Admin Sekolah dapat mengajukan permohonan pembuatan Akun belajar.id untuk Peserta Didik secara bulk atau massal (jumlah besar) dalam sekali pengajuan. Hal ini bisa langsung dilakukan di laman https://belajar.id dengan panduan berikut:

 

1. Buka laman https://belajar.id, kemudian klik tombol ‘Untuk Admin Sekolah’.

Screenshot_646.png

 

2. Pilih ‘Ajukan Akun Peserta Didik’.

Screenshot_701.png

 

3. Kotak dialog akan muncul untuk Anda login ke Akun belajar.id Anda. Klik tombol ‘Masuk dengan Akun belajar.id’.

Screenshot_642.png

 

4. Masukkan email Akun belajar.id Anda beserta kata sandi kemudian klik ‘Berikutnya’.

Screenshot_612.png Screenshot_626.png

 

5. Jika sebelumnya Anda sudah login ke Akun belajar.id Anda, silakan pilih akun tersebut untuk login. Namun jika belum, klik ‘Gunakan akun lain’ untuk memasukkan email Akun belajar.id dan kata sandi agar tetap dapat login ke Akun belajar.id Anda.

Screenshot_614a.png

Penting!

Pengajuan pembuatan Akun belajar.id Peserta Didik secara bulk/massal hanya dapat dilakukan oleh Admin Sekolah. Pastikan agar hanya mengakses laman pengajuan dengan Akun belajar.id domain @admin.

 

6. Apabila login berhasil, Anda akan langsung diarahkan ke laman Pengajuan Akun Massal. Pada laman ini, Anda dapat melihat seluruh data Peserta Didik dari sekolah Anda serta status pengajuan dan proses Akun belajar.id-nya. Klik tombol ‘Load More’ untuk melihat data lebih banyak.

Screenshot_650.png

 

7. Untuk pengajuan akun, beri tanda centang pada Peserta Didik yang ingin diajukan pengajuan pembuatan Akun belajar.id (bisa lebih dari satu), kemudian klik tombol ‘+ Ajukan’.

Screenshot_652.png

 

8. Jika pengajuan berhasil, kotak dialog akan muncul dan Anda akan menerima informasi lebih lanjut melalui email Akun belajar.id Anda.

Screenshot_653.png

 

9. Apabila pengajuan seluruh akun sudah diproses, Anda akan menerima email konfirmasi bahwa permintaan pembuatan akun telah berhasil.

Screenshot_739.png

 

Status pengajuan Akun dapat dilihat pada laman ‘Pengajuan Akun Massal’ pada bagian ‘Status Akun’ dengan penjelasan status sebagai berikut:

  1. Belum Dibuat: Akun belajar.id belum dibuat karena belum diajukan pembuatannya.
  2. Akun dalam Proses: Akun belajar.id sudah diajukan untuk pembuatannya dan masih dalam proses.
  3. Sudah Dibuat: Akun belajar.id sudah berhasil dibuat dan pengguna bisa melakukan aktivasi akun.

Untitled8.png

Pengecekan status Akun belajar.id Peserta Didik juga dapat dicek lebih lanjut oleh Admin Sekolah melalui Portal Admin.

 

Tanya Jawab

Apa yang harus dilakukan jika terdapat pengajuan pembuatan akun yang gagal?

Jika pembuatan Akun belajar.id Peserta Didik gagal dilakukan melalui pengajuan secara massal, harap untuk meminta Peserta Didik agar mengajukan pembuatan akun secara mandiri sesuai dengan panduan di artikel berikut.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam pengajuan Akun belajar.id melalui ‘Pengajuan Akun Massal’ hingga selesai dibuat?

Harap menunggu 1x24 jam di hari kerja setelah Anda mengirimkan pengajuan pembuatan akun tersebut.

Apa yang harus dilakukan jika sudah 1x24 jam namun saya masih belum menerima email terkait pengajuan pembuatan Akun belajar.id berhasil?

Silakan mengakses laman ‘Pengajuan Akun Massal’ untuk melakukan pengecekan status Akun belajar.id Peserta Didik secara mandiri. Jika setelah 1x24 jam dari pengajuan masih ada Peserta Didik yang status akunnya belum berubah menjadi ‘Sudah Dibuat’ silakan laporkan melalui tombol ‘Butuh Bantuan’.

Bagaimana jika data Peserta Didik yang ingin diajukan pembuatan Akun belajar.id tidak ada pada menu data ‘Detail Pengajuan Akun’ di laman ‘Pengajuan Akun Massal’?

Silakan melakukan pengecekan data di Dapodik untuk memastikan data Peserta Didik terkait sudah sesuai dengan data terbaru. Apabila data belum sesuai, harap melakukan pembaruan data di Dapodik terlebih dahulu.

Bagaimana jika ada data Peserta Didik pada menu ‘Detail Pengajuan Akun’ yang tidak sesuai dengan yang tertera di Dapodik karena pindah jenjang, pindah sekolah, dan alasan lainnya?

Mohon untuk cek terlebih dulu kesesuaian data dengan yang tersedia di Dapodik. Ada dua hal yang perlu diperhatikan sebelum melanjutkan ke tahapan selanjutnya:

  • Jika data di Dapodik sudah yang terbaru, silakan tetap melakukan pengajuan akun seperti panduan dengan menggunakan data yang tertera pada ‘Detail Pengajuan Akun’. Data Peserta Didik yang diajukan akan menyesuaikan dengan data yang tersedia di Dapodik.
  • Jika data di Dapodik masih belum diperbarui, silakan melakukan pembaruan data pada Dapodik terlebih dulu lalu ajukan pembuatan akun secara bulk.
Apa yang harus dilakukan jika data pada laman ‘Detail Pengajuan Akun’ masih data Peserta Didik di sekolah lama saya sedangkan saya sudah ditugaskan di sekolah yang lain?

Apabila Anda mengalami mutasi namun data Peserta Didik di laman ‘Detail Pengajuan Akun’ belum berubah harap:

  1. Pastikan sudah memperbarui data di Dapodik sehingga NPSN yang tertera sudah sesuai.
  2. Jika data di Dapodik sudah sesuai namun tidak ada perubahan data Peserta Didik yang ditampilkan pada fitur (masih data Peserta Didik sekolah lama), silakan menghubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’.
Sebelumnya
Selanjutnya
12297871784601

Komentar

1 comment

  • DEWI MASTURA

    Halo, Saya telah mengajukan ativasi akun belajar melalui menu yang telah disediakan, namun masih ada beberapa nama siswa kami yang akunnya masih berstatus sedang diajukan. padahal sudah beberapa bulan sejak pengajuan saya lakukan. mohon bantuannya untuk ditindaklanjuti. terima kasih

    1

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk