Akun Pembelajaran yang terdiri dari nama akun (User ID) dan kata sandi (password) dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh Pendidik yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Untuk mendapatkan Akun Pembelajaran, dapat dilakukan secara mandiri melalui laman belajar.id atau melalui Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di tempat Anda. Berikut adalah tahapan selengkapnya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan Akun Pembelajaran:

  1. Pilih tipe Pengguna sesuai dengan pekerjaan atau fungsi Anda (Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, atau Dinas)
1.jpg
  1. Masukkan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) Anda.
    Jika Anda lupa NPSN, klik tanda ‘arah bawah’ dan klik ‘Cek NPSN’. Anda akan diarahkan ke laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/ untuk mengecek NPSN sesuai jenjang sekolah Anda saat ini.

  2. Klik ‘Selanjutnya’
2.jpg
  1. Masukkan ‘Nama Lengkap’ dan  ‘Tanggal Lahir’ Anda sesuai data di Dapodik. Klik ‘Selanjutnya’
3.jpg
  1. Setelah mengisi informasi pribadi sesuai Dapodik, status Akun Anda akan muncul (aktif atau tidak aktif). Jika ingin mengetahui perbedaan status aktif atau tidak aktif dapat menekan tombol ‘Cari Tahu Status Akun Anda’. Jika sudah aktif, namun Anda lupa password akun Anda. Lihat panduan selengkapnya dengan menekan tombol ‘Lupa Password
4.jpg

Akun Tidak Ditemukan

  1. Namun, apabila Akun Pembelajaran Anda belum ditemukan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah: 
  • Cek kembali data yang Anda masukkan di awal. Pastikan data Anda sesuai Dapodik dan tidak ada kesalahan dalam penulisan atau ejaan. 
  • Jika sudah sesuai namun tetap tidak bisa, tanyakan status Anda ke Operator Sekolah Anda.
  • Jika tetap tidak bisa, Anda dapat menghubungi helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ atau temukan panduan lengkapnya di laman  https://bit.ly/faqbelajar-id
  • Untuk memasukkan kembali data pribadi Anda yang benar, dapat menekan tombol ‘Kembali ke Beranda
5.jpg

Akun Ditemukan 

    1. Apabila Akun akan ditemukan, klik tombol ‘Aktifkan Akun’. Jika ingin mengetahui perbedaan status aktif atau tidak aktif dapat menekan tombol ‘Cari Tahu Status Akun Anda’. 
6.jpg
  1. Pilih metode untuk detail Akun Pembelajaran Anda dikirimkan ke ‘Email Pribadi’ atau ‘Nomor Pribadi’ Anda.
7.jpg
  1. Jika memilih dikirimkan melalui email pribadi, masukkan email pribadi Anda. Lalu klik ‘Kirim detail akun’
8.jpg

 

  1. Jika memilih dikirimkan melalui nomor pribadi, masukkan nomor pribadi Anda sesuai yang terdaftar di Dapodik. Lalu klik ‘Kirim detail akun’. Apabila nomor Anda tidak ditemukan, Anda dapat menghubungi Operator Sekolah untuk mengganti nomor handphone Anda.
9.jpg
  1. Terakhir, email dan password akun belajar.id Anda akan dikirimkan ke metode yang sesuai Anda tentukan. Mohon periksa email atau SMS Anda secara berkala.
10.jpg

Perlu diketahui, Pendidik bisa saja memiliki beberapa Akun Pembelajaran. Banyaknya akun yang dapat dimiliki ini berdasarkan pada jumlah jenjang yang diampu Pendidik sesuai dengan yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

 

Setelah berhasil mendapatkan detail Akun Pembelajaran Anda, silakan melakukan aktivasi dengan mengikuti panduan di sini.

Sebelumnya
Selanjutnya
4425331985049

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Was this article helpful?

12 out of 16 found this helpful
Powered by Zendesk