Apabila Anda mendapatkan salah satu email notifikasi seperti di bawah ini, sistem Dapodik mencatat bahwa adanya perubahan data yaitu tipe pengguna atau role atas Akun belajar.id Anda. Simak contoh email notifikasi berikut dan ketahui langkah selanjutnya:

 

A. Email notifikasi terkait ‘Pendidik berganti tipe/role akun menjadi Admin di sekolah yang sama’

 

PTK_-_berubah_admin.png

Kenapa saya menerima email notifikasi di atas?
Dikarenakan tipe pengguna atau role Anda berubah dari Pendidik menjadi Admin, misalnya: Anda diangkat menjadi Kepala Sekolah.

 

Apa yang harus dilakukan apabila mendapatkan notifikasi tersebut?
Jangan khawatir, email tersebut adalah pemberitahuan bahwa kedepannya Anda harus menggunakan username atau userID baru saat login menggunakan Akun belajar.id. Anda diberikan waktu 14 hari hingga akun lama Anda tidak dapat digunakan. Penting untuk diketahui, data pada Gmail, Google Drive, maupun Google Workspace lain tidak akan hilang. Begitu pula dengan password, Anda tetap dapat menggunakan password lama saat ini Anda gunakan.


B. Email Notifikasi terkait ‘Admin ganti tipe pengguna/role akun menjadi Pendidik di sekolah yang sama’

PTK_-_berubah_pendidik.png

 

Kenapa saya menerima email notifikasi di atas?
Dikarenakan tipe pengguna atau role Anda berubah dari Admin (Kepala Sekolah atau Tenaga Kependidikan) menjadi Pendidik.

 

Apa yang harus dilakukan apabila mendapatkan notifikasi tersebut?
Jangan khawatir, email tersebut adalah pemberitahuan bahwa kedepannya Anda harus menggunakan username atau userID baru dengan domain @guru.jenjang.belajar.id saat login menggunakan Akun belajar.id dan akses ke admin.google.com akan dihilangkan. Dan penting untuk diketahui bahwa Anda tetap dapat menggunakan password lama Anda (tidak ada perubahan password).

Apabila Anda perlu bantuan lebih lanjut ketika mendapatkan salah satu email notifikasi di atas, Anda dapat menghubungi tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman https://belajar.id/.

FAQ

Apa yang harus saya lakukan jika ingin mengajukan penghapusan akun admin dikarenakan saya sudah menjadi Pendidik?

Silakan lakukan update data Anda di Dapodik terlebih dahulu. Proses akan memakan waktu beberapa hari setelah Anda melakukan pembaruan data. Lalu, Anda akan mendapatkan email notifikasi terkait perubahan akun Anda.Setelah itu, Anda dapat mengecek ketersediaan akun Anda secara berkala melalui laman https://belajar.id/

Saya terlambat membaca email notifikasi bahwa akun dinonaktifkan karena pindah peran/jenjang, apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda sudah melewati batas masa aktif akun Anda, kemungkinan besar akun Anda sudah dinonaktifkan oleh sistem. Namun, Anda dapat melakukan pengecekan ulang melalui Dapodik atau tanyakan ke tim helpdesk Kami melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman https://belajar.id/

Apakah akses saya di platform Kemendikbudristek, seperti TanyaBOS, akan hilang apabila terkena dampak pemutakhiran data?

Apabila Anda adalah Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK) yang berubah jenjang maka Anda harus menggunakan Akun belajar.id baru untuk login ke TanyaBOS

Apakah riwayat data/aktivitas saya di platform TanyaBOS akan hilang apabila saya menggunakan Akun belajar.id baru berubah karena jenjang?

Riwayat data atau aktivitas Anda di platform TanyaBOS tidak akan hilang meskipun Akun belajar.id Anda non-aktif. Namun, Anda akan memiliki 2 username yang berbeda di TanyaBOS.

Sehingga, apabila Anda ingin melihat kembali riwayat data/aktivitas lama Anda di TanyaBOS, silakan melakukan pencarian berdasarkan topik atau username lama dari pertanyaan/postingan Anda sebelumnya

Saya pengguna Chromebook, apakah akses saya juga tidak dapat digunakan apabila terkena dampak pemutakhiran data?

- Bagi PTK yang berubah peran/role di jenjang yang sama, maka akses/akun Anda tidak berubah. Data Anda yang tersimpan pada Chromebook pun masih tetap aman dan tidak hilang

- Bagi PTK yang berpindah jenjang baik dengan role yang sama maupun role yang berbeda, maka akses ke Chromebook Anda harus menggunakan Akun belajar.id baru dan akun lama Anda akan dinonaktifkan. Data Anda juga harus dipindahkan secara manual agar tidak terhapus ketika akun lama tidak aktif

Saya mendapati Akun belajar.id saya terhapus, apa yang harus saya lakukan?

Untuk pengecekan lebih lanjut, silakan menghubungi tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman https://belajar.id/ dengan:
- Memilih Kategori Masalah “Akun Terhapus/Dinonaktifkan
- Serta menyertakan screenshot tidak bisa login.

Sebelumnya
Selanjutnya
8053470880025

Komentar

2 comments

  • yanti dewi

    saya tidak menerima notifikasi di email saya tentang pengajuan perubahan akun saya

     

    0
  • yanti dewi

    saya tidak menerima notifikasi terkait pengajuan perubahan akun dari guru menjadi admin

    -1

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk