Per bulan Juli 2022, dilakukan Pemutakhiran Data pada sistem belajar.id. Pemutakhiran Data ini dimaksudkan agar Akun belajar.id dapat tersinkronisasi secara otomatis dengan data yang ada di Dapodik, sehingga detail nama akun, data profil, dan lainnya akan terus diperbarui tanpa harus mengubah secara manual.

Apa tujuan dari pemutakhiran data itu sendiri?

  • Sinkronisasi data pada sistem belajar.id dengan data yang tersedia di Dapodik secara berkala.
  • Dengan adanya email notifikasi yang akan Anda terima setiap terdapat perubahan data, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi lebih mengetahui apabila ada pembaruan yang harus segera dilakukan.

Siapa saja yang terkena dampak dari Pemutakhiran Data tersebut?

No Pengguna/Peran Kondisi
1

Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Data sekolah di Dapodik tidak ada, misalnya: sekolah ditutup
2 Pendidik Berpindah peran menjadi admin di sekolah yang sama. Misal: diangkat menjadi kepala sekolah
3

Tenaga Kependidikan (Admin)

Berpindah peran menjadi Pendidik di sekolah yang sama

4

Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Mutasi di jenjang yang sama atau jenjang yang berbeda
5

Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Berhenti kerja (pensiun, mengundurkan diri, pemecatan, atau meninggal dunia)
6

Peserta Didik

Pindah jenjang, misalnya: SD ke SMP, SMP ke SMA, SMP ke SMK

Bagi Anda yang termasuk dalam kategori di atas, tidak perlu khawatir! Pastikan Anda melakukan pengecekan pada email Akun belajar.id Anda secara berkala. Hal ini agar Anda lebih mengetahui langkah-langkah selanjutnya apabila Anda mendapatkan email notifikasi.

 

Anda juga dapat menyimak informasi terkait Pemutakhiran Data pada sistem belajar.id pada video berikut:

 

FAQ 

Bagaimana saya tahu bahwa Akun belajar.id saya terkena dampak Pemutakhiran Data?

Pastikan Anda melakukan pengecekan email Akun belajar.id Anda secara berkala terutama jika Anda melakukan suatu perubahan yang berdampak pada perubahan status atau data di Dapodik, seperti: sekolah tutup, pindah jenjang atau pindah sekolah, atau mengundurkan diri.

Bagaimana jika saya termasuk kategori yang harusnya terkena Pemutakhiran Data, namun saya tidak mendapatkan email notifikasi?

Pastikan data Anda sudah berubah di Dapodik sesuai status Anda saat ini, jika Anda sudah memperbaruinya namun belum menerima email notifikasi, silakan hubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ pada Pusat Informasi Akun belajar.id.

Berapa lama perubahan data di Dapodik akan direfleksikan ke Akun belajar.id saya?

Sinkronisasi data secara otomatis akan dilakukan secara harian

Apakah akses saya di platform Kemendikbudristek, seperti TanyaBOS, akan hilang apabila terkena dampak Pemutakhiran Data?

Apabila Anda adalah Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK) yang berubah jenjang maka Anda harus menggunakan Akun belajar.id baru untuk login ke TanyaBOS

Apakah riwayat data/aktivitas saya di platform TanyaBOS akan hilang apabila saya menggunakan Akun belajar.id baru berubah karena jenjang?

Riwayat data atau aktivitas Anda di platform TanyaBOS tidak akan hilang meskipun Akun belajar.id Anda non-aktif. Namun, Anda akan memiliki 2 username yang berbeda di TanyaBOS.

Sehingga, apabila Anda ingin melihat kembali riwayat data/aktivitas lama Anda di TanyaBOS, silakan melakukan pencarian berdasarkan topik atau username lama dari pertanyaan/postingan Anda sebelumnya.

Saya pengguna Chromebook, apakah akses saya juga tidak dapat digunakan apabila terkena dampak Pemutakhiran Data?

- Bagi PTK yang berubah peran/role di jenjang yang sama, maka akses/akun Anda tidak berubah. Data Anda yang tersimpan pada Chromebook pun masih tetap aman dan tidak hilang

- Bagi PTK yang berpindah jenjang baik dengan role yang sama maupun role yang berbeda, maka akses ke Chromebook Anda harus menggunakan Akun belajar.id baru dan akun lama Anda akan dinonaktifkan. Data Anda juga harus dipindahkan secara manual agar tidak terhapus ketika akun lama tidak aktif

Saya tidak berpindah role maupun pindah jenjang, namun mendapatkan notifikasi akun akan dihapus. Apa yang harus saya lakukan?

Apabila Anda merasa masih terdaftar di Dapodik, silakan memastikan kembali data Anda di Dapodik masih tersedia dan sesuai. Setelah itu, lakukan pemeriksaan akun di laman https://belajar.id/ menggunakan NPSN dan data Anda yang terbaru. Namun, apabila Anda masih butuh bantuan tim Helpdesk, silakan klik tombol ‘Butuh Bantuan’ pada Pusat Informasi Akun belajar.id.

Saya mendapati Akun belajar.id saya terhapus, apa yang harus saya lakukan?

Untuk pengecekan lebih lanjut, silakan hubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ pada Pusat Informasi Akun belajar.id dengan:
- Memilih Kategori Masalah “Akun Terhapus/Dinonaktifkan
- Serta menyertakan screenshot tidak bisa login.

Sebelumnya
Selanjutnya
8048186681753

Komentar

63 comments

  • Triodorasaragih

    operator saya mengatakan sudah mengajukan akun belajar.id saya tapi tidak direspon. dari mana saya dapat mengetahui akun pembelajaran saya? mohon pencerahannya

    11
  • beryatlas01

    kenapa passwordnya selalu di reset ya? padahal sudah login tapi tidak masuk keteranganya password sudah di reset

    1
  • Simin Fataruba

    Saya selaku kepala sekolah hingga saat ini mengalami perubahan dari akun yang lama "siminfataruba23@admin.smp.belajar.id" menjadi akun baru "simin.fataruba22@guru.smp.belajar.id" dan tidak bisa lagi menggunakan akun lama. Pada dapodik setelah selesai sinkron, muncul notifikasi kepala sekolah belum dipilih sehingga tidak bisa lagi melakukan sinkron berikutnya. Apakah ini sebagai akbat adanya perubahan akun ini ya? Mohon solusinya!

    1
  • Selamat siang Bapak Muhammad Hatta, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 302804. Mohon kesediaannya untuk melakukan pengecekan pada kotak masuk atau spam email Anda. Terima kasih

    1
  • Selamat pagi Ibu DESY QOMALASARI, terkait terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 367355.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    1
  • Anisa Aprilia

    mohon solusi akun tidak ditemukan padahal terdaftar di dapodik sebagai opeorator

    1
  • Helpdesk Akun belajar.id (Rayanza)

    Selamat pagi Bapak ZULKIFLI terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #552882.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Zulfian Yusmana

    Perubahan tipe pengguna atau role ini, email Anda akan berubah menjadi: zulfianyusmana29@admin.smp.belajar.id setelah 14 hari atau efektif pada 6 January 2023. Tetapi sampai saat ini akun tersebut tidak dapat ditemukan. Mohon solusinya

    0
  • ZULKIFLI

    sore admin!

    saya sudah pindah sekolah dan juga pidah dapodik tapi akun @admin.sd.belajar.id masih ditempat yang lama. saya sudah berusaha sama operator sekolah namun tidak ada perubahan. apa solusinya admin?

    terimakasih admin

    hormat kami/zulkifli

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Roy)

    Selamat siang Ibu Dewi siti alawiyah terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan .#539564.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Dewi siti alawiyah

    Saya... Telah mgajukan mengaktifkan akun belajari.id untuk amin.

    Tapi belum ada respon... Al basil password pun tidak di kirim tolong pencerahan nya...

    Dengan akun: dewialawiyah24@admin.paud.belajar.id

    0
  • Permanently deleted user
    Selamat sore Bapak AYIK MUHNANTO, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #534719.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
     
    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Aurora)

    Selamat siang Bapak Indra Yudistira, terkait pertanyaan Anda, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 533952

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • AYIK MUHNANTO

    selamat siang admin
    saya ptk baru yang masuk dapodik dan belum mempunyai akun id belajar. saya sudah cek dipencarian tapi akun belum ditemukan. langkah untuk pengajuan akun id belajar saya bagaimana yaa ? terima ksih

    0
  • Indra Yudistira

    Selamat Pagi, saya Indra Yudistira dari SMA Negeri 12 Samarinda, saya berubah jenis PTK dari tenaga kependidikan menjadi pendidik sejak 2 september 2022, dan telah sinkronisasi dapodik. namun belum ada notifikasi dari email saya tentang perubahan email. bagaimana kelanjutannya bapak/ibu ? terima kasih

    0
  • Permanently deleted user

    Selamat pagi Ibu @Anisa Aprilia, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 503310.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Aurora)

    Selamat pagi Ibu Yesi Naini, terkait permohonan Anda, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 486024

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Yesi Naini

    Hallo Admin.

    Mohon panduan untuk mutasi akun belajar dari SMP ke SD, Karena saat ini sudah bertugas di SD dan akun belajar yang khusus SD belum ditemukan. terima kasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Mikha)

    Selamat siang Bapak M. Yasrif terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 388175.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • ranykartikasari

    Selamat siang....operator saya mengatakan sudah mengajukan akun belajar.id saya tapi tidak direspon. dari mana saya dapat mengetahui akun pembelajaran saya? mohon pencerahannya

    0
  • zulia astriani

    assalamuallaikum warahmatulloh

    Maaf admin izin bertanya. Peserta didik kami belum memiliki akun belajar. Kemarin sudah mengajukan ke web belajar.id untuk permohonan akun baru. Tapi jawaban emailnya tidak bisa untuk buat akun baru. Bagaimana ya admin masalah ini. Sedangkan SD akan melaksanakan anbk dalam waktu dekat ini.

    0
  • Selamat pagi Bapak Zulfian Yusmana terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #643036.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Betha)

    Selamat pagi Ibu ranykartikasari terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 643035.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Dian Cudiana

    maaf saya mau resset pasword kepsek tapi email dan no HP sebagai akun pemulihan yg terdaftar di dapodik sudah tidak aktif, bagai mana caranya?

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Betha)

    Selamat pagi Ibu Dian Cudiana terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 690089.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Anisa Aprilia

    saya operator sekolah baru saja memasukkan 3 guru dan sudah singkron

    setelah dichek akun belajar ternyata akun belum terdaftar. kira kira berapa lama hingga akun belajar dapat dirilis setelah masuk dapodik ?

     

    terimakasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Mikha)

    Selamat pagi Ibu Anisa Aprilia terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 699967. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Nasutionhidayat84

    selamat pagi Bapak/Ibu Admin saya rahmad satria hidayat OPS SDN 349 Tanjung Kapa Kecamatan batahan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara dengan id.belajar rahmadhidayat18@guru.sd.belajar.id, kepala sekolah saya atas nama Rohayati mohon diganti menjadi admin dengan id.belajar rohayati217@guru.sd.belajar.id. terimakasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Rayanza)

    Selamat sore Bapak Nasutionhidayat84 terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #780102.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0
  • Pangoluan171

    saya sudah melakukan pengajuan perubahan peran akun guru menjadi kepala sekolah, mengapa saya belum menerima akun admin yang baru ?
    ini akun guru saya -  pangoluan171@guru.sd.belajar.id

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk