Saat dilakukan proses pemutakhiran data Akun belajar.id, ada kalanya Akun belajar.id Anda akan mengalami perubahan tipe pengguna atau role, mengikuti dengan peran terbaru yang tercatat pada sistem di Dapodik. Artikel ini mencakup perubahan peran atau jabatan tanpa mutasi ataupun yang dimutasi di jenjang yang sama.

 

Jika Akun belajar.id Anda mengalami perubahan tipe pengguna, maka:

  1. Akun belajar.id Anda dengan domain yang lama akan berubah, sehingga Anda akan secara otomatis ter-logout dari beberapa platform yang sebelumnya telah login dengan Akun belajar.id yang lama, misal Platform Merdeka Mengajar, SIMPKB, Portal Admin, dan lainnya.
  2. Untuk dapat menggunakan Akun belajar,id, Anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan akun terlebih dahulu sesuai dengan panduan pada artikel berikut.
  3. Setelah itu, Anda diharuskan login menggunakan Akun belajar.id yang baru dengan kata sandi (password) yang sama dengan akun lama Anda.
  4. Apabila Anda lupa kata sandi pada Akun belajar.id lama Anda, silakan lakukan reset password secara mandiri sesuai panduan ini.

 

Bagaimana cara saya mendapatkan Akun belajar.id dengan domain yang baru sesuai perubahan peran atau tipe pengguna?

Anda dapat menghubungi Operator Sekolah untuk melakukan update pada data Dapodik dengan detail berikut:

  1. Silakan melakukan update status Anda sesuai perubahan peran terbaru, kemudian
  2. Pastikan untuk melakukan sinkronisasi data Dapodik dengan sambungan internet, supaya data yang di-update tercermin pada sumber data sistem Pemutakhiran Akun belajar.id

 

Bagaimana cara saya dapat mengetahui bahwa Akun belajar.id saya akan mengalami perubahan peran atau tipe pengguna?

Beberapa hal yang dapat Anda ketahui untuk mengetahui terjadinya perubahan pada Akun belajar.id Anda antara lain: Melakukan pengecekan email Akun belajar.id atau email pribadi Anda terkait notifikasi perubahan tipe pengguna. Pada email notifikasi tersebut Anda akan mendapat informasi kapan perubahan akun terjadi dan tipe penggunanya.

 

A. Email notifikasi terkait perubahan tipe pengguna dari Pendidik menjadi Admin

1_-_Teacher_to_Admin.png
Email notifikasi pertama
2_-_Teacher_to_Admin.png
Email notifikasi kedua

 

Kenapa saya menerima email notifikasi di atas?

Anda menerima email tersebut karena tipe pengguna atau role Anda berubah dari Pendidik menjadi Admin, misalnya: Anda diangkat menjadi Kepala Sekolah. Jangan khawatir, email tersebut adalah pemberitahuan bahwa ke depannya Anda harus menggunakan username atau user ID baru saat login menggunakan Akun belajar.id.

 

B. Email notifikasi terkait perubahan tipe pengguna dari Admin menjadi Pendidik

1_-_Admin_to_Teacher.png
Email notifikasi pertama
2_-_Admin_to_Teacher.png
Email notifikasi kedua

 

Kenapa saya menerima email notifikasi di atas?

Anda menerima email tersebut karena tipe pengguna atau role Anda berubah dari Admin (Kepala Sekolah atau Tenaga Kependidikan) menjadi Pendidik. Jangan khawatir, email tersebut adalah pemberitahuan bahwa kedepannya Anda harus menggunakan username atau user ID baru dengan domain @guru.jenjang.belajar.id atau @pendidik.jenjang.belajar.id saat login menggunakan Akun belajar.id dan akses ke Portal Admin maupun Konsol Admin akan dihilangkan.

 

Apa yang harus dilakukan apabila mendapatkan salah satu dari kedua email tersebut?

3 hari setelah Anda menerima email notifikasi, Akun belajar.id lama Anda tidak dapat digunakan lagi sehingga untuk aktivitas selanjutnya Anda akan menggunakan Akun belajar.id yang baru. Kata sandi (password) Akun belajar.id Anda tidak akan berubah, silakan login dengan menggunakan kata sandi (password) yang saat ini Anda gunakan.

 

Beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan email baru adalah:

  1. Jika Akun belajar.id Anda telah terintegrasi dengan Canva untuk Pendidikan, harap untuk terlebih dahulu menyimpan seluruh tautan (link) dari karya visual yang telah Anda buat, agar dapat digunakan kembali saat menggunakan Canva untuk Pendidikan dengan email yang baru. Simak panduannya pada artikel berikut.
  2. Bagi Anda yang memiliki akun atau sudah menautkan Akun belajar.id di SIMPKB, silakan hapus tautan akun lama Anda dan tautkan kembali dengan akun baru Anda sesuai panduan berikut.

Penting untuk diketahui, data pada Gmail, Google Drive, maupun Google Workspace lain pada Akun belajar.id lama Anda tidak akan hilang.

 

Catatan:

  • Anda akan menerima email notifikasi lanjutan apabila Akun belajar.id Anda yang baru sudah siap untuk digunakan. Informasi ini akan dikirimkan ke email pribadi Anda yang terdaftar di Dapodik dan email Akun belajar.id Anda yang lama.
  • Apabila setelah 7 hari dari email notifikasi pertama dikirimkan Akun belajar.id Anda yang baru masih belum tersedia, Anda dapat melaporkan hal tersebut melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ untuk pengecekan lebih lanjut.


FAQ

Apa yang harus saya lakukan jika ingin mengajukan penghapusan akun admin dikarenakan saya sudah menjadi Pendidik?

Silakan perbarui data Anda di Dapodik terlebih dahulu dan pastikan sudah melakukan pengiriman data atau sinkronisasi ke server Dapodik Pusat dengan jaringan internet. Jika pembaharuan data telah diproses, Anda akan mendapatkan email notifikasi terkait perubahan Akun Anda. Setelah itu, Anda dapat mengecek ketersediaan akun Anda secara berkala dengan:

  • Memeriksa ketersediaan akun secara mandiri untuk Pendidik atau Admin, atau
  • Hubungi Operator Sekolah untuk melakukan pengecekan melalui Portal Admin.
Saya pengguna Chromebook, apakah akses saya juga tidak dapat digunakan apabila terkena dampak pemutakhiran data?
  • Bagi PTK yang berubah peran/role di jenjang yang sama, maka akses/akun Anda tidak berubah. Data Anda yang tersimpan pada Chromebook pun masih tetap aman dan tidak hilang.
  • Bagi PTK yang berpindah jenjang baik dengan role yang sama maupun role yang berbeda, maka akses ke Chromebook Anda harus menggunakan Akun belajar.id baru dan akun lama Anda akan dinonaktifkan. Data Anda juga harus dipindahkan secara manual agar tidak terhapus ketika akun lama tidak aktif.
Sebelumnya
Selanjutnya
8053470880025

Komentar

19 comments

  • yanti dewi

    saya tidak menerima notifikasi di email saya tentang pengajuan perubahan akun saya

     

    0
  • yanti dewi

    saya tidak menerima notifikasi terkait pengajuan perubahan akun dari guru menjadi admin

    -2
  • Ade Sugeng

    saya sudah mendapatkan email yang dimaksud, namun email admin tersebut belum bisa digunakan padahal di pemberitahuan tersebut bisa digunakan 14 hari setelah menerima email. Bagaimana cara untuk bisa dioperasikannya. Terima Kasih

    0
  • kuni (Admin)

    Selamat Pagi Ibu Ema Lapu'. Terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Hubungi Bantuan' atau 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Betha)

    Selamat pagi Bapak/Ibu Ema Lapu' terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 642992.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Selamat siang Bapak Ade Sugeng terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #799865.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0
  • Selamat siang Ibu yanti dewi terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #799862.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0
  • Indra Rudiant0

    Mohon bantuan  .... d sekolah kami admin nya sudah resign ....sekarang tidak ada akun belajar dengan @admin.belajar id ..... untuk akun kepsek baru dengan @admin.smk.belajar.id tidak bisa login ..... sudah melakukan reset password di belajr.id sampai tuntas tetapi saat login selalu ada peringatan password salah .....

    0
  • kuni (Admin)

    Selamat pagi Bpk. Indra Rudiant0, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Hubungi Bantuan' atau 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Selamat siang Bapak/Ibu Indra Rudiant0 terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #848982 .
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Suwarno

    Saya sudah mengajukan perubahn akun dari guru ke admin, dan sudah mendapat konfirmasi, namun akun guru saya masih belum berubah sehingga tidak dapat mengakses pmm sebagai kepala sekolah, mohon bantuannya

    0
  • Mardianto, S.Pd

    Saya PLT Kepala Sekolah dari unsur guru, akan tetapi akun belajar saya masih an. Guru bagaiamana caranya agar menjadi admin? Karena rekan-rekan guru membutuhkan atasan untuk bisa mengisi ekinerja di PMM. Mohon penjelasanya admin. Pdahal di Dapodik sudah synkron berkali-kali menjadi PLT. oya untuk diketahui, di sekolah saya satap, ada SMP dan SD, Kepala Sekolah Definitip induknya di SMP oleh sebab itu saya ditunjuk jadi PLT di jenjang SD.

    0
  • Suwarno

    Admin tolong solusi dan jawabannya dari pertanyaan saya di atas

    0
  • Mardianto, S.Pd

    Sepertinya masalah kita sama pak. Sekolah saya jadi tidak punya pimpinan. Bagaimana dong cara komfrirmasi kegiatan rekan2 guru.

    0
  • Harum

    Selamat pagi Bpk. Suwarno dan Bpk. Mardianto, S.Pd. Terkait keluhan Anda sudah kami bantu teruskan dengan tim Helpdesk untuk ditangani lebih lanjut. Mohon untuk menunggu informasi lebih lanjut. Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Tari)

    Selamat siang Bapak/Ibu Mardianto, S.Pd terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 1587131. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Tari)

    Selamat sore Bapak/Ibu Suwarno terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 1587126. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    0
  • Mardianto, S.Pd

    Terima kasih mudah2an ada solusi.

    0
  • YOHANIS LAIBUIS, S. Pd-K

    terima kasih 

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk