Setelah Anda melakukan aktivasi Akun Pembelajaran, akun Anda dapat langsung digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang tersedia di Google Workspace, salah satunya adalah Gmail. Gmail merupakan layanan email yang dapat membantu Anda tetap terhubung dengan Pendidik dan Peserta Didik. Fitur terbaik yang dimiliki Gmail adalah penelusuran. Anda dapat dengan cepat dan mudah menelusuri semua email Anda untuk menemukan pesan lama kapan saja. Untuk cara mengakses dan penggunaan email belajar.id, silakan ikuti panduan di bawah ini.

Mengakses Email belajar.id

Untuk mendapatkan akses ke semua aplikasi yang tersedia di Google Workspace, pastikan untuk masuk ke akun Anda dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Buka laman gmail.com
  2. Masuk menggunakan nama akun (User ID) belajar.id Anda, lalu klik Berikutnya
  3. Masukkan kata sandi (password) Anda, lalu klik Berikutnya
  4. Anda akan masuk ke email akun belajar.id
Email_1.png Email_2.png

Mengirim Email

Setelah berhasil masuk ke email belajar.id Anda, Anda dapat mengirimkan email dengan mengikuti langkah berikut:

1. Di sisi paling kiri, klik menu Tulis

2. Masukkan detail pesan yang ingin Anda kirim, seperti penerima, subjek, dan isi pesan 

3. a) Klik Kirim untuk mengirim pesan pada saat ini juga

 b) Klik Jadwalkan untuk mengirim pesan sesuai dengan waktu yang Anda tentukan

Kirim-email.png

Membuat dan Menambahkan Anggota ke Grup Email

Anda dapat membuat grup email untuk memudahkan dalam berkomunikasi dan berkolaborasi dengan sesama pengguna belajar.id. Melalui grup email, Anda dapat mengirimkan satu email ke semua orang yang tergabung di dalamnya. Agar dapat membuat grup atau menambahkan anggota ke dalamnya, pastikan Anda sudah masuk ke email belajar.id. Setelah itu, silakan ikuti langkah berikut:

  1. Di panel aplikasi, klik Google Grup atau masuk ke laman group.google.com
  2. Pilih Buat grup (Create group)
  3. Masukkan informasi dan pilih setelan untuk grup Anda
  4. Masukkan email anggota dan klik Buat grup

Grup-Email.png

Jika Anda adalah pemilik grup atau memiliki izin untuk mengelola anggota, Anda dapat menambahkan anggota ke grup dengan tiga cara:

  • Mengundang seseorang melalui email
  • Menambahkan orang ke grup secara langsung
  • Menyetujui orang yang mengajukan permohonan untuk bergabung ke grup

Catatan: Undangan tidak akan berlaku setelah 7 hari, tetapi permintaan untuk bergabung ke grup akan terus berlaku. Anda dapat mengirim ulang undangan jika masa berlaku undangan berakhir.

Sebelumnya
Selanjutnya
4433147688601

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk