Anda dapat mengajukan pembuatan Akun belajar.id secara mandiri apabila:
- Anda belum memiliki Akun belajar.id, atau
- Akun tidak tersedia atau tidak ditemukan.
Sebelum melakukan pembuatan Akun belajar.id harap untuk melakukan cek ketersediaan akun terlebih dahulu sesuai dengan panduan artikel ini.
Harap diperhatikan terlebih dulu beberapa hal yang menyebabkan akun Anda tidak ditemukan yaitu:
- Kesalahan penulisan data. Cek kembali data yang Anda masukkan di awal dan pastikan data Anda sudah tepat sesuai Dapodik dan tidak ada kesalahan dalam penulisan atau ejaan.
- Data Anda tidak terdaftar di Dapodik. Silakan menghubungi Admin atau Operator Sekolah Anda untuk dapat dilakukan pengecekan apakah data sudah masuk pada sistem dan tersinkronisasi di Dapodik.
Apabila telah melakukan pengecekan namun Akun masih tidak tersedia, silakan lakukan langkah berikut sesuai dengan hasil pengecekan yang Anda dapatkan:
Belum Memiliki Akun belajar.id
Respon pengecekan seperti yang terlihat pada gambar akan muncul jika Anda belum memiliki Akun belajar.id. Anda dapat melakukan pengajuan pembuatan akun secara mandiri sesuai dengan panduan berikut:
1. Pastikan data pribadi yang Anda masukkan, seperti: Tipe Pengguna, NPSN, Nama Lengkap, dan Tanggal Lahir Anda sudah benar kemudian klik tombol ‘Request Akun Sekarang’.
2. Anda dapat memilih metode pengiriman detail Akun belajar.id Anda:
- Melalui email pribadi, atau
- Melalui nomor handphone pribadi
Catatan:
Pengiriman detail akun melalui nomor handphone hanya bisa dipilih apabila Anda telah memiliki nomor yang terdaftar di Dapodik. Hubungi Admin Sekolah untuk mendaftarkan nomor Anda.
3. Jika Anda memilih untuk ‘Kirim ke alamat email pribadi’, kolom email akan secara otomatis terisi dengan email pribadi yang terdata di Dapodik. Apabila ingin mengganti email, silakan hubungi Operator Sekolah Anda. Klik tombol ‘Kirim detail akun’ jika email sudah sesuai.
4. Apabila Anda memilih untuk ‘Kirim ke nomor handphone pribadi’, harap untuk cek kembali nomor yang tertera. Untuk perubahan nomor handphone, harap menghubungi Admin Sekolah untuk mengganti nomor. Jika nomor yang tertera sudah sesuai, klik tombol ‘Kirim detail akun’ untuk melanjutkan.
5. Akun belajar.id Anda akan diproses dan sistem akan mengirimkan detailnya melalui metode pengiriman yang sebelumnya telah Anda pilih. Pastikan agar selalu memeriksa email/SMS Anda secara berkala.
Akun belajar.id Tidak Ditemukan
Jika respon yang ditampilkan setelah Anda melakukan pengecekan ketersediaan akun adalah seperti gambar di atas, artinya Akun belajar.id Anda tidak ditemukan. Mohon cek kembali jika data yang Anda masukkan sudah sesuai. Apabila sudah sesuai namun respon yang ditampilkan masih sama, silakan mengajukan pembuatan melalui tim Helpdesk dengan:
1. Klik tombol “Butuh Bantuan” pada laman Pusat Informasi Akun belajar.id
2. Isi data dengan sesuai dan pastikan memilih 'Kendala Pembuatan Akun Baru PTK' pada 'Kategori Masalah'. Silakan mengisi email, perihal laporan dan pilih subkategori dengan sesuai. Kemudian pilih tipe pengguna sesuai dengan peran Anda.
3. Isi data lainnya yang diminta yaitu:
- Nama (sesuai yang terdaftar di dapodik)
- Email pribadi yang aktif
- Jenjang
- Nama sekolah
- Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
- NIK
- Provinsi dan Kota/Kabupaten
- Deskripsi
Catatan: Untuk kolom Email Akun belajar.id, dan lampiran tidak wajib diisi.
4. Cek kembali data yang sudah diisi. Jika sudah benar klik tombol 'Kirim'.
5. Harap untuk cek email secara berkala terkait detail Akun belajar.id.
Komentar
10 comments
Test
Selamat pagi, Ibu Wanda Puspita Wijaya. Apabila memiliki pertanyaan seputar Akun belajar.id atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Hubungi Bantuan' atau 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
saya sudah request aktivasi akun ke email saya tapi sampai hari ini sudah 4 hari email tidak ada masuk ke email pribadi yang berisi password dari akun belajar saya,,, mohon solusinya
Selamat pagi Ibu SITI SAHARAH, terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Hubungi Bantuan' atau 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
selamat Siang
saya admin sekolah
keluhan.
mau buat akun belajar id secara mandiri tetapi tidak bisa
Selamat pagi, Bpk./Ibu maikel nuboba. Terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Selamat siang Bapak maikel nuboba terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #1192879. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.
selamat siang bapak/ibu admin.
saya operator madrasah, bagaimana cara membuat akun belajar.id untuk admin madrasah ?
Selamat pagi Bpk. Fadli Jalaludin. Terkait pertanyaan Anda, untuk pendidikan di bawah naungan Kementrian Agama belum dapat memiliki Akun belajar.id. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kementrian Agama atau mengunjungi laman https://kemenag.go.id/.
Untuk pendidikan Madrasah dan mengenai portal distribusi Akun Madrasah kami sarankan agar Anda dapat menghubungi pihak Helpdesk Madrasah Hebat secara langsung melalui fitur Live Chat pada laman resmi https://akun.madrasahebat.id/. Terima kasih.
Salam,
mohon informasi mengapa untuk jabatan pengelola laboratorium belum bisa mendapatkan akun belajar.id? di sekolah kami untuk tenaga kependidikan sudah ada akun belajar.id semua kecuali pengelola lab begitu juga dengan rekan satu jabatan di sekolah lain di provinsi kami. mohon solusi agar kami bisa mendapatkan akun belajar.id. terima kasih
Please sign in to leave a comment.