Apabila Anda mendapatkan salah satu email notifikasi seperti di bawah ini, Anda tercatat pada sistem Dapodik bahwa adanya perubahan data dan status pada Akun belajar.id Anda. Simak contoh email notifikasi berikut dan ketahui langkah selanjutnya:

 

A. Email Notifikasi terkait ‘Pendidik & Tenaga Kependidikan dimutasi pada jenjang yang sama’

 

PTK_-_berubah_karena_mutasi_-_jenjang_sama.png


Kenapa saya menerima email notifikasi di atas?
Dikarenakan sistem data Dapodik mencatat bahwa Anda sebagai Pendidik atau Tenaga Kependidikan dimutasi ke sekolah baru namun tetap di jenjang yang sama.

 

Apa yang harus dilakukan apabila mendapatkan notifikasi tersebut?
Jangan khawatir, email tersebut hanya bersifat pemberitahuan untuk menginformasikan kepada Anda bahwa terdapat perubahan karena status mutasi Anda. Tenang saja, tidak ada perubahan pada Akun belajar.id Anda. Sehingga Anda dapat menggunakan Akun belajar.id seperti biasa.


B. Email Notifikasi terkait ‘Pendidik & Tenaga Kependidikan dimutasi pada jenjang yang berbeda

PTK___PD_akun_dinonaktifkan__baru_.png


Kenapa saya menerima email notifikasi di atas?
Dikarenakan sistem data Dapodik mencatat bahwa Anda sebagai Pendidik atau Tenaga Kependidikan dimutasi ke sekolah baru dan pada jenjang yang berbeda.

 

Apa yang harus dilakukan apabila mendapatkan notifikasi tersebut?
Email tersebut adalah pemberitahuan bahwa kedepannya akun lama Anda akan dihapus dan Anda akan mendapatkan akun baru sesuai jenjang Anda saat ini. Jangan khawatir, Anda akan diberikan waktu selama 30 hari untuk melakukan pemindahan data dari akun lama ke akun baru Anda menggunakan Google Takeout Transfer. Namun, apabila melebihi batas waktu 30 hari, maka Anda tidak dapat mengakses akun lama Anda lagi. Penting untuk diketahui, dalam periode waktu 30 hari ini, Anda dapat menggunakan dua Akun belajar.id tersebut secara bersamaan.

 

Apabila Anda perlu bantuan lebih lanjut ketika mendapatkan salah satu email notifikasi di atas, Anda dapat menghubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman Pusat Informasi Akun belajar.id.

 

FAQ 

Apakah Akun belajar.id saya masih bisa digunakan setelah saya mutasi ke sekolah baru dan tetap di jenjang yang sama?

Terkait perpindahan sekolah Anda, pastikan Anda mengupdate data sekolah baru Anda di Dapodik dahulu. Perubahan data tersebut akan ter-update di Akun belajar.id dalam waktu beberapa hari setelah Anda melakukan perubahan di Dapodik. Anda juga tidak perlu khawatir karena email dan password belajar.id Anda tidak akan ada perubahan dan tetap bisa login seperti biasa. Dan juga, Anda akan mendapatkan email notifikasi terkait perubahan data Anda di Dapodik.

Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak bisa melihat data anggota dan reset password di sekolah baru karena saya baru dimutasi ke jenjang yang berbeda?

Terkait perpindahan sekolah Anda, pastikan Anda melakukan update data sekolah baru Anda di Dapodik terlebih dahulu. Perubahan data tersebut akan ter-update di Akun belajar.id dalam beberapa hari setelah Anda melakukan perubahan di Dapodik. Anda juga akan menerima email notifikasi terkait perubahan Akun belajar.id Anda tersebut.

Saya mendapati Akun belajar.id saya terhapus, apa yang harus saya lakukan?

Untuk pengecekan lebih lanjut, silakan menghubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman Pusat Informasi Akun belajar.id dengan:
- Memilih Kategori Masalah “Akun Terhapus/Dinonaktifkan
- Serta menyertakan screenshot tidak bisa login.

Sebelumnya
Selanjutnya
8122005982617

Komentar

11 comments

  • Yaya Supriatna

    Assalamu'alaikum admin, mohon solusinya saya mutasi dari sekolah A ke B tapi blum ada perubahan, blm ada di sekolah B, mohon solusinya, 

    0
  • Laurensiushari70

    Pendidik dan tenaga kependidikan mutasi pada jenjang yang sama menjadi plt kepala sekolah

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Betha)

    Selamat pagi Bapak Yaya Supriatna terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 566963.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Betha)

    Selamat pagi Bapak Laurensiushari70 terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 566966.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Murtanto

    Maaf admin,,
    Saya adalah ptk yg mutasi dari SMK ke SMA, ketika login di PMM maka akan otomatis masuk ke akun SMK, bagaimana solusi agar dapat login dengan akun SMA,?

    0
  • Siti Zumrotin Maftukhah

    Maaf admin saya pindah jenjang dari SMP ke SD.... mengakses platform merdeka mengajar pakai akun guru sd belajar id... tetapi fitur nya kok masih SMP belum berubah SD... bagaimana ya 

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Nura)

    Selamat siang Ibu Siti Zumrotin Maftukhah, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #677064.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Nura)

    Selamat siang Bapak Murtanto, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #677070.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Suroibah

    Halo, mohon ditanggapi admin

    nomor tiket (783141)

    0
  • kuni (Admin)

    Selamat pagi Bpk./Ibu Suroibah. Terkait informasi yang Anda sampaikan, tim Helpdesk kami telah menanggapi email Anda dan mohon kesediaannya untuk membalas email tersebut dengan informasi yang dibutuhkan untuk pengecekan dan verifikasi lebih lanjut. Terima kasih.

    0
  • Abdulrokhman65

    sangat membantu semoga data saya segera berubah di sekolahan yang baru

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk