Selain bisa menemukan berbagai informasi terkait Akun belajar.id pada Pusat Informasi Akun belajar.id, tersedia juga tombol ‘Butuh Bantuan’ yang memfasilitasi Anda dalam pengajuan laporan atas kendala terkait akun kepada tim Helpdesk belajar.id. Berikut panduan melaporkan kendala melalui tombol ‘Butuh Bantuan’.
1. Kunjungi Pusat Informasi Akun belajar.id di https://pusatinformasi.belajar.id/ kemudian:
- Jika Anda mengakses laman melalui desktop/PC, klik tombol ‘Butuh Bantuan’ pada pojok kanan bawah laman, ATAU
- Jika Anda mengakses laman melalui mobile/hp, klik ikon
di pojok kanan bawah laman.
Tampilan pada desktop/PC |
Tampilan pada mobile/hp |
|
|
Penting diingat, tim Helpdesk Akun belajar.id akan merespon laporan Anda selama jam operasional, yaitu Senin-Jumat (kecuali hari libur nasional), pukul 09.00-18.00 WIB.
2. Masukkan ‘Email Anda’ dengan email pribadi Anda yang aktif (bukan email @belajar.id) dan isi kolom ‘Perihal' yang sesuai dengan kendala yang Anda alami.
Penting!
Jawaban dari tim helpdesk akan dikirimkan ke email yang Anda cantumkan. Jadi pastikan email tersebut aktif dan rutin Anda buka.
3. Pilih ‘Kategori Masalah’ dan ‘Subkategori’ (jika ada) untuk memudahkan tim Helpdesk mengidentifikasi kendala yang Anda alami. Kemudian juga pilih ‘Tipe Pengguna’ sesuai peran Anda dan masukkan ‘Nama’ Anda yang sesuai dan terdaftar di Dapodik.
4. Masukkan ‘Email Pribadi’ Anda yang aktif. Alamat email yang Anda cantumkan di sini harus sama dengan email yang Anda masukkan pada kolom email di awal formulir laporan. Kemudian masukkan ‘Email Akun belajar.id’ Anda dan ‘Jenjang’ sekolah Anda bernaung saat ini.
Catatan:
Pastikan dalam penulisan tanda huruf sudah benar dan sesuai.
5. Tulis ‘Nama Sekolah’ Anda saat ini serta masukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Anda dapat melakukan pengecekan melalui https://referensi.data.kemdikbud.go.id/. Lalu, masukkan ‘NIK’ Anda.
Catatan:
Pastikan untuk menuliskan angka atau nomor dengan benar.
6. Masukkan ‘Provinsi dan Kota/Kabupaten’ dari sekolah Anda berada kemudian tulis secara detail atas pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke tim helpdesk pada bagian ‘Detail Pertanyaan’.
7. Pada bagian ‘Lampirkan’, silakan unggah dokumen pendukung, seperti:
- Surat Penunjukan sebagai Admin/Dinas
- Surat Pembuatan Akun (jika ada)
- Bukti akun terdaftar di Dapodik, dan sebagainya.
Anda dapat melampirkan data maksimal 5 berkas. Cek kembali semua data yang telah Anda isi telah sesuai dan benar, lalu tekan tombol ‘Kirim’.
Selanjutnya, tim helpdesk akan melakukan pengecekan atas kendala yang telah Anda laporkan melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ dan akan mengirimkan feedback atau jawaban melalui email pribadi Anda dalam kurun waktu 1 hari kerja.
Melengkapi Data dan Informasi untuk Pengecekan Kendala
Untuk kendala-kendala tertentu, tim Helpdesk akan membutuhkan informasi lebih lanjut dari Anda. Jika hal ini terjadi:
- Tim Helpdesk akan mengirimkan email berisikan data-data yang harus Anda lengkapi agar proses pengecekan kendala dapat dilanjutkan.
- Jika Anda belum merespon, tim Helpdesk akan mengirimkan pengingat sebanyak 2 kali.
- Apabila setelah 48 jam Anda masih belum membalas email berisikan informasi yang dibutuhkan, kendala dianggap sudah terselesaikan sehingga Anda harus membuat laporan kendala yang baru.
Maka dari itu, harap untuk merespon email tim Helpdesk terkait data yang dibutuhkan dengan sesuai sebelum batas waktu berakhir agar penanganan kendala dapat diproses lebih lanjut.
Proses Pengecekan Kendala
Beberapa kendala membutuhkan pengecekan lebih lanjut oleh tim-tim terkait sehingga membutuhkan waktu lebih untuk penanganannya. Jika hal ini terjadi, Anda akan mendapatkan email notifikasi terkait status pengecekan kendala Anda sehingga Anda tidak perlu menanyakan status secara mandiri. Silakan untuk mengajukan pengecekan status kendala 5x24 jam sejak pengiriman konfirmasi dari tim Helpdesk.
Komentar
14 comments
min...bisa minta bantuan untuk diaktifkan kembali akun belajar saya yang lama :
tanrisannah10@guru.smk.belajar.id
untuk migrasi data data penting karena banyak data yang ada di sana.
bagaiman cara mengajukan akun massal peserta didik
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
Selamat siang Ibu Tanrisannah terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #447939.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih
selamat pagi admin, terkait akun kepala sekolah dan juga guru serta siswa yang belum muncul,mohon bantuan cara untuk mengajukan akun.terimakasih..
Assalaamu 'alaikum...
Selamat pagi..
Mohon maaf mengganggu...
Saya Rizka Maylina Mahmudah, mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Universitas Muhammadiyah Mataram.
Saya ingin bertanya dan mohon bantuannya...
Email aktivasi akun belajar id yang dikirimkan ke saya hilang...
Mohon bantuannya nggih...
🙏🙏
Selamat pagi Ibu RIZKA MAYLINA MAHMUDAH terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #643040.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.
Selamat pagi Ibu Siniariani46 terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #643041.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.
Assalamualaikum wr.wb
Selamat sore
Permisi bapak/ibu, perkenalkan saya Vidia Kurniawati mahasiswa PPG Prajab 2022 gelombang 2 jurusan pendidikan IPA di Universitas Negeri Yogyakarta.
Saya izin bertanya, bagaimana cara agar mendapatkan akun belajar id?
Dikarenakan saya belum mendapatkan email perihal akun dan password belajar id, sementara teman-teman saya yang lain sudah mendapatkan email tersebut.
Terimakasih, mohon bantuannya 🙏
Selamat pagi Ibu Vidia Kurniawati. Terkait perihal Anda, harap untuk cek kembali untuk ketentuan Pengguna dan Non-Pengguna Akun belajar.id pada artikel berikut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Hubungi Bantuan' atau 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Saya tidak bisa membuat akun belajar id.
Pdhal sudah di coba langkah² nya tpi masih berbelit2 ,data lengkap tapi akun beljar id untk membuka admin tidak ada
Mohon bntuan nya agar saya dpat akun beljar id admin krna saya sangat butuh😪🙏🙏
Selamat pagi Ibu Liawatisandri. Terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Selamat siang Ibu Liawatisandri terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #1178663. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.
Selamat siang Bapak/Ibu OMAN terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #1207359. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.
Please sign in to leave a comment.