Admin Sekolah dapat mengajukan permohonan pembuatan Akun belajar.id untuk Peserta Didik secara bulk atau massal (jumlah besar) dalam sekali pengajuan. Hal ini bisa langsung dilakukan di laman https://belajar.id dengan panduan berikut:

 

1. Buka laman https://belajar.id, kemudian klik tombol ‘Untuk Admin Sekolah’.

Screenshot 2024-06-25 123036.png

 

2. Pilih ‘Ajukan Akun Peserta Didik’.

Screenshot 2024-06-25 123122.png

 

3. Kotak dialog akan muncul untuk Anda login ke Akun belajar.id Anda. Klik tombol ‘Masuk dengan Akun belajar.id’.

Screenshot_642.png

 

4. Masukkan email Akun belajar.id Anda beserta kata sandi kemudian klik ‘Berikutnya’.

Screenshot_612.png Screenshot_626.png

 

5. Jika sebelumnya Anda sudah login ke Akun belajar.id Anda, silakan pilih akun tersebut untuk login. Namun jika belum, klik ‘Gunakan akun lain’ untuk memasukkan email Akun belajar.id dan kata sandi agar tetap dapat login ke Akun belajar.id Anda.

Screenshot_614a.png

Penting!

Pengajuan pembuatan Akun belajar.id Peserta Didik secara bulk/massal hanya dapat dilakukan oleh Admin Sekolah. Pastikan agar hanya mengakses laman pengajuan dengan Akun belajar.id domain @admin.

 

6. Apabila sebelumnya Anda belum pernah mengakses fitur ‘Ajukan Akun Peserta Didik’, Anda akan diminta untuk menyetujui penautan Akun belajar.id Anda dengan fitur. Klik tombol ‘Izinkan’.

Screenshot 2024-06-25 123311.png

 

7. Apabila login berhasil, Anda akan langsung diarahkan ke laman Pengajuan Akun Massal. Pada laman ini, Anda dapat melihat seluruh data Peserta Didik dari sekolah Anda serta status pengajuan dan proses Akun belajar.id-nya. Klik tombol ‘Load More’ untuk melihat data lebih banyak.

Screenshot_650.png

 

8. Untuk pengajuan akun, beri tanda centang pada Peserta Didik yang ingin diajukan pengajuan pembuatan Akun belajar.id (bisa lebih dari satu), kemudian klik tombol ‘+ Ajukan’.

Screenshot_652.png

 

9. Jika pengajuan berhasil, kotak dialog akan muncul dan Anda akan menerima informasi lebih lanjut melalui email Akun belajar.id Anda.

Screenshot_653.png

 

10. Apabila pengajuan seluruh akun sudah diproses, Anda akan menerima email konfirmasi bahwa permintaan pembuatan akun telah berhasil.

Screenshot_739.png

 

Status pengajuan Akun dapat dilihat pada laman ‘Pengajuan Akun Massal’ pada bagian ‘Status Akun’ dengan penjelasan status sebagai berikut:

  1. Belum Dibuat: Akun belajar.id belum dibuat karena belum diajukan pembuatannya.
  2. Akun dalam Proses: Akun belajar.id sudah diajukan untuk pembuatannya dan masih dalam proses.
  3. Sudah Dibuat: Akun belajar.id sudah berhasil dibuat dan pengguna bisa melakukan aktivasi akun.

Untitled8.png

Pengecekan status Akun belajar.id Peserta Didik juga dapat dicek lebih lanjut oleh Admin Sekolah melalui Portal Admin.

 

Tanya Jawab

Apakah Peserta Didik bisa mengajukan Akun belajar.id secara mandiri?

Tidak, Akun belajar.id untuk Peserta Didik hanya dapat diajukan oleh Admin Sekolah melalui fitur ‘Ajukan Akun Peserta Didik’. Apabila Anda adalah Peserta Didik atau orang tua Peserta Didik, silakan menghubungi Admin Sekolah Anda terkait pembuatan Akun belajar.id.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam pengajuan Akun belajar.id melalui ‘Pengajuan Akun Massal’ hingga selesai dibuat?

Harap menunggu 1x24 jam di hari kerja setelah Anda mengirimkan pengajuan pembuatan akun tersebut.

Apa yang harus dilakukan jika pengajuan akun peserta didik sudah melewati 1x24 jam, namun masih terkendala berikut: "Belum menerima email terkait pengajuan pembuatan Akun belajar.id", "Status akun belum berubah", "Status akun ‘Sedang diajukan’ atau ‘Sedang dalam proses’"?

Bagi Anda yang belum menerima email terkait pengajuan pembuatan akun, silakan akses laman ‘Pengajuan Akun Massal’ pada fitur Ajukan Akun Peserta Didik untuk cek status secara mandiri.

Namun, jika status akun yang telah diajukan masih belum berubah, atau berstatus ‘Sedang diajukan’ maupun ‘Sedang dalam proses’, mohon laporkan melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ dengan menyertakan data-data berikut:

  1. Data Pelapor (Kepala/Admin/Operator Sekolah)
    - Nama lengkap
    - NPSN
    - User ID Akun belajar.id
  2. Data - data Peserta Didik yang mengalami kendala pembuatan Akun belajar.id
    - Nama lengkap
    - Peserta Didik
    - NISN
    - Jenjang
    - NPSN
    - Tingkat pendidikan (kelas)
    - Status pengajuan akun Peserta Didik pada laman fitur 'Ajukan Akun Peserta Didik'

Penting diingat:

  • Maks. 3 Peserta Didik dalam 1 laporan (harap untuk tidak mengirimkan 1 laporan untuk 1 Peserta Didik).
  • Apabila terdapat lebih dari 3 Peserta Didik mengalami kendala pembuatan akun, silakan melampirkan data Peserta Didik secara kolektif dalam 1 dokumen Excel sesuai dengan contoh template lampiran berikut (klik untuk mengunduh).
Bagaimana jika data Peserta Didik yang ingin diajukan pembuatan Akun belajar.id tidak ada pada menu data ‘Detail Pengajuan Akun’ di laman ‘Pengajuan Akun Massal’?

Silakan melakukan pengecekan data di Dapodik untuk memastikan data Peserta Didik terkait sudah sesuai dengan data terbaru. Apabila data belum sesuai, harap melakukan pembaruan data di Dapodik terlebih dahulu.

Bagaimana jika ada data Peserta Didik pada menu ‘Detail Pengajuan Akun’ yang tidak sesuai dengan yang tertera di Dapodik karena pindah jenjang, pindah sekolah, dan alasan lainnya?

Mohon untuk cek terlebih dulu kesesuaian data dengan yang tersedia di Dapodik. Ada dua hal yang perlu diperhatikan sebelum melanjutkan ke tahapan selanjutnya:

  • Jika data di Dapodik sudah yang terbaru, silakan tetap melakukan pengajuan akun seperti panduan dengan menggunakan data yang tertera pada ‘Detail Pengajuan Akun’. Data Peserta Didik yang diajukan akan menyesuaikan dengan data yang tersedia di Dapodik.
  • Jika data di Dapodik masih belum diperbarui, silakan melakukan pembaruan data pada Dapodik terlebih dulu lalu ajukan pembuatan akun secara bulk.
Apa yang harus dilakukan jika data pada laman ‘Detail Pengajuan Akun’ masih data Peserta Didik di sekolah lama saya sedangkan saya sudah ditugaskan di sekolah yang lain?

Apabila Anda mengalami mutasi namun data Peserta Didik di laman ‘Detail Pengajuan Akun’ belum berubah harap:

  1. Pastikan sudah memperbarui data di Dapodik sehingga NPSN yang tertera sudah sesuai.
  2. Jika data di Dapodik sudah sesuai namun tidak ada perubahan data Peserta Didik yang ditampilkan pada fitur (masih data Peserta Didik sekolah lama), silakan menghubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’.
Sebelumnya
Selanjutnya
12297871784601

Komentar

8 comments

  • DEWI MASTURA

    Halo, Saya telah mengajukan ativasi akun belajar melalui menu yang telah disediakan, namun masih ada beberapa nama siswa kami yang akunnya masih berstatus sedang diajukan. padahal sudah beberapa bulan sejak pengajuan saya lakukan. mohon bantuannya untuk ditindaklanjuti. terima kasih

    0
  • Syamsu Hidayat

    Halo akun belajar id untuk peserta didik kami yang telah kami ajukan sejak 2 bulan yang lalu belum dapat anda terbitkan, mohon bantuannya untuk segera diterbitkan

    0
  • kuni

    Yth. Bpk. Syamsu Hidayat. Agar tim Akun belajar.id dapat melakukan pengecekan kendala, tim Helpdesk Akun belajar.id telah mengirimkan data-data perlu dilengkapi oleh Anda melalui email. Mohon untuk melakukan pengecekan email tersebut dan membalas email dengan kelengkapan data-data yang dibutuhkan. Terima kasih.

    0
  • Darmansyah

    Selamat siang bpk/ibu admin, Kami telah mengajukan akun belajar.id peserta didik sejak 2 minggu yang lalu dan belum diterbitkan, mohon solusinya untuk segera diterbitkan. Terima kaish.

    0
  • kuni

    Yth. Bpk. Darmansyah. Terkait keluhan Anda sebelumnya sudah kami bantu buatkan laporan ke tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait bantuan lebih lanjut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Lita)

    Selamat siang Bapak Darmansyah terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan #2686616. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    0
  • legirin

    Saya Legirin,S.Pd. kepala sekolah  dan Admin belajar.id sekolah SDN Bendo 2 NPSN 20512750  , Saya sudah mengajukan akun belajar.id peserta didik secara masal . tetapi sedah 2 bulan status  pengajuan masih dalam proses. tolong dong disegerakan untuk dibuat . agar bisa dipakai peserta didik untuk menggunakan crome book  . terima kasih 

    0
  • kuni

    Yth. Bpk./Ibu legirin. Terkait keluhan Anda sebelumnya masih dalam pengecekan oleh tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait informasi lebih lanjut. Terima kasih.

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk