Per bulan Juli 2022, dilakukan Pemutakhiran Data pada sistem belajar.id. Pemutakhiran Data ini dimaksudkan agar Akun belajar.id dapat tersinkronisasi secara otomatis dengan data yang ada di Dapodik, sehingga detail nama akun, data profil, dan lainnya akan terus diperbarui tanpa harus mengubah secara manual.
Apa tujuan dari pemutakhiran data itu sendiri?
- Sinkronisasi data pada sistem belajar.id dengan data yang tersedia di Dapodik secara berkala.
- Dengan adanya email notifikasi yang akan Anda terima setiap terdapat perubahan data, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi lebih mengetahui apabila ada pembaruan yang harus segera dilakukan.
Siapa saja yang terkena dampak dari Pemutakhiran Data tersebut?
No | Pengguna/Peran | Kondisi |
1 |
Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK) |
Data sekolah di Dapodik tidak ada, misalnya: sekolah ditutup |
2 | Pendidik | Berpindah peran menjadi admin di sekolah yang sama. Misal: diangkat menjadi kepala sekolah |
3 |
Tenaga Kependidikan (Admin) |
Berpindah peran menjadi Pendidik di sekolah yang sama |
4 |
Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK) |
Mutasi di jenjang yang sama atau jenjang yang berbeda |
5 |
Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK) |
Berhenti kerja (pensiun, mengundurkan diri, pemecatan, atau meninggal dunia) |
6 |
Peserta Didik |
Pindah jenjang, misalnya: SD ke SMP, SMP ke SMA, SMP ke SMK |
Bagi Anda yang termasuk dalam kategori di atas, tidak perlu khawatir! Pastikan Anda melakukan pengecekan pada email Akun belajar.id Anda secara berkala. Hal ini agar Anda lebih mengetahui langkah-langkah selanjutnya apabila Anda mendapatkan email notifikasi.
Anda juga dapat menyimak informasi terkait Pemutakhiran Data pada sistem belajar.id pada video berikut:
FAQ
Pastikan Anda melakukan pengecekan email Akun belajar.id Anda secara berkala terutama jika Anda melakukan suatu perubahan yang berdampak pada perubahan status atau data di Dapodik, seperti: sekolah tutup, pindah jenjang atau pindah sekolah, atau mengundurkan diri.
Pastikan data Anda sudah berubah di Dapodik sesuai status Anda saat ini, jika Anda sudah memperbaruinya namun belum menerima email notifikasi, silakan hubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ pada Pusat Informasi Akun belajar.id.
Sinkronisasi data secara otomatis akan dilakukan secara harian
Apabila Anda adalah Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK) yang berubah jenjang maka Anda harus menggunakan Akun belajar.id baru untuk login ke TanyaBOS
Riwayat data atau aktivitas Anda di platform TanyaBOS tidak akan hilang meskipun Akun belajar.id Anda non-aktif. Namun, Anda akan memiliki 2 username yang berbeda di TanyaBOS.
Sehingga, apabila Anda ingin melihat kembali riwayat data/aktivitas lama Anda di TanyaBOS, silakan melakukan pencarian berdasarkan topik atau username lama dari pertanyaan/postingan Anda sebelumnya.
- Bagi PTK yang berubah peran/role di jenjang yang sama, maka akses/akun Anda tidak berubah. Data Anda yang tersimpan pada Chromebook pun masih tetap aman dan tidak hilang
- Bagi PTK yang berpindah jenjang baik dengan role yang sama maupun role yang berbeda, maka akses ke Chromebook Anda harus menggunakan Akun belajar.id baru dan akun lama Anda akan dinonaktifkan. Data Anda juga harus dipindahkan secara manual agar tidak terhapus ketika akun lama tidak aktif
Apabila Anda merasa masih terdaftar di Dapodik, silakan memastikan kembali data Anda di Dapodik masih tersedia dan sesuai. Setelah itu, lakukan pemeriksaan akun di laman https://belajar.id/ menggunakan NPSN dan data Anda yang terbaru. Namun, apabila Anda masih butuh bantuan tim Helpdesk, silakan klik tombol ‘Butuh Bantuan’ pada Pusat Informasi Akun belajar.id.
Untuk pengecekan lebih lanjut, silakan hubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ pada Pusat Informasi Akun belajar.id dengan:
- Memilih Kategori Masalah “Akun Terhapus/Dinonaktifkan”
- Serta menyertakan screenshot tidak bisa login.
Komentar
63 comments
operator saya mengatakan sudah mengajukan akun belajar.id saya tapi tidak direspon. dari mana saya dapat mengetahui akun pembelajaran saya? mohon pencerahannya
kenapa passwordnya selalu di reset ya? padahal sudah login tapi tidak masuk keteranganya password sudah di reset
Saya selaku kepala sekolah hingga saat ini mengalami perubahan dari akun yang lama "siminfataruba23@admin.smp.belajar.id" menjadi akun baru "simin.fataruba22@guru.smp.belajar.id" dan tidak bisa lagi menggunakan akun lama. Pada dapodik setelah selesai sinkron, muncul notifikasi kepala sekolah belum dipilih sehingga tidak bisa lagi melakukan sinkron berikutnya. Apakah ini sebagai akbat adanya perubahan akun ini ya? Mohon solusinya!
Selamat siang Bapak Muhammad Hatta, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 302804. Mohon kesediaannya untuk melakukan pengecekan pada kotak masuk atau spam email Anda. Terima kasih
Selamat pagi Ibu DESY QOMALASARI, terkait terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 367355.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
mohon solusi akun tidak ditemukan padahal terdaftar di dapodik sebagai opeorator
Selamat pagi Bapak ZULKIFLI terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #552882.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.
Perubahan tipe pengguna atau role ini, email Anda akan berubah menjadi: zulfianyusmana29@admin.smp.belajar.id setelah 14 hari atau efektif pada 6 January 2023. Tetapi sampai saat ini akun tersebut tidak dapat ditemukan. Mohon solusinya
sore admin!
saya sudah pindah sekolah dan juga pidah dapodik tapi akun @admin.sd.belajar.id masih ditempat yang lama. saya sudah berusaha sama operator sekolah namun tidak ada perubahan. apa solusinya admin?
terimakasih admin
hormat kami/zulkifli
Selamat siang Ibu Dewi siti alawiyah terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan .#539564.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.
Saya... Telah mgajukan mengaktifkan akun belajari.id untuk amin.
Tapi belum ada respon... Al basil password pun tidak di kirim tolong pencerahan nya...
Dengan akun: dewialawiyah24@admin.paud.belajar.id
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
Selamat siang Bapak Indra Yudistira, terkait pertanyaan Anda, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 533952.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
selamat siang admin
saya ptk baru yang masuk dapodik dan belum mempunyai akun id belajar. saya sudah cek dipencarian tapi akun belum ditemukan. langkah untuk pengajuan akun id belajar saya bagaimana yaa ? terima ksih
Selamat Pagi, saya Indra Yudistira dari SMA Negeri 12 Samarinda, saya berubah jenis PTK dari tenaga kependidikan menjadi pendidik sejak 2 september 2022, dan telah sinkronisasi dapodik. namun belum ada notifikasi dari email saya tentang perubahan email. bagaimana kelanjutannya bapak/ibu ? terima kasih
Selamat pagi Ibu @Anisa Aprilia, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 503310.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
Selamat pagi Ibu Yesi Naini, terkait permohonan Anda, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 486024.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
Hallo Admin.
Mohon panduan untuk mutasi akun belajar dari SMP ke SD, Karena saat ini sudah bertugas di SD dan akun belajar yang khusus SD belum ditemukan. terima kasih
Selamat siang Bapak M. Yasrif terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 388175.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
Selamat siang....operator saya mengatakan sudah mengajukan akun belajar.id saya tapi tidak direspon. dari mana saya dapat mengetahui akun pembelajaran saya? mohon pencerahannya
assalamuallaikum warahmatulloh
Maaf admin izin bertanya. Peserta didik kami belum memiliki akun belajar. Kemarin sudah mengajukan ke web belajar.id untuk permohonan akun baru. Tapi jawaban emailnya tidak bisa untuk buat akun baru. Bagaimana ya admin masalah ini. Sedangkan SD akan melaksanakan anbk dalam waktu dekat ini.
Selamat pagi Bapak Zulfian Yusmana terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #643036.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.
Selamat pagi Ibu ranykartikasari terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 643035.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
maaf saya mau resset pasword kepsek tapi email dan no HP sebagai akun pemulihan yg terdaftar di dapodik sudah tidak aktif, bagai mana caranya?
Selamat pagi Ibu Dian Cudiana terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 690089.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
saya operator sekolah baru saja memasukkan 3 guru dan sudah singkron
setelah dichek akun belajar ternyata akun belum terdaftar. kira kira berapa lama hingga akun belajar dapat dirilis setelah masuk dapodik ?
terimakasih
Selamat pagi Ibu Anisa Aprilia terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 699967. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.
selamat pagi Bapak/Ibu Admin saya rahmad satria hidayat OPS SDN 349 Tanjung Kapa Kecamatan batahan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara dengan id.belajar rahmadhidayat18@guru.sd.belajar.id, kepala sekolah saya atas nama Rohayati mohon diganti menjadi admin dengan id.belajar rohayati217@guru.sd.belajar.id. terimakasih
Selamat sore Bapak Nasutionhidayat84 terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #780102.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.
saya sudah melakukan pengajuan perubahan peran akun guru menjadi kepala sekolah, mengapa saya belum menerima akun admin yang baru ?
ini akun guru saya - pangoluan171@guru.sd.belajar.id
Please sign in to leave a comment.