Mekanisme
Kami menerima instruksi surat edaran dari Dinas Pendidikan Daerah untuk melakukan pendataan Chromebook, apa yang harus sekolah lakukan?
Berdasarkan instruksi pada surat edaran yang sudah didistribusikan ke Dinas Daerah untuk dikomunikasikan ke tiap sekolah, pihak sekolah selaku pemilik aset Chromebook wajib melakukan pendataan nomor serial (serial number) Chromebook melalui aplikasi yang sudah kami pasang pada Chromebook masing-masing di menu taskbar. Pendataan ini dilakukan di masing-masing Chromebook.
Apa saja data yang harus disiapkan untuk melakukan pendataan Chromebook?
Sebelum melakukan pengisian, sebaiknya mempersiapkan data-data berikut:
- Pastikan NPSN yang akan di input sudah sesuai dengan kode NPSN sekolah pemilik aset Chromebook
-
Pastikan sumber dana pembelian masing-masing aset perangkat Chromebook sudah benar dengan cara:
- Memeriksa BAST (Berita Acara Serah Terima) perangkat atau data inventaris aset Sekolah
- Menghubungi Dinas Pendidikan setempat jika membutuhkan arahan lebih lanjut
- Foto bukti pemakaian Chromebook (bila ada).
Apa yang harus dilakukan agar saya dapat memasang aplikasi pendataan Chromebook?
Aplikasi pendataan akan terpasang secara otomatis pada perangkat Chromebook yang dikelola Kemdikbudristek. Pastikan perangkat Chromebook sudah terhubung dengan jaringan internet sehingga aplikasi dapat terpasang dan digunakan dengan baik.
Siapa yang harus melakukan pendataan Chromebook di aplikasi tersebut?
Guru, Tenaga Pendidikan, Operator Sekolah, Kepala Sekolah yang memiliki Akun belajar.id yang dapat melakukan login ke Chromebook diharapkan dapat mengisi pendataan melalui aplikasi ini.
Apa yang harus saya lakukan jika saya ingin melakukan koreksi terhadap data yang sudah saya input?
Aplikasi dapat dibuka kembali apabila Anda ingin melakukan penyesuaian data. Penting diingat, pembetulan data hanya dapat dilakukan maksimal 5 kali untuk 1 perangkat Chromebook.
Bagaimana cara melihat serial number dari Chromebook saya?
Dengan menggunakan aplikasi ini, serial number secara otomatis akan terbaca oleh aplikasi. Pengguna dapat menyamakan serial number pada aplikasi dengan serial number perangkat yang ada di bagian bawah perangkat Chromebook. Serial number berbeda tergantung tipe dan jenis Chromebook dan berisi kode alfanumerik yang unik.
Apakah pengisian kolom serial number dapat dilakukan secara manual (tidak autofilled)?
Untuk menghindari kesalahan input data, serial number akan terbaca otomatis dari aplikasi dan tidak dapat diisi secara manual.
Apakah pengisian serial number harus dilakukan di Chromebook masing-masing?
Benar, untuk akurasi data, serial number akan terisi secara otomatis sehingga pengisian pendataan Chromebook ini hanya dapat dilakukan di masing-masing perangkat Chromebook.
Kapan saya harus melakukan pengisian data melalui aplikasi ini?
Linimasa pengisian dan pengumpulan data Chromebook telah diatur pada surat edaran. Belum ada ketentuan lain selain linimasa yang tercantum di SE tersebut.
Apa yang harus dilakukan jika saya sudah melakukan input data hingga 5 kali namun masih ada kesalahan?
Silahkan hubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’, dan sertakan informasi data yang salah dan koreksinya.
Bagaimana jika Chromebook yang dikelola Kemdikbudristek tidak terpasang aplikasi pengisian data?
Silahkan hubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ untuk melakukan input data.
Kendala
Beberapa Chromebook di sekolah kami tidak terpasang aplikasi Pendataan Chromebook, apa yang harus kami lakukan?
Aplikasi pendataan Chromebook hanya dapat terpasang otomatis pada perangkat Chromebook yang dikelola oleh Kemdikbudristek. Apabila ditemukan ada Chromebook yang belum terpasang aplikasi ini, dikarenakan Chromebook tidak dikelola oleh Kemdikbudristek atau Chromebook diluar jangkauan internet. Harap pastikan Chromebook sudah terhubung dengan jaringan internet sehingga aplikasi pendataan Chromebook dapat otomatis terpasang pada masing-masing perangkat.
Bagaimana cara melakukan pendataan pada Chromebook yang rusak/tidak dapat dinyalakan/hilang?
Aplikasi ini hanya dapat mendata perangkat Chromebook yang aktif. Untuk Chromebook yang tidak aktif karena rusak/mati/hilang harap menggunakan aplikasi VervalCB dari PDM dengan mengirimkan detil permasalahan.
Bagaimana cara melakukan pendataan apabila di sekolah tidak memiliki jaringan internet?
Aplikasi ini hanya dapat digunakan jika terhubung dengan jaringan internet. Maka dari itu kami sarankan untuk menghubungkan perangkat Chromebook dengan jaringan internet terlebih dahulu untuk dapat melakukan pendataan.
Bagaimana jika aplikasi tidak dapat membaca serial number Chromebook dengan pesan error "Gagal Memuat Serial Number", padahal Chromebook dikelola oleh Kemdikbudristek?
Hal ini disebabkan karena:
- Aplikasi tidak terpasang atau berjalan dengan baik, atau
- Proses enrollment perangkat chromebook yang tidak sempurna.
Perbaikan permanen Chromebook tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan power wash dan melakukan proses enrollment ulang ke institusi Kemdikbudristek dengan menautkan login email Akun belajar.id kembali setelah melakukan power wash. Hal ini akan mengembalikan Chromebook Anda ke setelan pabrik dan data Chromebook menjadi hilang. Catatan, Chromebook akan mengalami beberapa kali restart dengan proses ini.
Atau Anda dapat melaporkan kendala melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ dan menginformasikan serial number, NPSN, jenis pemanfaatan Chromebook (untuk ANBK, pembelajaran, atau operasional sekolah) dan sumber dana pembelian Chromebook tersebut.
Ketentuan
Sekolah kami tidak/belum menerima instruksi dari dinas pendidikan daerah, apakah sekolah kami juga harus melakukan pendataan Chromebook?
Terkait informasi, terdapat kemungkinan informasi terlambat disampaikan. Namun, penting diingat bahwa pendataan ini wajib dilakukan untuk semua Chromebook yang dikelola oleh Kemdikbudristek.
Sekolah kami sudah melakukan pendataan Chromebook menggunakan aplikasi berbeda, apakah kami juga harus melakukan pendataan ulang dengan aplikasi ini?
Apabila sudah yakin dengan nomor serial (serial number) yang sudah diinput sebelumnya, Anda tidak perlu melakukan pengisian kembali melalui aplikasi ini.
Perangkat Chromebook yang seperti apa yang harus dilakukan pendataan?
Chromebook yang dikelola oleh Kemdikbudristek wajib dilakukan pendataan. Untuk mengecek apakah Chromebook Anda dikelola oleh Kemendikbudristed atau tidak, silakan lihat menu login di bawah layar dan temukan tulisan "Chromebook managed by [jenjang].belajar.id" atau "Chromebook dikelola oleh [jenjang].belajar.id".
Apa yang dimaksud dengan Chromebook yang dikelola oleh Kemdikbudristek?
Chromebook yang dikelola oleh Kemdikbudristek adalah Chromebook yang harus di-enroll ke institusi/perusahaan dengan cara melakukan enrollment ke Google Worksplace.
Apa perbedaan Chromebook yang dikelola oleh Kemdikbudristek dan yang tidak?
Chromebook yang dikelola oleh Kemdikbudristek memiliki tulisan "Chromebook managed by [jenjang].belajar.id" atau "Chromebook dikelola oleh [jenjang].belajar.id".
Apakah perangkat lain selain Chromebook juga perlu dilakukan pendataan?
Aplikasi ini hanya mendata perangkat Chromebook yang dikelola oleh Kemdikbudristek, Perangkat lain seperti laptop sekolah, komputer di lab komputer, dan sebagainya tidak didata dengan aplikasi ini.
Perangkat Chromebook sekolah kami ada yang dibeli dengan kas pribadi sekolah, apa juga perlu dilakukan pendataan?
Semua Chromebook yang dikelola oleh Kemdikbudristek harus dilakukan pendataan, termasuk yang dibeli menggunakan Kas Sekolah Pribadi atau Dana BOS.
Komentar
3 comments
Bagaimana cara mengetahui sekolah kami penerima chromebook?
Kalau kami belum mendapat bantuan chromebook dan ingin mengajukan bantuan chromebook bagaimana caranya?
Selamat pagi Bpk. Edywidodo46. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.
Please sign in to leave a comment.