Per bulan Juli 2022, dilakukan Pemutakhiran Data pada sistem belajar.id. Pemutakhiran Data ini dimaksudkan agar Akun belajar.id dapat tersinkronisasi secara otomatis dengan data yang ada di Dapodik, sehingga detail nama akun, data profil, dan lainnya akan terus diperbarui tanpa harus mengubah secara manual.

Apa tujuan dari pemutakhiran data itu sendiri?

  • Sinkronisasi data pada sistem belajar.id dengan data yang tersedia di Dapodik secara berkala.
  • Dengan adanya email notifikasi yang akan Anda terima setiap terdapat perubahan data, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi lebih mengetahui apabila ada pembaruan yang harus segera dilakukan.

Bagaimana bentuk notifikasi yang Anda terima ketika ada Pemutakhiran Data?

  1. Akun Pendidik & Tenaga Kependidikan dinonaktifkan
  2. Akun Pendidik & Tenaga Kependidikan Menjadi Admin atau Sebaliknya
  3. Akun Pendidik & Tenaga Kependidikan Berubah Karena Mutasi
  4. Akun Peserta Didik Pindah Jenjang
  5. Akun Peserta Didik Dinonaktifkan

Siapa saja yang terkena dampak dari Pemutakhiran Data tersebut?

No Pengguna/Peran Kondisi
1

Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Data sekolah di Dapodik tidak ada, misalnya: sekolah ditutup
2 Pendidik Berpindah peran menjadi admin di sekolah yang sama. Misal: diangkat menjadi kepala sekolah
3

Tenaga Kependidikan (Admin)

Berpindah peran menjadi Pendidik di sekolah yang sama

4

Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Mutasi di jenjang yang sama atau jenjang yang berbeda
5

Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Berhenti kerja (pensiun, mengundurkan diri, pemecatan, atau meninggal dunia)
6

Peserta Didik

Pindah jenjang, misalnya: SD ke SMP, SMP ke SMA, SMP ke SMK

Bagi Anda yang termasuk dalam kategori di atas, tidak perlu khawatir! Pastikan Anda melakukan pengecekan pada email Akun belajar.id Anda secara berkala. Hal ini agar Anda lebih mengetahui langkah-langkah selanjutnya apabila Anda mendapatkan email notifikasi.

 

Anda juga dapat menyimak informasi terkait Pemutakhiran Data pada sistem belajar.id pada video berikut:

 

FAQ 

Bagaimana saya tahu bahwa Akun belajar.id saya terkena dampak Pemutakhiran Data?

Pastikan Anda melakukan pengecekan email Akun belajar.id Anda secara berkala terutama jika Anda melakukan suatu perubahan yang berdampak pada perubahan status atau data di Dapodik, seperti: sekolah tutup, pindah jenjang atau pindah sekolah, atau mengundurkan diri.

Bagaimana jika saya termasuk kategori yang harusnya terkena Pemutakhiran Data, namun saya tidak mendapatkan email notifikasi?

Pastikan data Anda sudah berubah di Dapodik sesuai status Anda saat ini, jika Anda sudah memperbaruinya namun belum menerima email notifikasi, silakan hubungi ‘Butuh Bantuan’ pada laman https://belajar.id/

Berapa lama perubahan data di Dapodik akan direfleksikan ke Akun belajar.id saya?

Sinkronisasi data secara otomatis akan dilakukan secara harian

Apakah akses saya di platform Kemendikbudristek, seperti TanyaBOS, akan hilang apabila terkena dampak Pemutakhiran Data?

Apabila Anda adalah Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK) yang berubah jenjang maka Anda harus menggunakan Akun belajar.id baru untuk login ke TanyaBOS

Apakah riwayat data/aktivitas saya di platform TanyaBOS akan hilang apabila saya menggunakan Akun belajar.id baru berubah karena jenjang?

Riwayat data atau aktivitas Anda di platform TanyaBOS tidak akan hilang meskipun Akun belajar.id Anda non-aktif. Namun, Anda akan memiliki 2 username yang berbeda di TanyaBOS.

Sehingga, apabila Anda ingin melihat kembali riwayat data/aktivitas lama Anda di TanyaBOS, silakan melakukan pencarian berdasarkan topik atau username lama dari pertanyaan/postingan Anda sebelumnya.

Saya pengguna Chromebook, apakah akses saya juga tidak dapat digunakan apabila terkena dampak Pemutakhiran Data?

- Bagi PTK yang berubah peran/role di jenjang yang sama, maka akses/akun Anda tidak berubah. Data Anda yang tersimpan pada Chromebook pun masih tetap aman dan tidak hilang

- Bagi PTK yang berpindah jenjang baik dengan role yang sama maupun role yang berbeda, maka akses ke Chromebook Anda harus menggunakan Akun belajar.id baru dan akun lama Anda akan dinonaktifkan. Data Anda juga harus dipindahkan secara manual agar tidak terhapus ketika akun lama tidak aktif

Saya tidak berpindah role maupun pindah jenjang, namun mendapatkan notifikasi akun akan dihapus. Apa yang harus saya lakukan?

Apabila Anda merasa masih terdaftar di Dapodik, silakan memastikan kembali data Anda di Dapodik masih tersedia dan sesuai. Setelah itu, lakukan pemeriksaan akun di laman https://belajar.id/ menggunakan NPSN dan data Anda yang terbaru. Namun, apabila Anda masih butuh bantuan tim Helpdesk, silakan hubungi ‘Butuh Bantuan’ pada laman https://belajar.id/ untuk pengecekan lebih lanjut. 

Saya mendapati Akun belajar.id saya terhapus, apa yang harus saya lakukan?

Untuk pengecekan lebih lanjut, silakan menghubungi tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman https://belajar.id/ dengan:
- Memilih Kategori Masalah “Akun Terhapus/Dinonaktifkan
- Serta menyertakan screenshot tidak bisa login.

Sebelumnya
Selanjutnya
8048186681753

Komentar

46 comments

  • Triodorasaragih

    operator saya mengatakan sudah mengajukan akun belajar.id saya tapi tidak direspon. dari mana saya dapat mengetahui akun pembelajaran saya? mohon pencerahannya

    17
  • Muhammad Hatta

    Apakah pendaftaran akun belajar. Id apakah sudah di follow up

    1
  • beryatlas01

    kenapa passwordnya selalu di reset ya? padahal sudah login tapi tidak masuk keteranganya password sudah di reset

    0
  • Mohammadbahar02

    sdnkowel3 pamekasan ingin aktifkan akun belajar siswa secara masal 

    -1
  • SDN Kademangan 4

    1. Apakah kelas 1 dan kelas 4 untuk SD akan mendapatkan akun belajar?

    2. Bagaimana mengajukan akun secara massal untuk peserta didik di sekolah?

    Terima kasih

    -2
  • Helpdesk Akun belajar.id (Ika)

    Selamat siang Bapak/Ibu Triodorasaragih, terkait terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 293579.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Ika)

    Selamat siang Bapak Muhammad Hatta, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 302804. Mohon kesediaannya untuk melakukan pengecekan pada kotak masuk atau spam email Anda. Terima kasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Ika)

    Selamat siang Bapak/Ibu beryatlas01 terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 302806. Mohon kesediaannya untuk melakukan pengecekan pada kotak masuk atau spam email Anda. Terima kasih

    0
  • Selamat siang Bapak Mohammadbahar02 terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #311774.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    -1
  • Selamat siang Bapak/Ibu SDN Kademangan 4 terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #311773.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Syulaimanm

    assalamualaikum bapak admin, saya syulaiman pendidik di sd 15 murni kec panti, saya mau bertanya, kenapa saya mau membuat akun belajar.id tidak bisa menggunakan email pribadi, di coba pakai dengan no pribadi tidak juga bisa, mohon solusi nya bapak admin solusinya.. terimakasih banyak bapak sebelumnya.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Gaby)

    Selamat sore Bapak @Syulaimanm, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 312824.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    -1
  • Yuliani

    Akun kepala sekolah saya dihapus tanpa ada pemberitahuan melalui email, bagaimana cara pulihkan kembali?

    -1
  • roniarihta89

    Password belajar id saya lupa bagaimana mereset ulang agar mendapatkan password id belajar yang baru

    0
  • Muhamad Hariri

    Mohon Bantuan untuk aktifkan kembali akun muhamadhariri25@guru.smp.belajar.id yg dinonaktifkan,, untuk migrasi data penting di Google drive saya

    0
  • Selamat siang Ibu  Yuliani terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #319385.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Selamat siang Bapak roniarihta89 terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #319387.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Selamat siang Bapak Muhamad Hariri terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #319391.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • PENTA DAHLENI

    izin bertanya Min.

    jika diemail tidak ada notifikasi, apakah tetap harus menautkan ulang akun belajar ID? sedangkan status akun sudah aktif

    0
  • LAMBOK PARULIAN

    saya PTK di sebuah sekolah swasta. saya tidak melakukan pindah sekolah induk/jenjang pada dapodik. namun ketika cek akun belajar saya, ada keterangan bahwa akun saya sudah dihapus
    mohon infonya harus bagai mana untuk mengaktifkan akun belajar.id yang lama, karena sebelumnya sudah saya tautkan dengan akun simpkb

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Gaby)

    Selamat siang Bapak/Ibu @PENTA DAHLENI, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 331372.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Gaby)

    Selamat siang Bapak/Ibu @LAMBOK PARULIAN, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 331374.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Rubi Talayi Rahman

    min...bisa minta bantuan untuk diaktifkan kembali akun belajar saya yang lama,  rubirahman14@guru.smp.belajar.id

    untuk migrasi data data penting karena banyak data yang ada di sana, untuk kegiatan guru penggerak dan data sekolah lainnya. 1 minggu yang lalu sudah saya ajukan lewat google form untuk pemulihan. 

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Rio)

    Selamat siang Bapak @rubirahman14@guru.smp.belajar.id, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #339349.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Tanrisannah

    Admin...bisa minta bantuan untuk diaktifkan kembali akun belajar saya yang lama,
    tanrisannah10@guru.smk.belajar.id

    untuk migrasi data-data penting karena banyak data yang ada di sana.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Rio)

    Selamat pagi Ibu Tanrisannah, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #341232.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Herulmaulana29

    Halo admin saya mau bertanya perihal chromebook yang terReset ke pengaturan pabrik dan meminta accoun pemilik aya yang harus dilakukan dan kemana harus mengkonsultasikannya

    0
  • Selamat pagi Bapak Herulmaulana29, terkait terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 350349.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • DESY QOMALASARI

    sampai dengan saat ini akun belajar.id belum ada dan tidak ditemukan di laman belajar.id, mohon bantuannya, terimakasih

    0
  • Selamat pagi Ibu DESY QOMALASARI, terkait terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 367355.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    1

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk