengalami perubahan?

Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dikarenakan sistem data Dapodik mencatat bahwa Anda dimutasi ke sekolah baru dan pada jenjang yang berbeda, Anda akan menerima email notifikasi yang dikirimkan ke email Akun belajar.id lama Anda sebelum perubahan akun terjadi. Pada email notifikasi tersebut Anda akan mendapat informasi kapan perubahan akun dilakukan serta informasi Akun belajar.id Anda yang baru. Contoh email yang diterima adalah seperti berikut:

PTK
Contoh email notifikasi untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

 

Apa yang harus dilakukan apabila mendapatkan notifikasi tersebut?

Email tersebut adalah pemberitahuan bahwa kedepannya akun lama Anda akan dihapus dan Anda akan mendapatkan akun baru sesuai jenjang Anda saat ini. Jangan khawatir, Anda akan diberikan waktu selama 30 hari untuk melakukan pemindahan data dari akun lama ke akun baru Anda menggunakan Google Takeout Transfer. Namun, apabila melebihi batas waktu 30 hari, maka Anda tidak dapat mengakses akun lama Anda lagi. Penting untuk diketahui, dalam periode waktu 30 hari ini, Anda dapat menggunakan dua Akun belajar.id tersebut secara bersamaan.

Hal lain yang harus Anda lakukan antara lain:

  1. Jika Akun belajar.id Anda telah terintegrasi dengan Canva untuk Pendidikan, harap untuk terlebih dahulu menyimpan seluruh tautan (link) dari karya visual yang telah Anda buat, agar dapat digunakan kembali saat menggunakan Canva untuk Pendidikan dengan email yang baru. Simak panduannya pada artikel berikut.
  2. Bagi Anda yang memiliki akun atau sudah menautkan Akun belajar.id di SIMPKB, silakan hapus tautan akun lama Anda dan tautkan kembali dengan akun baru Anda sesuai panduan berikut.

Apabila Anda perlu bantuan lebih lanjut ketika mendapatkan salah satu email notifikasi di atas, Anda dapat menghubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman Pusat Informasi Akun belajar.id.

 

Tanya Jawab

Saya mendapati Akun belajar.id saya terhapus, apa yang harus saya lakukan?

Silakan melakukan pengecekan data Anda dan pastikan status Anda aktif di Dapodik. Namun apabila Anda menemukan status Anda tidak aktif di Dapodik sedangkan Anda masih aktif bekerja di NPSN saat ini, harap memperbarui/update dan melakukan sinkronisasi data Anda di Dapodik dengan sambungan internet.

Jika hal tersebut sudah dilakukan namun status masih belum aktif, silakan menghubungi tim melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman Pusat Informasi Akun belajar.id dengan:

  • Memilih Kategori Masalah “Kendala Akun Terhapus/Dinonaktifkan
  • Serta menyertakan screenshot tidak bisa login.
Sebelumnya
Selanjutnya
19325718872473

Komentar

2 komentar

  • ABDUL LATIF

    akun saya sudah aktif akun saya dari SMA ke SD dan belum dapat email. saya abdul latif dulu dari sma nu 04 kendal mutasi ke sdn kangkung

    0
  • Harum

    Selamat pagi Bpk. ABDUL LATIF. Terkait hal tersebut sudah kami teruskan dengan tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon menunggu untuk bantuan lebih lanjut. Terima kasih.

    0

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk