Sebagai akun yang digunakan untuk menunjang aktivitas belajar mengajar sehari-hari, ada baiknya Anda mengenali perbedaan antara akun dengan status aktif atau tidak aktif. Sehingga, Anda dapat mengantisipasi jika terjadi kendala kedepannya. Anda pun akan lebih paham dan nyaman dalam menggunakan Akun belajar.id.

 

Akun berstatus ‘Aktif’, ditandai apabila Anda sudah bisa:

  1. Mengakses berbagai aplikasi Google Workspace (Classroom, Meet, Drive, Docs, Sheets, Slides, dan Form)

  2. Mengakses berbagai platform Kemendikbudristek (Merdeka Mengajar, SIMPKB, Forum TanyaBOS)

  3. Mengakses Chromebook

Info penting! Jika Anda sudah pernah login/aktif menggunakan akun belajar.id, artinya akun Anda sudah berhasil diaktivasi. Tidak perlu khawatir, karena akun Anda telah terhitung sebagai akun yang sudah berhasil diaktivasi. Sedangkan, informasi di laman belajar.id akan terus diperbaharui secara berkala.

 

Akun berstatus ‘Tidak Aktif’, beberapa penyebab hal ini dapat terjadi, di antaranya:

  1. Status Anda sebagai pengguna tidak lagi terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

  2. Akun Anda ditemukan melakukan pelanggaran aturan Akun belajar.id

  3. Perpindahan jenjang yang mengharuskan akun lama Anda menjadi tidak aktif

  4. Akun Anda sudah tersedia namun belum melakukan aktivasi.

Jika Anda menemukan kendala lain atas penyebab penonaktifan akun, Anda dengan menghubungi helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'.

 

Tanya-Jawab

Q: Bagaimana jika Anda ingin membuat Akun belajar.id yang baru?

A: Silakan mengajukan pembuatan akun melalui laman https://www.belajar.id atau melalui tombol "Butuh Bantuan". Cek panduannya pada artikel berikut:

Sebelumnya
Selanjutnya
4433049044889

Komentar

23 comments

  • Yeremiasama32

    Akun saya belum aktif

    -2
  • RONY FAISOL

    punya ku malah tidak ada (tdk terdaftar)

    0
  • Hendriexcel585

    Data tidak ditemukan

    2
  • BINSAR HALOHO

    Punya kepala sekolah saya sudah ubah pasword sesuai prosedur tetap aja ga bisa login.

    kalo status sudah aktif. solusi para admin.

    -6
  • ramnawati03

    Saya bingung dengan masalah akun belajar.id ini.

    dari hp ke laptop tidak bisa sinkron, ini malah masuk menggunakan email pribadi. 

    Mohon pencerahannya min

     

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Rio)

    Selamat sore Bapak RONY FAISOL, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #312641.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Zill)

    Selamat sore Bapak BINSAR HALOHO, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #312645. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Gaby)

    Selamat sore Ibu @Yeremiasama32, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 312640.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Selamat sore Bapak Hendriexcel585 terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #312638.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional).

    Terima kasih

    0
  • Riapuspikasari

    saya belum pernah ganti password tapi ketika saya mau buka akun belajar passwordnya salah dengan keterangan password diganti 5 bulan yang lalu sedangkan saya baru dikasih akun belajarnya (riasari23@guru.sd.belajar.id) mohon pencerahannya bapak ibu. terima kasih

    0
  • Umamatul khoiriyah

    Akun saya pasword salah terus.bagaimana cara masuk nya

    0
  • Armanndruru102

    Akun belajar id saya, tidak masuk dlm aplikasi merdeka, pada hal akun saya aktif

    0
  • citra

    bagaimana cara mengajukan akun belajar.id massal untuk peserta didik

    0
  • Leo Horasdin Damanik

    kapan mengaktifkan akun belajar, apakah masih bisa lagi dan bagaimana caranya?

    0
  • Panca Nirmala30

    assalamualaikum bpk/ibu saya sudah dari 2 bulan lalumengajukan akun baru tapi belum ada kemajuan sampai saat ini. bagaimana ini pak/bu? sedangkan dari info yang beredar bahwa tanggal 13.9.2022 akan dihapus akunnya jika belum di akifkan atau disinkronisasi. sedangkan saya butuh akun itu untuk kurikulum merdeka

     

    0
  • Jeny yuli

    Saya tidak mengerti bagaimana mengajukan pembuatan akun

    1
  • Yogi Mandagi

    nafsu besar tenaga kurang!! jadinya banyak sekali kendala. tidak praktis malah makin sulit

    0
  • Abdullah Fitri

    Awalnya sulit masuk akun belajar.id tapi setelah membaca panduan beberapa kali baru berhasil

    0
  • Nailal Husna

    Ketika saya cek ketersediaan akun yg terdata adalah akun yang pertama, sedangkan beberapa minggu yang lalu admin sekolah mengecek ada akun baru, setelah saya login dengan akun yang baru itu yang masuk kembali ke akun lama.. itu bagaimana ya? Terus yang ditautkan dengan SIMPKB yang akun lama atau yang baru.? Mohon jawabannya 🙏🙏

    0
  • Jarukhi1963

    Akun yang lama tapi saya lupa skunnya

    0
  • Jarukhi1963

    Yang mana akunnya, tolong tsmpilkan akuunya

    1
  • Endrita Rehring Lisnandari

    Selamat siang pak/ibu. Mohon reset password akun belajar id :
    endritalisnandari15@admin.paud.belajar.id
    Npsn. 20573626
    Status : aktif

    Akun tersebut tidak bisa login, dikarenakan lupa password. Mohon bantuannya untuk mereset password akun tersebut, dan untuk notifikasinya mohon untuk dikirim ke akun gmail endritatkjajar1@gmail.com
    Sekian, terimakasih

    1
  • Yohanes Aris Supriatno

    reset password sudah konfirm email tapi belum bisa login lagi

    0

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk