Melalui Portal Admin, Admin Sekolah dapat melihat, mengelola, dan mengunduh seluruh data Akun belajar.id yang terdaftar pada sekolah Anda dengan lebih mudah. Berikut panduannya:

 

Melihat dan Mengunduh Seluruh Data

1. Admin Sekolah login menggunakan Akun belajar.id untuk masuk ke Portal Admin.

 

2. Pada Portal Admin, klik menu “Manajemen Akun” kemudian klik “Data Akun belajar.id

Screenshot_580a.png

 

3. Pada laman ini, Anda akan ditampilkan tabel berisi seluruh data Akun belajar.id yang terdaftar pada sekolah Anda beserta status akunnya. Anda juga dapat melihat waktu terbaru laman ini ter-update.

Screenshot_617.png

 

4. Tentukan data mana yang ingin Anda unduh dengan klik tab “Akun Peserta Didik” atau “Akun Pendidik dan Tenaga Kependidikan”.

Screenshot_581a.png

 

5. Apabila Anda ingin mengunduh seluruh data, klik tombol “Download” dan pilih tipe dokumen yang ingin diunduh.

Screenshot_581b.png
Screenshot_583.png

Saat ini tipe dokumen yang bisa diunduh hanya CSV.

 

6. Notifikasi berhasil akan terlihat jika data berhasil diunduh.

Screenshot_618.png

Maksimal data yang dapat diunduh adalah 1.000 data. Apabila Anda ingin mengunduh lebih dari 1.000 data, silakan menggunakan filter pada data terlebih dahulu agar data yang diunduh menjadi lebih efisien sesuai panduan berikut.

 

Melihat dan Mengunduh Data Tertentu Saja

Melalui Portal Admin, Anda juga dapat mengunduh data Akun belajar.id dengan kriteria tertentu, seperti hanya akun yang berstatus aktif, di jenjang tertentu saja, dan lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

 

1. Setelah masuk ke laman “Data Akun belajar.id”, masukkan kriteria data yang dibutuhkan pada kotak pencarian.

Screenshot_581c.png

 

2. Anda dapat memilih kriteria yang tersedia seperti:

  • Jenjang
  • Nama Sekolah
  • Status Ketersediaan
  • Status Aktivasi Akun
  • Provinsi
  • Kota/Kabupaten
  • NPSN
  • Nama Lengkap
  • Email Pribadi
  • Email belajar.id
Screenshot_589a.png

 

3. Beberapa kriteria akan memiliki pilihan untuk kriteria atau filter lanjutan.

  • Pilih “Is” untuk memilih kriteria dari pilihan yang sudah tersedia.
  • Pilih “Contains” jika ingin memasukkan kriteria secara mandiri.

Anda dapat memasukkan lebih dari satu kriteria sesuai kebutuhan.

Screenshot_589b.png

 

4. Filter yang Anda pilih akan muncul pada kotak pencarian. Klik ikon ‘x’ pada filter jika ingin menghapus filter tersebut. Apabila filter sudah sesuai, klik tombol “Download” dan pilih tipe dokumen yang ingin diunduh.

Screenshot_588.png
Screenshot_583.png

Saat ini tipe dokumen yang bisa diunduh hanya CSV.

 

5. Notifikasi berhasil akan terlihat jika data berhasil diunduh.

Screenshot_618.png

 

Data yang sudah diunduh dapat dibuka menggunakan Microsoft Excel atau Google Sheet seperti contoh berikut.

Screenshot_586a.png

 

Bagaimana jika tampilan pada file yang saya unduh tidak sesuai/error?

Screenshot_606a.png
Contoh tampilan file yang tidak sesuai (data tidak terpisah oleh kolom)

Apabila dokumen Anda tidak menampilkan data dengan baik seperti contoh pada gambar, silakan mencoba langkah-langkah berikut:

 

Membuka Data yang Diunduh dengan Microsoft Excel

1. Buka file CSV kemudian blok seluruh isi kolom (column) pertama pada tabel dokumen, dalam hal ini kolom pertama yaitu kolom A.

 

2. Klik ‘Data’ kemudian pilih ‘Text to Columns’.

Screenshot_593.png

 

3. Kotak dialog akan muncul, pastikan pilih ‘Delimited’ kemudian klik tombol ‘Next’.

Screenshot_594.png

 

4. Pada bagian ‘Delimiters’, beri tanda centang pada ‘Semicolon’, lalu klik tombol ‘Next’.

Screenshot_724.png

 

5. Pilih ‘General’ pada bagian ‘Column data format’ kemudian klik tombol ‘Finish’.

Screenshot_725.png

 

Membuka Data yang Diunduh dengan Google Sheets

Jika Anda tidak memiliki atau tidak menggunakan perangkat yang kompatibel dengan Microsoft Excel, silakan gunakan Google Sheets.

 

1. Buka https://sheets.google.com kemudian pada bagian ‘Start a new spreadsheet’ klik ‘Blank’.

Screenshot_619.png

 

2. Klik ‘File’ dan pilih ‘Import’.

Screenshot_601.png

 

3. Klik tab ‘Upload’ dan silakan geser dokumen CSV Anda ke dalam kotak yang tersedia atau klik tombol ‘Select a file from your device’ untuk memilih dokumen yang akan diunggah.

Screenshot_602.png

 

4. Kotak dialog akan muncul dan pastikan Anda memberikan pengaturan sebagai berikut:

  • Import location: Pilih ‘Replace spreadsheet
  • Separator type: Pilih ‘Custom
  • Custom separator: ketik ‘;
Screenshot_603.png

 

5. Sheet akan terisi otomatis dengan data yang terdapat pada file CSV Anda. Jangan lupa untuk menamai ulang sheet ini agar dokumen tetap tersimpan pada Drive Anda.

Screenshot_604a.png

 

Tanya - Jawab

Mengapa setelah saya mengunduh data, ada data pengguna yang tidak terunduh?

Harap pastikan terlebih dulu data pengguna tersebut sudah tersedia di Dapodik lalu coba unduh kembali.

Mengapa saya tidak bisa mengunduh data?
  • Pastikan sudah terkoneksi dengan jaringan internet yang aktif dan stabil.
  • Jika masih belum berhasil, silakan refresh laman dan coba kembali secara berkala.
  • Silakan klik tombol “Butuh Bantuan” agar tim Helpdesk dapat melakukan pengecekan lebih lanjut jika kendala masih terjadi.
Mengapa setelah saya masukkan filter kriteria, data tabel tidak terlihat atau tidak ada?

Jika hal ini terjadi, maka data sesuai kriteria Anda tidak tersedia. Silakan mengubah kriteria data dan coba kembali atau:

  • Pastikan sudah terkoneksi dengan jaringan internet yang aktif dan baik.
  • Jika masih belum berhasil, silakan refresh laman dan coba kembali secara berkala.
Sebelumnya
Selanjutnya
11579666078745

Komentar

13 comments

  • sujarlan

    bagaimana cara daftarjadi  operator sekolah

     

    0
  • Selamat pagi Bapak sujarlan terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 663075.

    Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional) Terima kasih.

    0
  • Hj.nurhayati.s,s.pd.i

    Bagaimana cara aktivasi akun admin belajar jika email dan no hp tidak terpakai lagi

    0
  • kuni

    Selamat pagi Ibu Hj.nurhayati.s,s.pd.i, aktivasi Akun belajar.id dapat dilakukan sesuai panduan di artikel berikut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Hubungi Bantuan' atau 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Selamat siang Ibu Hj.nurhayati.s,s.pd.i terkait keluhan Anda sebelumnya, Kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda, di nomor laporan 811206. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait belajar.id, dapat mengakses tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://belajar.id/ pada hari Senin - Jumat, pukul 09:00 - 17:00 (Tidak termasuk hari libur nasional). Terima kasih.
     
    0
  • yunusedoway

    aku mau semuanya aktif tapi cara untuk aktifkannya sedikit bingung ni!

    0
  • kuni

    Yth. Bpk. yunusedoway, aktivasi Akun belajar.id dapat dilakukan secara mandiri sesuai panduan berikut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • YASIMANI LAIA

    Sampai saat ini belum mendapat akun belajar.id di sekolah tempat mengajar saya karena sudah mutasikan dari Paud ke SD. Mohon bantuan bapak dan ibu🙏🙏🙏🙏

    0
  • kuni

    Yth. Ibu YASIMANI LAIA. Berdasarkan pengecekan data, peran Anda saat ini tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan Akun belajar.id. Informasi terkait daftar pengguna dan non-pengguna Akun belajar.id dapat Anda lihat pada artikel ini.

    Apabila terdapat perubahan pada peran Anda saat ini, silakan untuk melakukan pembaruan data di Dapodik yang tersinkronisasi dengan jaringan internet (catatan, saat ini sedang dilakukan pemeliharaan sistem sehingga pembaruan data Dapodik dapat dilakukan setelah proses pemeliharaan berakhir). Informasi terkait kendala Anda juga dapat Anda cek lebih lanjut pada laporan #2277109. Terima kasih.

    0
  • YASIMANI LAIA

    Sangat Membantu🙏🙏.

    0
  • Lily Trisiana

    Mengapa saat proses pengajuan pembuatan akun belajar.id secara mandiri, tertulis email tidak valid? Padahal email sudah sesuai dengan yang tertera di Dapodik. Terimakasih

    0
  • kuni

    Yth. Ibu Lily Trisiana, terkait keluhan Anda sebelumnya sudah kami bantu buatkan laporan ke tim Helpdesk Akun belajar.id. Mohon kesediaannya untuk cek email secara berkala terkait bantuan lebih lanjut. Untuk pertanyaan atau laporan yang membutuhkan pengecekan dan verifikasi data lebih lanjut, dapat disampaikan dengan tim Helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'. Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Akun belajar.id (Tari)

    Selamat sore Bapak/Ibu Lily Trisiana terkait keluhan Anda sebelumnya, kami telah mengirimkan informasinya ke email Anda di nomor laporan 2483217. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Akun belajar.id, silakan tekan tombol 'Butuh Bantuan' pada laman https://pusatinformasi.belajar.id.

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk