Akun belajar.id yang terdiri dari nama akun (User ID) dan kata sandi (password) dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh Peserta Didik yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Cara mendapatkan Akun belajar.id dapat dilakukan secara mandiri melalui laman belajar.id atau melalui Admin Sekolah di tempat Anda. Berikut adalah tahapan selengkapnya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan Akun belajar.id:


 1. Buka laman https://belajar.id kemudian pada kotak ‘Cari tahu status Akun belajar.id Anda’ pilih tipe pengguna sesuai dengan peran Anda, yaitu ‘Peserta Didik’.

Screenshot_682.png

 

2. Setelah memilih peran, klik tombol ‘Cari Akun belajar.id’.

Screenshot_683.png

 

3. Masukkan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) Anda, kemudian klik ‘Selanjutnya’.

Screenshot_560.png

 

4. Jika Anda lupa NPSN, klik ‘Lupa NPSN’ yang bertanda ikon (simbol_arah_bawah.png), kemudian masukkan nama sekolah kemudian klik tombol 'Cari NPSN Sekolah'. Apabila data Anda tidak ditemukan, silakan mencoba untuk memasukkan nama sekolah disertakan dengan kota atau kabupaten.

 

Anda juga bisa mencari NPSN melalui 'Referensi NPSN'.

Screenshot_557.pngScreenshot_558.png
Screenshot_559.png

Catatan:

Jika NPSN Anda tidak ditemukan, segera hubungi Operator Sekolah untuk pengecekan NPSN Anda ke Dapodik.

 

5. Masukkan ‘Nama Lengkap’ dan  ‘Tanggal Lahir’ Anda sesuai data di Dapodik. Klik ‘Selanjutnya

Screenshot_698.png

 

6. Setelah mengisi informasi pribadi sesuai Dapodik, status Akun Anda akan muncul (aktif atau tidak aktif). Jika ingin mengetahui perbedaan status aktif atau tidak aktif, klik ‘Cari Tahu Tanda Status Akun Anda’.

Screenshot_697a.png

Apabila Akun belajar.id Anda berstatus aktif namun Anda lupa kata sandi (password) akun tersebut, silakan melakukan reset password secara mandiri melalui fitur Reset Password pada laman https://belajar.id.

 

Sedangkan apabila status akun Anda 'Belum Aktif', Anda akan menemukan tampilan seperti berikut.

Screenshot_685.png

Anda dapat melakukan aktivasi Akun belajar.id yang ditemukan namun berstatus ‘Belum Aktif’ secara mandiri. Silakan lakukan aktivasi sesuai panduan di artikel ini.

Penting!

Jika akun Anda berstatus ‘Belum Aktif’ namun sebelumnya Anda sudah pernah login/aktif menggunakan Akun belajar.id, akun Anda telah terhitung sebagai akun yang sudah berhasil diaktivasi. Untuk pembaharuan status, silakan cek laman belajar.id secara berkala.

 

Bagaimana jika akun saya tidak tersedia?

Ada beberapa kondisi yang membuat status Akun belajar.id Anda belum tersedia:

Screenshot_692.png

Jika saat pengecekan status Akun belajar.id Anda mendapatkan pesan sebagai berikut, artinya Anda belum memiliki Akun belajar.id sehingga Anda harus melakukan pengajuan pembuatan secara mandiri. Simak selengkapnya pada panduan ini.

Screenshot_690.png

Apabila Akun belajar.id Anda belum ditemukan, jangan khawatir. Cek kembali data yang Anda masukkan sudah sesuai dan benar. Jika masih tidak ditemukan, silakan hubungi Admin/Operator Sekolah Anda untuk pengecekan lebih lanjut. Apabila akun masih belum ditemukan, harap meminta Admin/Operator Sekolah untuk menghubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’.

Sebelumnya
Selanjutnya
4425382289177

Komentar

4 comments

  • Trangga Ken

    Saya sudah mengajukan akun peserta didik sudah beberapa bulan yg lalu, tapi sampai sekarang akun belajar.id masih belum terbit. Padahal sudah sesuai dengan Dapodik. Mhn solusinya.

    0
  • kuni (Admin)

    Selamat Pagi Bapak Mahmudin. Terkait keluhan Anda sebelumnya, untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Hubungi Bantuan' atau 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Endah)

    Selamat pagi Bapak Mahmudin terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 643023.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Endah)

    Selamat pagi Bapak Trangga Ken terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 643020.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk