Akun Pembelajaran yang terdiri dari nama akun (User ID) dan kata sandi (password) juga dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh Tenaga Kependidikan yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Untuk mengetahui status dan ketersediaan Akun Pembelajaran Anda, silakan lakukan pemeriksaan pada laman https://belajar.id/ dengan cara berikut:

  1. Pilih tipe Pengguna sesuai dengan pekerjaan atau fungsi Anda (Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, atau Dinas)
1.jpg
  1. Masukkan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) Anda.
    Jika Anda lupa NPSN, klik tanda ‘arah bawah’ dan klik ‘Cek NPSN’. Anda akan diarahkan ke laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/ untuk mengecek NPSN sesuai jenjang sekolah Anda saat ini.

  2. Klik ‘Selanjutnya’
2.jpg
  1. Masukkan ‘Nama Lengkap’ dan  ‘Tanggal Lahir’ Anda sesuai data di Dapodik. Klik ‘Selanjutnya’
3.jpg
  1. Setelah mengisi informasi pribadi sesuai Dapodik, status Akun Anda akan muncul (aktif atau tidak aktif). Jika ingin mengetahui perbedaan status aktif atau tidak aktif dapat menekan tombol ‘Cari Tahu Status Akun Anda’. Jika sudah aktif, namun Anda lupa password akun Anda. Lihat panduan selengkapnya dengan menekan tombol ‘Lupa Password
4.jpg

Akun Tidak Ditemukan

  1. Namun, apabila Akun Pembelajaran Anda belum ditemukan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah: 
  • Cek kembali data yang Anda masukkan di awal. Pastikan data Anda sesuai Dapodik dan tidak ada kesalahan dalam penulisan atau ejaan. 
  • Jika sudah sesuai namun tetap tidak bisa, tanyakan status Anda ke Operator Sekolah Anda.
  • Jika tetap tidak bisa, Anda dapat menghubungi helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ 
  • Untuk memasukkan kembali data pribadi Anda yang benar, dapat menekan tombol ‘Kembali ke Beranda
5.jpg

Akun Ditemukan 

    1. Apabila Akun akan ditemukan, klik tombol ‘Aktifkan Akun’. Jika ingin mengetahui perbedaan status aktif atau tidak aktif dapat menekan tombol ‘Cari Tahu Status Akun Anda’. 
6.jpg
  1. Pilih metode untuk detail Akun Pembelajaran Anda dikirimkan ke ‘Email Pribadi’ atau ‘Nomor Pribadi’ Anda.
7.jpg
  1. Jika memilih dikirimkan melalui email pribadi, masukkan email pribadi Anda. Lalu klik ‘Kirim detail akun’
8.jpg

 

  1. Jika memilih dikirimkan melalui nomor pribadi, masukkan nomor pribadi Anda sesuai yang terdaftar di Dapodik. Lalu klik ‘Kirim detail akun’. Apabila nomor Anda tidak ditemukan, Anda dapat menghubungi Operator Sekolah untuk mengganti nomor handphone Anda.
9.jpg
  1. Terakhir, email dan password akun belajar.id Anda akan dikirimkan ke metode yang sesuai Anda tentukan. Mohon periksa email atau SMS Anda secara berkala.
10.jpg

Khusus untuk Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah), Anda bisa mendapatkan detail Akun Pembelajaran Anda sekaligus pengguna lain di sekolah dengan mengunduh (download) melalui laman https://pd.data.kemdikbud.go.id. Untuk panduan mendapatkan data Akun Pembelajaran bagi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah), silakan ikuti panduan mendapatkan akun di sini

 

Pertanyaan Terkait Ketersediaan Akun Pembelajaran 

Bagaimana jika detail akun saya tidak masuk ke email yang didaftarkan?

Apabila Anda belum menerima email berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), silakan ikuti langkah berikut:

  1. Silakan tunggu beberapa saat sampai detail Akun Pembelajaran terkirim ke email pribadi Anda atau periksa folder spam
  2. Apabila detail akun masih belum diterima setelah beberapa saat, silakan klik kembali "Kirim detail akun ke email pribadi saya"
  3. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) masing-masing
Bagaimana jika saya ingin mengganti email pribadi yang terdaftar untuk mengirimkan detail akun saya

Untuk mengganti email pribadi Anda, silakan lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol "untuk ganti email pribadi klik di sini"
  2. Masukkan email pribadi yang baru Perlu diketahui, data email pribadi yang Anda masukkan hanya untuk keperluan mengirim detail Akun Pembelajaran, dan tidak akan mengubah data di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
Bagaimana jika SMS belum masuk setelah klik "Kirim SMS detail akun ke nomor saya"?

Apabila Anda belum menerima SMS berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), berikut adalah langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Pastikan nomor handphone yang Anda gunakan saat ini sama dengan nomor handphone yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  2. Jika sudah sesuai, silakan tunggu beberapa saat sampai detail Akun Pembelajaran terkirim ke nomor handphone Anda
  3. Pastikan nomor handphone Anda dalam keadaan aktif dan dapat menerima SMS
  4. Apabila SMS yang berisi detail akun masih belum masuk, silakan kirim ulang dengan klik kembali "Kirim SMS detail akun ke nomor saya"
  5. Jika masih belum menerima detail akun Pembelajaran melalui SMS, Anda bisa mengirimkan detail Akun Pembelajaran ke email pribadi Anda dengan klik "Kirim detail akun ke email pribadi saya" laman ini.
Sebelumnya
Selanjutnya
4431072379929

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Was this article helpful?

31 out of 33 found this helpful
Powered by Zendesk