Selain bisa menemukan berbagai informasi terkait Akun belajar.id pada Pusat Informasi Akun belajar.id, tersedia juga tombol ‘Butuh Bantuan’ yang memfasilitasi Anda dalam pengajuan laporan atas kendala terkait akun kepada tim Layanan Kemendikdasmen. Berikut panduan melaporkan kendala melalui tombol ‘Butuh Bantuan’.

 

1. Kunjungi Pusat Informasi Akun belajar.id di https://pusatinformasi.belajar.id/ kemudian:

  • Jika Anda mengakses laman melalui desktop/PC, klik tombol ‘Butuh Bantuan’ pada pojok kanan bawah laman, ATAU
  • Jika Anda mengakses laman melalui mobile/hp, klik ikon Untitledi.png di pojok kanan bawah laman.
Tampilan pada desktop/PC

Tampilan pada mobile/hp

Screenshot_793.png

Screenshot_794.png

 

Untitledh.png

Untitledi.png

Penting diingat, tim Layanan Kemendikdasmen akan merespon laporan Anda selama jam operasional, yaitu Senin-Jumat (kecuali hari libur nasional), pukul 09.00-18.00 WIB.

 

2. Masukkan ‘Email Anda’ dengan email pribadi Anda yang aktif (bukan email @belajar.id) dan isi kolom ‘Perihal' yang sesuai dengan kendala yang Anda alami.

Screenshot

Penting!

Jawaban dari tim Helpdesk (Petugas Layanan) akan dikirimkan ke email yang Anda cantumkan. Jadi pastikan email tersebut aktif dan rutin Anda buka.

 

3. Pilih ‘Kategori Masalah’ dan ‘Subkategori’ (jika ada) untuk memudahkan tim Helpdesk mengidentifikasi kendala yang Anda alami. Untuk panduan memilih ‘Kategori Masalah yang sesuai dengan kendala Anda, cek pada artikel Pemilihan Kategori Masalah untuk Laporan Kendala Melalui Tombol ‘Butuh Bantuan’.

 

Kemudian juga pilih ‘Tipe Pengguna’ sesuai peran Anda dan masukkan ‘Nama’ Anda yang sesuai dan terdaftar di Dapodik.

Screenshot

Catatan: Bagi Pengguna Akun belajar.id Non Satuan Pendidikan (Non Jenjang) namun bukan Dinas Pendidikan atau Staf Kementerian (dengan domain @yayasan.belajar.id, @konsultan.belajar.id, @mitra.belajar.id, @penggerak.belajar.id, @instruktur.belajar.id, @program.belajar.id) silakan memilih tipe pengguna ‘Non Satuan Pendidikan’.

 

4. Masukkan ‘Email Pribadi’ Anda yang aktif. Alamat email yang Anda cantumkan di sini harus sama dengan email yang Anda masukkan pada kolom email di awal formulir laporan. Kemudian masukkan ‘Email Akun belajar.id’ Anda dan ‘Jenjang’ sekolah Anda bernaung saat ini.

Screenshot

Catatan:

Pastikan dalam penulisan tanda huruf sudah benar dan sesuai.

 

5. Tulis ‘Nama Sekolah’ Anda saat ini serta masukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Anda dapat melakukan pengecekan melalui https://referensi.data.kemdikbud.go.id/. Apabila Anda melaporkan kendala mewakili Peserta Didik, harap masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Peserta Didik. Lalu, masukkan juga ‘NIK’ Anda.

Screenshot 2024-03-28 142800.png

Catatan:

Pastikan untuk menuliskan angka atau nomor dengan benar.

 

6. Anda diwajibkan untuk mengisi data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) apabila sudah memilikinya. Anda juga dapat memasukkan nomor handphone sesuai Dapodik serta jabatan Anda saat ini.

Screenshot 2024-03-28 143150.png

 

7. Masukkan ‘Provinsi dan Kota/Kabupaten’ dari sekolah Anda berada kemudian tulis secara detail atas pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke tim layanan pada bagian ‘Detail Pertanyaan’.

Screenshot

 

8. Pada bagian ‘Lampirkan’, silakan unggah dokumen pendukung, seperti:

  • Surat Penunjukan sebagai Admin/Dinas
  • Surat Pembuatan Akun (jika ada)
  • Bukti akun terdaftar di Dapodik, dan sebagainya.

Anda dapat melampirkan data maksimal 5 berkas. Cek kembali semua data yang telah Anda isi telah sesuai dan benar, lalu tekan tombol ‘Kirim’.

Screenshot

 

Selanjutnya, tim layanan akan melakukan pengecekan atas kendala yang telah Anda laporkan melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ dan akan mengirimkan feedback atau jawaban melalui email pribadi Anda dalam kurun waktu 1 hari kerja. 

 

Melengkapi Data dan Informasi untuk Pengecekan Kendala

Untuk kendala-kendala tertentu, tim layanan akan membutuhkan informasi lebih lanjut dari Anda. Jika hal ini terjadi:

  1. Tim layanan akan mengirimkan email berisikan data-data yang harus Anda lengkapi agar proses pengecekan kendala dapat dilanjutkan.
  2. Jika Anda belum merespon, tim layanan akan mengirimkan pengingat sebanyak 2 kali.
  3. Apabila setelah 48 jam Anda masih belum membalas email berisikan informasi yang dibutuhkan, kendala dianggap sudah terselesaikan sehingga Anda harus membuat laporan kendala yang baru.

Maka dari itu, harap untuk merespon email tim layanan terkait data yang dibutuhkan dengan sesuai sebelum batas waktu berakhir agar penanganan kendala dapat diproses lebih lanjut.

 

Proses Pengecekan Kendala

Beberapa kendala membutuhkan pengecekan lebih lanjut oleh tim-tim terkait sehingga membutuhkan waktu lebih untuk penanganannya. Jika hal ini terjadi, Anda akan mendapatkan email notifikasi terkait status pengecekan kendala Anda sehingga Anda tidak perlu menanyakan status secara mandiri. Silakan untuk mengajukan pengecekan status kendala 5x24 jam sejak pengiriman konfirmasi dari tim layanan.

Sebelumnya
Selanjutnya
5524023126553

Komentar

48 comments

  • Braviano

    admin...bisa minta bantuan untuk diaktifkan kembali akun belajar saya yang lama :
    bravianoali22@smp.belajar.id

    untuk memindahkan data data penting karena banyak data saya yang ada di sana.

    1
  • LOPY HULU, S.Pd.

    Terimakasih🙏🙏🙏🙏

    0
  • RIDWAN

    Bagaimana kendala saya saat menautkan RHK terkoneksi dengan akun belajar teman sejawat. Di karena kan 1 tmpt tanggal lahir salah 2 .tanggal lahir salah bulan dan tahun salah 3 .email pribadi salah. No Hp salah.jabatan seharusnya guru mata pelajaran bukan guru kelas.

    0
  • kuni

    Yth. Bpk/Ibu RIDWAN. Terkait keluhan Anda sebelumnya sudah kami bantu buatkan laporan ke tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait bantuan lebih lanjut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Selamat pagi Bapak RIDWAN terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 1945725. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    0
  • Sukarni

    Mohon bantuan diaktifkan akun belajar saya, sudah mengisi form bantuan

    0
  • kuni

    Yth. Bpk./Ibu Sukarni. Untuk aktivasi Akun belajar.id dapat dilakukan secara mandiri sesuai panduan pada artikel berikut. Apabila Anda sudah mengirimkan laporan melalui tombol 'Butuh Bantuan', mohon kesediannya menunggu informasi lebih lanjut oleh tim Helpdesk Akun belajar.id melalui email yang digunakan untuk mengirimkan laporan. Terima kasih.

    0
  • Abdul Aziz

    Admin, saat saya ingin mengganti password akun belajar.id kenapa nomer saya tidak terdaftar ya sama alamat emailnya? Padahal akun belajarnya sudah aktif,

    Tolong resetkan kata sandi akun belajar saya

    abdul.aziz4429@smk.belajar.id

    0
  • kuni

    Yth. Bpk. Abdul Aziz. Terkait kendala yang dialami, harap untuk mengecek email yang Anda gunakan untuk mengirimkan laporan kendala untuk informasi lebih lanjut dari tim Helpdesk Akun belajar.id. Terima kasih.

    0
  • Dionisius Bedin

    Selamat siang, tolong bantu untuk aktivasi akun kepala sekolah saya. email dan nomor hp yg di website belajar id itu salah. sudah diperbaiki di dapodik tapi masih belum berubah di website belajar id. email belajar id nya

    0
  • Dionisius Bedin

    Selamat siang, tolong bantu untuk aktivasi akun kepala sekolah saya. email dan nomor hp yg di website belajar id itu salah. sudah diperbaiki di dapodik tapi masih belum berubah di website belajar id. email belajar id nya

    0
  • kuni

    Yth. Bpk. Dionisius Bedin. Pastikan saat melakukan pembaruan data di Dapodik, Anda terhubung dengan jaringan internet saat melakukan sinkronisasi. Untuk selanjutnya, laporan Anda telah kami bantu buatkan laporan dengan tim Helpdesk Akun belajar.id. Terima kasih.

    0
  • Selamat pagi Bapak Dionisius Bedin terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 2164242. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    0
  • Selamat siang Bapak/Ibu Puji Widiyastuty terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda di nomor laporan 1933990. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    0
  • Ibnu Muslim, S Pd, M Pd

    mudah saya pelajari

    0
  • YASIMANI LAIA

    Terimakasih🙏🙏

    0
  • Yunita Nurmiati

    saya kesulitan mengajukan akun belajar siswa, pada sekolah saya sekarang padahal status saya di PMM sudah sbg admin sekolah  yang baru (1 Tahun 9 bulan) Sudah mutasi  dari sekolah lama.SDN Tandilang. Saat mengajukan akun  belajar siswa ternyata yang keluar adalah siswa SDN Tandilang, bukan siswa SDN Ilung. Siswa Kami tidak bisa mengikuti beberapa kegiatan yang mesyaratkan penggunaan akun belajar.id . Mohon konfirmasi dari yang berweweng

    0
  • kuni

    Yth. Ibu Yunita Nurmiati. Terkait keluhan Anda sebelumnya sudah kami bantu buatkan laporan ke tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait bantuan lebih lanjut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Selamat siang Ibu Yunita Nurmiati terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #2369014. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    0
  • Ahmad091

    Selamat sore admin,bisa pengajuan penghapusan akun SMP saya?

    0
  • kuni

    Yth. Bpk. Ahmad091. Untuk pengajuan penghapusan Akun belajar.id, silakan untuk mengikuti panduan pada artikel berikut. Terima kasih.

    0
  • kuni

    Yth. Bpk. Icuk Rahman. Terkait keluhan Anda sebelumnya sudah kami bantu buatkan laporan ke tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait bantuan lebih lanjut. Terima kasih.

    0
  • Selamat sore Bapak/Ibu Icuk Rahman terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 2579553. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    0
  • ASEP RIANDI

    Saya belum menerima notifikasi seperti di atas padahal saya sudah pindah peran yaitu dari tenaga kependidikan menjadi guru namun belum ada perubahan dari admin ke Guru akunnya , mohon bantuannya.

    0
  • kuni

    Yth. Bpk. ASEP RIANDI. Saat ini laporan Anda sedang ditindak lanjuti oleh tim Akun belajar.id. Mohon kesediaannya menunggu informasi selanjutnya yang dikirimkan ke email yang Anda gunakan untuk mengirimkan laporan. Terima kasih.

    0
  • Helpdesk ULT Kemendikdasmen (Irene)

    Selamat siang Ibu Liawatisandri terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #1178663. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    0
  • citra

    bagaiman cara mengajukan akun massal peserta didik

    0
  • Permanently deleted user
    Selamat pagi Ibu citra, terkait pertanyaan Anda, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #447941.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
     
    0
  • Selamat siang Ibu Tanrisannah terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #447939.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Siniariani46

    selamat pagi admin, terkait akun kepala sekolah dan juga guru serta siswa yang belum muncul,mohon bantuan cara untuk mengajukan akun.terimakasih..

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk