Untuk Pendidik yang melakukan aktivasi Akun belajar.id, Anda dapat memilih dua metode pengiriman detail akun, melalui email atau nomor handphone. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat pemilihan cara mengirim detail akun Anda.
Mengirim Detail Akun Melalui Email
1. Pada saat memilih metode pengiriman, pastikan Anda memilih ‘Kirim ke email pribadi saya’.
2. Kolom email akan secara otomatis terisi dengan email pribadi yang terdata di Dapodik. Apabila ingin mengganti email, silakan hubungi Operator Sekolah Anda. Cek kembali email Anda dan klik tombol ‘Kirim Detail Akun’.
Apabila Anda masih belum menerima email berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), ikuti langkah berikut:
- Silakan menunggu paling lambat 3 hari sejak pengajuan dan pastikan juga sudah mengecek folder spam, junk, dan promosi.
- Klik tombol “Butuh Bantuan” di laman Pusat Informasi Akun belajar.id untuk penanganan lebih lanjut.
Mengirim Detail Akun Melalui Nomor Handphone
1. Pada saat memilih metode pengiriman, pastikan Anda memilih ‘Kirim ke nomor pribadi saya’.
2. Cek kembali nomor handphone yang tertera pada kolom. Jika sudah sesuai, klik tombol ‘Kirim detail akun’.
Nomor HP yang tertera akan terisi secara otomatis sesuai dengan yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Jika ingin mengubah nomor handphone, silakan klik tombol “Butuh Bantuan” di Pusat Informasi Akun belajar.id.
Apabila Anda masih belum menerima SMS berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), ikuti langkah berikut:
- Silakan menunggu paling lambat 3 hari sejak pengajuan.
- Pastikan nomor handphone yang Anda gunakan saat ini sama dengan nomor yang terdaftar di Dapodik dan dalam kondisi aktif serta dapat menerima SMS.
Jika masih belum menerima SMS detail akun, silakan mengajukan pengiriman melalui email dengan memilih ‘Kirim ke email pribadi saya’.
Komentar
20 comments
akun belajar id atas nama nirwanti74@guru.paud.belajar id sampai sekarang tidak terkirim ke email pribadi yang tertaut di dapodik
Selamat pagi Bpk. Urip Ambaripto, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Hubungi Bantuan' atau 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
cara membuat akun belajar.id gimana
Selamat siang Bpk./Ibu LuthfiFarizqi, harap untuk melakukan pengecekan ketersediaan Akun belajar.id Anda sesuai dengan peran Anda sesuai pada panduan berikut (silakan klik sesuai peran).
Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
email dan nomor handphone tidak valid. bagaiman cara mengatasinya
Selamat sore Bpk. Muhammad Nata Negara. Terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Selamat sore Bapak Muhammad Nata Negara terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #1060974.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.
Terimakasih🙏🙏
Untuk email dan nomor handpohone tidak valid, sedangkan email tersebut sudah terdaftar di dapodik. Bagaimana cara mengatasinya?
Yth. Bpk. ARIF HIDAYAT. Terkait keluhan Anda sebelumnya sudah kami bantu buatkan laporan ke tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait bantuan lebih lanjut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Tolong dibantu dari seminggu lalu udah request akun pendidik secara mandiri lewat email maupun nomer HP tapi muncul notif "Email tidak valid, silahkan coba kembali". Udah tak coba kembali sampe berulang kali yo tetep sama aja. Tulong solusine. SUWUN
Yth. Bpk./Ibu Hanif Nata W, terkait keluhan Anda sebelumnya sudah kami bantu buatkan laporan ke tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait bantuan lebih lanjut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Selamat sore Bapak/Ibu, saya mau minta bantuan sudah sekitar 3 hari Request akun pendidik secara mandiri lewat email dan nomer HP tapi selalu muncul notifikasi "Email tidak valid" silahkan coba kembali. sudah di coba berulang kali namun tetap seperti itu, padahal email dan no hp/wa aktif, dan sama dengan yang terdaftar di dapodik.
Yth. Bpk. IMAM TAOHID SUPRAMONO. Terkait kendala Anda, saat ini sedang proses tindak lanjut oleh tim terkait. Mohon menunggu hingga proses tersebut selesai berlangsung. Terima kasih.
Assalamualaikum Bapak / Ibu, saya mau tanya terkait laporan saya sudah sejauh mana ya perkembanganya, sudah hampir 9 hari sejak tanggal 16-8-2024 masih belum bisa membuat akun belajar id, saat klik Request akun pendidik secara mandiri lewat email dan nomer HP masih tetap muncul notifikasi "Email tidak valid"
Saya sudah mengajukan bantuan saat request akun belajar id muncul notifikasi "Email tidak valid" dan mendapat nomor laporan 2398290. Saya mengajukan tanggal 21 dan sampai sekarang belum ada perubahan. Mohon segera dibantu untuk mendapatkan akun.
Yth. Bpk./Ibu IMAM TAOHID SUPRAMONO dan Septinafa6. Saat ini laporan Anda sedang dalam tindak lanjut tim terkait. Mohon menunggu hingga proses diselesaikan, informasi selanjutnya akan dikirimkan melalui email yang Anda gunakan untuk mengirimkan laporan. Terima kasih.
Terimakasih informasinya
saya sudah mengisi data datanya lalu pada saat opsi cara menghubungi data tidak valid padahal no handphone saya sudah terdaftar
Yth. Bpk. Muhammad Dwi Raikhan Nur Ramadhan. Terkait keluhan Anda sebelumnya sudah kami bantu buatkan laporan ke tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait bantuan lebih lanjut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Please sign in to leave a comment.