Akun belajar.id yang terdiri dari nama akun (User ID) dan kata sandi (password) dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Cara mendapatkan Akun belajar.id dapat dilakukan secara mandiri melalui laman belajar.id atau melalui Admin Sekolah di tempat Anda. Berikut adalah tahapan selengkapnya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan Akun belajar.id:


1. Buka laman https://belajar.id kemudian pada kotak ‘Cari tahu status Akun belajar.id Anda’ pilih tipe pengguna sesuai dengan peran Anda, yaitu ‘Pendidik dan Tenaga Kependidikan’.

Untitledd.png

 

2. Setelah memilih peran, klik tombol ‘Cari Akun belajar.id’.

Screenshot_86.png

 

3. Masukkan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) Anda, kemudian klik ‘Selanjutnya’.

Screenshot_560.png

 

4. Jika Anda lupa NPSN, klik ‘Lupa NPSN’ yang bertanda ikon (simbol_arah_bawah.png), kemudian masukkan nama sekolah kemudian klik tombol 'Cari NPSN Sekolah'. Apabila data Anda tidak ditemukan, silakan mencoba untuk memasukkan nama sekolah disertakan dengan kota atau kabupaten.

 

Anda juga bisa mencari NPSN melalui 'Referensi NPSN'.

Screenshot_557.pngScreenshot_558.png
Screenshot_559.png

Catatan:

Jika NPSN Anda tidak ditemukan, segera hubungi Operator Sekolah untuk pengecekan NPSN Anda ke Dapodik.

 

5. Masukkan ‘Nama Lengkap’ dan  ‘Tanggal Lahir’ Anda sesuai data di Dapodik. Klik ‘Selanjutnya’.

Screenshot_698.png

 

6. Setelah mengisi informasi pribadi sesuai Dapodik, status Akun Anda akan muncul (aktif atau tidak aktif). Jika ingin mengetahui perbedaan status aktif atau tidak aktif, klik ‘Cari Tahu Tanda Status Akun Anda’.

Screenshot_697.png

Apabila Akun belajar.id Anda berstatus aktif namun Anda lupa kata sandi (password) akun tersebut, silakan melakukan reset password secara mandiri melalui fitur Reset Password pada laman https://belajar.id.

 

Sedangkan apabila status akun Anda 'Belum Aktif', Anda akan menemukan tampilan seperti berikut.

Screenshot_685.png

Anda dapat melakukan aktivasi Akun belajar.id yang ditemukan namun berstatus ‘Belum Aktif’ secara mandiri. Silakan lakukan aktivasi sesuai panduan di artikel ini.

Penting!

Jika akun Anda berstatus ‘Belum Aktif’ namun sebelumnya Anda sudah pernah login/aktif menggunakan Akun belajar.id, akun Anda telah terhitung sebagai akun yang sudah berhasil diaktivasi. Untuk pembaharuan status, silakan cek laman belajar.id secara berkala.

 

Bagaimana jika akun saya tidak tersedia?

Ada beberapa kondisi yang membuat status Akun belajar.id Anda belum tersedia:

Screenshot_692.png

Jika saat pengecekan status Akun belajar.id Anda mendapatkan pesan sebagai berikut, artinya Anda belum memiliki Akun belajar.id sehingga Anda harus melakukan pengajuan pembuatan secara mandiri. Simak selengkapnya pada panduan ini.

Screenshot_690.png

Apabila Akun belajar.id Anda belum ditemukan, jangan khawatir. Cek kembali data yang Anda masukkan sudah sesuai dan benar. Jika masih tidak ditemukan, silakan hubungi Admin/Operator Sekolah Anda untuk pengecekan lebih lanjut. Hubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ jika Admin/Operator Sekolah belum dapat memproses pengecekan atau pembuatan Akun.

Sebelumnya
Selanjutnya
4425331985049

Komentar

16 comments

  • Jerry Vanderwich Marpaung

    Apakah mendaftar akun belajar harus terdaftar didapodik dulu?

    3
  • Muhammadfarhane43

    Hallo min,saya ingin menautkan akun SIMPKB dengan Akun belajar.id kok tidak bisa ya.
    pas saya mencoba untuk menautkan malahan ada bacaan " Domain yang diijinkan hanya belajar.id" lalu saya sudah coba sesuai dgn panduan ini dan saya malah menemukan masalah "Kami belum menemukan akun belajar id anda" saya sudah komunikasi dengan pihak OP akan tetapi pihak OP tidak tau mengapa, dan saya sudah menghubungi tim helpdesk di "butuh bantuan" akan tetapi sampai sekarang belom juga di bales/diproses
    mohon bantuannya

    0
  • kuni

    Selamat pagi Bpk. Muhammadfarhane43, silakan untuk melakukan pengecekan kembali secara berkala terkait respon tim Helpesk apabila Anda sudah mengirimkan laporan melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Harap diingat, email balasan akan dikirimkan ke email yang Anda cantumkan saat pengiriman laporan tersebut. Terima kasih.

    2
  • M TRIO AZHAR

    Panduan aktivasi akun belajar .id

    0
  • M TRIO AZHAR

    Panduan Aktivasi Akun belajar .if

    0
  • kuni

    Selamat pagi Bpk./Ibu M TRIO AZHAR, terkait panduan aktivasi Akun belajar.id dapat Anda baca lebih lanjut di artikel berikut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    1
  • Marthinus A'da

    Selamat pagi admin saya kehilang hp dan email juga ikut hilang solusinya admin?

    0
  • Harum

    Selamat pagi Bpk./Ibu Marthinus A'da. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Tari)

    Selamat pagi Bapak/Ibu Marthinus A'da terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 1527064. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    1
  • Bertasinaga234

    bagaimana mengubah email dan no hp yang baru untuk mereset pasword akun belajar, bila email dan no hp direset paswordakun belajar sudah tidak aktif?

    0
  • Harum

    Selamat pagi Bpk./Ibu Bertasinaga234. Harap untuk melakukan perbaikan data nomor handphone dan/atau email terlebih dahulu di Dapodik agar dapat melakukan proses reset kata sandi. Terima kasih.

    0
  • Febrimaulanayusuf

    Bagaimana solusinya ketika pengajuan mandiri di kirim melalui email, tulisannya malah email tidak valid min. Padahal itu email yg sudah dicantumkan di dapodik. Begitu pula ganti kirim ke no hp, tetap muncul tulisan email tidak valid.

    -1
  • kuni

    Selamat pagi Bpk./Ibu Febrimaulanayusuf. Terkait kendala Anda, laporannya sudah diterima oleh tim Helpdesk kami. Mohon untuk menunggu bantuan lebih lanjut melalui email yang Anda gunakan untuk mengirimkan laporan. Terima kasih.

    1
  • SUN HADI

    Alhamdulillah. Melalui reset akun belajar melalui helpdesk akun belajar saya baru bisa diaktivasi.

    Terima kasih, Admin.......

    0
  • SUN HADI

    Alhamdulillah. Melalui reset akun belajar melalui helpdesk akun belajar saya baru bisa diaktivasi.

    Terima kasih, Admin.......

    0
  • YASIMANI LAIA

    Sangat membantu, Terimakasi🙏🙏

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk