Terdapat 2 cara untuk Anda dapat melakukan Aktivasi Akun belajar.id, melalui login dan melalui pengecekan status akun.

 

Aktivasi melalui Login

Apabila Anda sudah mendapatkan detail Akun belajar.id berupa nama akun (User ID) dan kata sandi (password), maka Anda perlu melakukan aktivasi untuk dapat mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Silakan ikuti panduan berikut untuk aktivasi Akun belajar.id Anda:

  1. Buka halaman https://mail.google.com/
  2. Masuk atau log in menggunakan nama akun (User ID) dan kata sandi (password) Anda (informasi bisa didapatkan oleh Admin Sekolah melalui Portal Admin)
  3. Setujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun belajar.id
  4. Lakukan penggantian kata sandi (password) Akun belajar.id
Aktivasi_Akun.gif

Perlu diketahui, Akun belajar.id hanya dapat diaktivasi secara mandiri oleh pemilik akun. Apabila Anda merasa tidak pernah mengaktifkan akun namun status akun telah aktif, silakan menghubungi Admin Sekolah di sekolah Anda atau mengubah password secara mandiri.

 

Aktivasi melalui Pengecekan Status Akun

Anda dapat melakukan pengecekan status Akun belajar.id Anda sesuai dengan peran Anda saat ini:

  1. Peserta Didik
  2. Pendidik
  3. Admin Sekolah

Anda dapat mengaktifkan Akun belajar.id melalui laman ini HANYA jika status Anda tertera ‘Belum Aktif’. Untuk mengaktifkannya:

1. Klik tombol ‘Aktifkan Akun’.

Screenshot

 

2. Pilih metode pengiriman detail Akun belajar.id Anda, melalui email pribadi atau nomor handphone. Penting diingat, data email dan nomor pribadi ini akan terisi secara otomatis sesuai data yang terdapat di Dapodik.

Screenshot

 

3. Jika sudah menerima detail akun, silakan login menggunakan Akun belajar.id dan kata sandi yang telah dikirimkan.

 

Pertanyaan Terkait Aktivasi Akun 

Bagaimana jika muncul keterangan "email tidak terdaftar" saat masuk akun (log in) padahal saya sudah memiliki akun?

Pastikan nama akun (User ID) dan kata sandi (password) yang Anda masukkan sudah benar. Apabila keterangan tersebut masih muncul, silakan menghubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ di laman Pusat Informasi Akun belajar.id.

Bagaimana jika saya lupa kata sandi (password) Akun belajar.id saya?

Anda dapat melakukan reset password secara mandiri dengan fitur ‘Reset Password’. Silakan untuk mengikuti langkah-langkahnya sesuai panduan ini.

Perlu diketahui, Anda hanya dapat melakukan reset password dengan dua kondisi berikut: 

  • Sesaat setelah aktivasi
  • Setelah Anda menjadi pengguna aktif atau apabila Anda lupa kata sandi (password)
Apa yang harus dilakukan jika email atau nomor handphone yang tertera tidak sesuai atau ingin diubah?

Anda dapat memperbarui data terlebih dahulu di Dapodik dan pastikan Anda terhubung dengan jaringan internet saat melakukan sinkronisasi untuk memastikan perubahan data dapat dilakukan. Perubahan data di Dapodik akan memakan proses selama beberapa hari, harap cek secara berkala.

Sebelumnya
Selanjutnya
4432983322137

Komentar

67 comments

  • Helpdesk Akun belajar.id (Roy)

    Selamat sore Ibu Kelly Karuh, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #312906.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    1
  • Rani kembang Geni caniago

    Bagaimana cara mendapat email akun belajar

    1
  • Muhammad Rizky

    Saya lupa kata sandi akun belajar saya .. Statusnya sudah aktif tetapi saat aktivasi saya tidak ingat password akun..
    Mohon bantuannya untuk reset password saya...agar saya bisa masuk ke akun belajar🙏

    1
  • Wawan7110

    Mohon Petunjuk dan penjelasan kepada Admin Helpdesk, Tampilan setelah saya periksa Akun Belajar.id saya Ternyata tertulis BELUM AKTIF, padahal saya sudah melakukan aktivasi. Email Belajar.id sudah bisa digunakan. Mohon Petunjuk supaya Akun Belajar.id saya menjadi AKTIF bagaimana nggih? Terimakasih.

    0
  • Mohammad Bahar

    mau daftar acun kok sulitnya setengah mati gih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Rayanza)

    Selamat sore Bapak Daffaibnualghifari terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #581750.


    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Rayanza)

    Selamat sore Bapak Wawan7110 terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #581766.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0
  • akhmad akbar

    kenapa saya udah membuat akun belajar tapi status nya belum aktif

    0
  • Basuki Hady

    Mohon kirimkan Password akun belajar id saya.

    basukihady35@guru.sd.belajar.id

    Bisa kirim ke email hady.basuki@gmail.com

    0
  • kuni (Admin)

    Selamat pagi Bpk./Ibu TK MERDEKA BELAJAR BILQIS. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Tri Tugiyarti

    mohon infonya bagaimana jika operator sekolah belum downoad akun belajar.id peserta didik,?

     

    0
  • Selamat siang Ibu Florentina terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 805821.
    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Ryan)

    Selamat pagi Bapak/Ibu mulya terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #1149986 .Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

     

     

    0
  • kuni (Admin)

    Selamat pagi Bpk./Ibu mulya. Terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih. 

    0
  • TK MERDEKA BELAJAR BILQIS

    saya kepala sekolah TK Merdeka Belajar Bilqis sudah mempunyai akun admin karestina891@admin.paud.belajar.id tetapi tidak bisa membuka portal Admin untuk menaktifkan akun belajar siswa. mohon petunjuk bapak/ibu ? 

     

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Roy)

    Selamat sore Ibu Lilimashuri12/Pandi, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #581702.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Roy)

    Selamat sore Bapak Mohammad Bahar, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #581775.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Roy)

    Selamat sore Bapak Mohammad Bahar, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #581774.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • kuni (Admin)

    Selamat Pagi Bapak Mohammad Bahar. Terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Hubungi Bantuan' atau 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Roy)

    Selamat sore Bapak Fran Hansen Tarigan terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #581704.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Sri Wahyuni Saragih

    Kenapa saat pengecekan akun masih belum aktif padahal sudah dilakukan aktivitas? Mohon arahannya

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Rayanza)

    Selamat sore Ibu Dia nurdiana terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #581768.


    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Rayanza)

    Selamat sore Ibu Lusia Mane terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #581769.


    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0
  • Amurwani Wahyuningsih

    Selamat siang, akun belajar id Kepala sekolah Plt tidak ditemukan disekolah ampuan.
    Mau akses Pendaftaran IKM belum bisa.
    Munculnya sekolah induk.
    Mohon bantuannya?

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Roy)

    Selamat sore Bapak Lilimashuri12/Pandi terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #581700.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Roy)

    Selamat sore Bapak Mohammad Bahar, terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #581764.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.

    0
  • Dia nurdiana

    Bagaimana cara membuat akun belajar pak?dan status saya belum aktif

    0
  • Fran Hansen Tarigan

    Saya sudah melakukan aktivasi, akan tetapi kenapa akun belajar saya belum aktif juga.

    0
  • Yohanes Wahyudi Sulistyono

    Dear, Admin

    Mohon supportnya untuk pembuatan akun belajar.

    1. Apakah akun belajar hanya bisa didaftarkan oleh operator sekolah saja atau bisa secara mandiri oleh guru itu sendiri.

    2. Jika bisa secara mandiri oleh guru, bagaimana caranya.?

     

    Terima Kasih

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Rayanza)

    Selamat sore Bapak Farel terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #581765.


    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk