Selain bisa menemukan berbagai informasi terkait Akun belajar.id pada Pusat Informasi Akun belajar.id, tersedia juga tombol ‘Butuh Bantuan’ yang memfasilitasi Anda dalam pengajuan laporan atas kendala terkait akun kepada tim Helpdesk belajar.id. Berikut panduan melaporkan kendala melalui tombol ‘Butuh Bantuan’.
1. Kunjungi Pusat Informasi Akun belajar.id di https://pusatinformasi.belajar.id/ kemudian:
- Jika Anda mengakses laman melalui desktop/PC, klik tombol ‘Butuh Bantuan’ pada pojok kanan bawah laman, ATAU
- Jika Anda mengakses laman melalui mobile/hp, klik ikon di pojok kanan bawah laman.
Tampilan pada desktop/PC |
Tampilan pada mobile/hp |
|
Penting diingat, tim Helpdesk Akun belajar.id akan merespon laporan Anda selama jam operasional, yaitu Senin-Jumat (kecuali hari libur nasional), pukul 09.00-18.00 WIB.
2. Masukkan ‘Email Anda’ dengan email pribadi Anda yang aktif (bukan email @belajar.id) dan isi kolom ‘Perihal' yang sesuai dengan kendala yang Anda alami.
Penting!
Jawaban dari tim helpdesk akan dikirimkan ke email yang Anda cantumkan. Jadi pastikan email tersebut aktif dan rutin Anda buka.
3. Pilih ‘Kategori Masalah’ dan ‘Subkategori’ (jika ada) untuk memudahkan tim Helpdesk mengidentifikasi kendala yang Anda alami. Untuk panduan memilih ‘Kategori Masalah yang sesuai dengan kendala Anda, cek pada artikel Pemilihan Kategori Masalah untuk Laporan Kendala Melalui Tombol ‘Butuh Bantuan’.
Kemudian juga pilih ‘Tipe Pengguna’ sesuai peran Anda dan masukkan ‘Nama’ Anda yang sesuai dan terdaftar di Dapodik.
Catatan: Bagi Pengguna Akun belajar.id Non Satuan Pendidikan (Non Jenjang) namun bukan Dinas Pendidikan atau Staf Kemdikbudristek (dengan domain @yayasan.belajar.id, @konsultan.belajar.id, @mitra.belajar.id, @penggerak.belajar.id, @instruktur.belajar.id, @program.belajar.id) silakan memilih tipe pengguna ‘Non Satuan Pendidikan’.
4. Masukkan ‘Email Pribadi’ Anda yang aktif. Alamat email yang Anda cantumkan di sini harus sama dengan email yang Anda masukkan pada kolom email di awal formulir laporan. Kemudian masukkan ‘Email Akun belajar.id’ Anda dan ‘Jenjang’ sekolah Anda bernaung saat ini.
Catatan:
Pastikan dalam penulisan tanda huruf sudah benar dan sesuai.
5. Tulis ‘Nama Sekolah’ Anda saat ini serta masukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Anda dapat melakukan pengecekan melalui https://referensi.data.kemdikbud.go.id/. Apabila Anda melaporkan kendala mewakili Peserta Didik, harap masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Peserta Didik. Lalu, masukkan juga ‘NIK’ Anda.
Catatan:
Pastikan untuk menuliskan angka atau nomor dengan benar.
6. Anda diwajibkan untuk mengisi data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) apabila sudah memilikinya. Anda juga dapat memasukkan nomor handphone sesuai Dapodik serta jabatan Anda saat ini.
7. Masukkan ‘Provinsi dan Kota/Kabupaten’ dari sekolah Anda berada kemudian tulis secara detail atas pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke tim helpdesk pada bagian ‘Detail Pertanyaan’.
8. Pada bagian ‘Lampirkan’, silakan unggah dokumen pendukung, seperti:
- Surat Penunjukan sebagai Admin/Dinas
- Surat Pembuatan Akun (jika ada)
- Bukti akun terdaftar di Dapodik, dan sebagainya.
Anda dapat melampirkan data maksimal 5 berkas. Cek kembali semua data yang telah Anda isi telah sesuai dan benar, lalu tekan tombol ‘Kirim’.
Selanjutnya, tim helpdesk akan melakukan pengecekan atas kendala yang telah Anda laporkan melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ dan akan mengirimkan feedback atau jawaban melalui email pribadi Anda dalam kurun waktu 1 hari kerja.
Melengkapi Data dan Informasi untuk Pengecekan Kendala
Untuk kendala-kendala tertentu, tim Helpdesk akan membutuhkan informasi lebih lanjut dari Anda. Jika hal ini terjadi:
- Tim Helpdesk akan mengirimkan email berisikan data-data yang harus Anda lengkapi agar proses pengecekan kendala dapat dilanjutkan.
- Jika Anda belum merespon, tim Helpdesk akan mengirimkan pengingat sebanyak 2 kali.
- Apabila setelah 48 jam Anda masih belum membalas email berisikan informasi yang dibutuhkan, kendala dianggap sudah terselesaikan sehingga Anda harus membuat laporan kendala yang baru.
Maka dari itu, harap untuk merespon email tim Helpdesk terkait data yang dibutuhkan dengan sesuai sebelum batas waktu berakhir agar penanganan kendala dapat diproses lebih lanjut.
Proses Pengecekan Kendala
Beberapa kendala membutuhkan pengecekan lebih lanjut oleh tim-tim terkait sehingga membutuhkan waktu lebih untuk penanganannya. Jika hal ini terjadi, Anda akan mendapatkan email notifikasi terkait status pengecekan kendala Anda sehingga Anda tidak perlu menanyakan status secara mandiri. Silakan untuk mengajukan pengecekan status kendala 5x24 jam sejak pengiriman konfirmasi dari tim Helpdesk.
Komentar
46 comments
min...bisa minta bantuan untuk diaktifkan kembali akun belajar saya yang lama :
tanrisannah10@guru.smk.belajar.id
untuk migrasi data data penting karena banyak data yang ada di sana.
bagaiman cara mengajukan akun massal peserta didik
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
Selamat siang Ibu Tanrisannah terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #447939.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
selamat pagi admin, terkait akun kepala sekolah dan juga guru serta siswa yang belum muncul,mohon bantuan cara untuk mengajukan akun.terimakasih..
Assalaamu 'alaikum...
Selamat pagi..
Mohon maaf mengganggu...
Saya Rizka Maylina Mahmudah, mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Universitas Muhammadiyah Mataram.
Saya ingin bertanya dan mohon bantuannya...
Email aktivasi akun belajar id yang dikirimkan ke saya hilang...
Mohon bantuannya nggih...
🙏🙏
Selamat pagi Ibu RIZKA MAYLINA MAHMUDAH terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #643040.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.
Selamat pagi Ibu Siniariani46 terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #643041.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.
Assalamualaikum wr.wb
Selamat sore
Permisi bapak/ibu, perkenalkan saya Vidia Kurniawati mahasiswa PPG Prajab 2022 gelombang 2 jurusan pendidikan IPA di Universitas Negeri Yogyakarta.
Saya izin bertanya, bagaimana cara agar mendapatkan akun belajar id?
Dikarenakan saya belum mendapatkan email perihal akun dan password belajar id, sementara teman-teman saya yang lain sudah mendapatkan email tersebut.
Terimakasih, mohon bantuannya 🙏
Selamat pagi Ibu Vidia Kurniawati. Terkait perihal Anda, harap untuk cek kembali untuk ketentuan Pengguna dan Non-Pengguna Akun belajar.id pada artikel berikut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Hubungi Bantuan' atau 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Saya tidak bisa membuat akun belajar id.
Pdhal sudah di coba langkah² nya tpi masih berbelit2 ,data lengkap tapi akun beljar id untk membuka admin tidak ada
Mohon bntuan nya agar saya dpat akun beljar id admin krna saya sangat butuh😪🙏🙏
Selamat pagi Ibu Liawatisandri. Terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Selamat siang Ibu Liawatisandri terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #1178663. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.
Selamat siang Bapak/Ibu OMAN terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #1207359. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.
saya Masuk Ke akun admin kok tidak bisa ya
Selamat pagi Bpk. joko iswahyudi. Terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
admin...bisa minta bantuan untuk diaktifkan kembali akun belajar saya yang lama :
bravianoali22@smp.belajar.id
untuk memindahkan data data penting karena banyak data saya yang ada di sana.
Selamat pagi Bpk. Braviano. Apabila Akun belajar.id Anda termasuk yang memenuhi kriteria penghapusan yang tertera pada artikel berikut, maka sesuai ketentuan Akun belajar.id yang telah dihapus sifatnya permanen sehingga baik akun maupun konten ruang penyimpanan dari Akun belajar.id yang dihapus tidak dapat dipulihkan kembali. Terima kasih.
Selamat siang, tolong bantu untuk aktivasi akun kepala sekolah saya. email dan nomor hp yg di website belajar id itu salah. sudah diperbaiki di dapodik tapi masih belum berubah di website belajar id. email belajar id nya nalsius.marpaung26@admin.sma.belajar.id
Selamat pagi Bpk./Ibu Widyatamaastono25. Harap pastikan saat melakukan sinkronisasi data Dapodik, Anda sudah terhubung dengan jaringan internet. Apabila kendala masih terjadi, silakan untuk melaporkan ke tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Selamat pagi Bpk/Ibu admin Belajar Id, saya ingin menanyakan terkait akun Guru belum tersedia, data Guru sudah masuk dapodik dan sudah tersinkron, namun di halaman belajar id(akun admin sekolah) nama-nama guru tersebut sudah ada, namun tulisanya belum tersedia, guru kurang lebih sdh 2 minggu di dapodik, di bulan desember 2023, ada guru yang baru masuk dapodik 3 hari akun sudah langsung tersedia, Mohon pencerahanya
Terima kasih
Selamat sore Bpk./Ibu wirjaya. Terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
apa bisa 1 akun untuk 2 sekolah Paud & SD
di SD sebagai PLT kepsek
di Paud yang real nya kepsek... oleh dinas di perbantukan agar dapodik aktif karena guru2 SD belum pernah masuk dapodik
SD baru berijin operasional
ini baru d bantu aktifkan log in k SD lewat zoom meting
yang Paud malah tidak bisa cek rapor lagi ....???
Yth. Bapak/Ibu Puji Widiyastuty, terkait keluhan Anda sebelumnya sudah kami bantu buatkan laporan ke tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait bantuan lebih lanjut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Selamat siang Bapak/Ibu Puji Widiyastuty terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda di nomor laporan 1933990. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.
Bagaimana kendala saya saat menautkan RHK terkoneksi dengan akun belajar teman sejawat. Di karena kan 1 tmpt tanggal lahir salah 2 .tanggal lahir salah bulan dan tahun salah 3 .email pribadi salah. No Hp salah.jabatan seharusnya guru mata pelajaran bukan guru kelas.
Yth. Bpk/Ibu RIDWAN. Terkait keluhan Anda sebelumnya sudah kami bantu buatkan laporan ke tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait bantuan lebih lanjut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Selamat pagi Bapak RIDWAN terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 1945725. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.
Mohon bantuan diaktifkan akun belajar saya, sudah mengisi form bantuan
Yth. Bpk./Ibu Sukarni. Untuk aktivasi Akun belajar.id dapat dilakukan secara mandiri sesuai panduan pada artikel berikut. Apabila Anda sudah mengirimkan laporan melalui tombol 'Butuh Bantuan', mohon kesediannya menunggu informasi lebih lanjut oleh tim Helpdesk Akun belajar.id melalui email yang digunakan untuk mengirimkan laporan. Terima kasih.
Please sign in to leave a comment.