Apabila Anda mengalami kendala terkait Akun belajar.id, Anda dapat melaporkan kendala tersebut dengan mudah melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ sehingga tim Helpdesk dapat membantu melakukan pengecekan lebih lanjut. Agar tim Helpdesk dapat memberikan bantuan yang tepat secara efisien, Anda dapat memilih ‘Kategori Masalah’ yang sesuai dengan kendala yang dialami saat Anda mengirimkan laporan.
‘Kategori Masalah’ pada formulir laporan melalui tombol ‘Butuh Bantuan’
Untuk membantu Anda memilih ‘Kategori Masalah’ yang sesuai, berikut panduan ‘Kategori Masalah’ yang dapat Anda pilih saat mengisi formulir laporan kendala melalui tombol ‘Butuh Bantuan’.
Kategori Masalah | Deskripsi/Penjelasan |
Pertanyaan Umum Akun belajar.id |
Pertanyaan seputar informasi umum Akun belajar.id, seperti: - Siapa saja yang bisa mendapatkan Akun belajar.id - Ketentuan penggunaan Akun belajar.id - Informasi pemutakhiran data Akun belajar.id |
Kendala Pembuatan Akun Baru PTK |
Pendidik dan atau Tenaga Kependidikan yang melaporkan: - Kendala pengajuan pembuatan Akun belajar.id - Sudah melakukan update data di Dapodik namun belum mendapatkan Akun belajar.id. |
Fitur 'Ajukan Akun Peserta Didik' di Laman belajar.id | Pertanyaan atau kendala seputar pengajuan pembuatan Akun belajar.id untuk peserta didik melalui fitur 'Ajukan Akun Peserta Didik' di laman belajar.id. |
Kendala Login/Aktivasi Akun belajar.id |
Pertanyaan atau kendala pada saat login (masuk) atau aktivasi Akun belajar.id yang bukan disebabkan karena lupa/salah password. Contoh: - Pertanyaan umum seputar informasi cara login/aktivasi - Kendala verifikasi 2 langkah (2-Step Verification) - Terdapat aktivitas mencurigakan pada Akun belajar.id - Kendala aktivasi pada fitur ‘Pengecekan Status Akun’. |
Kendala Nama (Username) dan Status Akun belajar.id |
- Pertanyaan atau kendala terkait akun ganda - Perbedaan nama lengkap dan nama Akun belajar.id (username). Contoh: Nama lengkap: Budi Nama Akun belajar.id: siti@guru.sd.belajar.id |
Pertanyaan/Kendala Seputar Reset Password di Laman belajar.id | Pertanyaan atau kendala pengguna satuan pendidikan terkait reset password secara mandiri pada fitur ‘Reset Password’ di laman belajar.id. |
Mutasi PTK Tanpa Perubahan Peran dan Jenjang | Pertanyaan atau kendala Pendidik dan/atau Tenaga Kependidikan seputar perubahan data sekolah pada Akun belajar.id yang dikarenakan PTK mengalami perpindahan (mutasi) sekolah di jenjang yang sama namun tidak disertai dengan perpindahan jenjang ataupun perubahan peran/jabatan. |
Perpindahan Jenjang PTK | Pertanyaan atau kendala seputar perubahan Akun belajar.id Pendidik dan/atau Tenaga Kependidikan yang dikarenakan PTK mengalami perpindahan (mutasi) sekolah di jenjang yang berbeda, baik yang disertai perubahan peran/jabatan maupun tidak. |
Perubahan Peran/Jabatan Tanpa Mutasi |
Pertanyaan atau kendala seputar perubahan domain Akun belajar.id Pendidik dan/atau Tenaga Kependidikan yang dikarenakan PTK mengalami perubahan peran/jabatan: - Guru menjadi admin - Admin menjadi guru tanpa disertai dengan perpindahan (mutasi) di jenjang sama maupun berbeda. |
Perubahan Peran/Jabatan dengan Mutasi Sama Jenjang |
Pertanyaan atau kendala seputar perubahan domain Akun belajar.id Pendidik dan/atau Tenaga Kependidikan yang dikarenakan PTK mengalami perubahan peran/jabatan: - Guru menjadi admin - Admin menjadi guru disertai dengan perpindahan (mutasi) di jenjang yang sama. |
Pertanyaan/Kendala terkait Portal Admin | Pertanyaan atau kendala yang dialami Operator/Admin/Kepala Sekolah seputar Portal Admin. |
Kendala Fitur Google For Education |
Pertanyaan atau kendala yang dialami pengguna Akun belajar.id seputar fitur-fitur Google for Education, seperti: - Ruang Penyimpanan - Google Mail - Google Meet - Google Classroom - YouTube, dan lainnya. |
Kendala Akun Ditangguhkan Otomatis karena Syarat dan Ketentuan (Terms Of Service) | Kendala pengguna yang tidak bisa login dengan keterangan Akun belajar.id ditangguhkan otomatis karena melanggar syarat dan ketentuan layanan. |
Kendala Akun Terhapus/Dinonaktifkan |
Laporan pengguna meliputi: - Kendala Akun belajar.id yang terhapus - Pengguna atau Admin Sekolah yang mengajukan penghapusan Akun belajar.id karena alasan tertentu. |
Pertanyaan/Kendala Seputar Akun Dinas & Dikbud | Pertanyaan atau kendala pengajuan pembuatan akun dan reset password pengguna Akun belajar.id Dinas dan Non Satuan Pendidikan. |
Pertanyaan/Kendala terkait Canva dengan Akun belajar.id | Pertanyaan atau kendala seputar integrasi Akun belajar.id dengan platform Canva. |
Pertanyaan/Kendala Chromebook | Pertanyaan atau kendala seputar Chromebook. |
Pertanyaan/Kendala Seputar Dashboard Daerah | Pertanyaan atau kendala seputar Dashboard Aktivasi Daerah. |
Pertanyaan/Kendala Fitur 'Cek Akun belajar.id' | Pertanyaan atau kendala seputar fitur 'Cek Akun belajar.id' di laman belajar.id. |
Pertanyaan/Kendala terkait Platform atau Program Lain |
Pertanyaan atau kendala Akun belajar.id yang berkaitan dengan platform/program lain, seperti: - Rapor Pendidikan - Implementasi Kurikulum Merdeka - Pengelolaan Kinerja - Platform Merdeka Mengajar, dan lainnya. |
Kendala Akses ke admin.google.com (Konsol Admin) | Kendala seputar akses ke admin.google.com (Konsol Admin). |
Lainnya | Pertanyaan atau kendala lainnya di luar kategori masalah yang telah disebutkan. |
Komentar
0 comments
Please sign in to leave a comment.